Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Langkah-langkah Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut
@carlosm2514

Transplantasi rambut merupakan prosedur yang dilakukan untuk memindahkan rambut ke area kulit kepala yang tidak mengalami kerontokan (disebut juga dengan area donor), ke area kulit kepala yang mengalami penipisan rambut atau bahkan kebotakan. Umumnya, prosedur ini dijalani oleh pria yang mengalami androgenic alopecia, kondisi kebotakan pada titik-titik tertentu di kulit kepala.

Pada androgenic alopecia, rambut yang rontok atau hilang tidak dapat kembali. Itulah kenapa transplantasi rambut menjadi satu-satunya cara untuk “mengembalikan” rambut tersebut. Lantas, bagaimana prosedur atau langkah-langkahnya?

Langkah 1: pembersihan kulit kepala

Ada dua jenis prosedur yang bisa dilakukan untuk transplantasi rambut, yaitu follicular unit transplantation (FUT) dan follicular unit extraction (FUE). Kamu bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis prosedur mana yang akan dilakukan. Ceritakan kondisi dan masalah rambut yang kamu hadapi. Dokter pasti akan memberikan rekomendasi prosedur yang paling sesuai.

Nah, jika jenis prosedur telah ditentukan dan segala persiapan telah dilakukan, proses transplantasi rambut idealnya dimulai dengan pembersihan kulit kepala oleh dokter. Lalu, dokter akan menyuntikkan obat local anesthesia untuk membuat bagian belakang kepala kamu mati rasa. 

Langkah 2: follicular unit transplantation atau follicular unit extraction

Pada prosedur FUT, dokter akan mengambil lapisan kulit dari bagian belakang kepala sepanjang beberapa inci dengan menggunakan scalpel. Setelah itu, dengan menggunakan lensa pembesar dan pisau bedah, lapisan kulit kepala tersebut dibagi menjadi unit-unit folikel kecil.

Unit-unit folikel inilah yang nantinya “ditanam” pada area kulit kepala yang mengalami penipisan rambut atau kebotakan. Sebelumnya, dokter akan lebih dulu membuat potongan kecil pada kulit kepala agar unit folikel bisa “tertanam” dengan baik dan memberikan hasil yang terlihat alami.

Sementara itu, pada prosedur FUE, dokter membuat lubang-lubang kecil pada area kulit kepala yang akan menerima transplantasi rambut. Biasanya, dokter menggunakan pisau bedah atau jarum suntik untuk membuat lubang-lubang tersebut. Di lubang-lubang inilah rambut akan ditransplantasi. Dalam prosedur FUE, transplantasi rambut biasanya bisa mencapai ratusan hingga ribuan helai.

Langkah 3: masa pemulihan

Umumnya, prosedur transplantasi rambut memakan waktu selama 4-5 jam. Untuk melindungi jahitan, kulit kepalamu akan dibalut dengan perban dan biasanya baru dapat dilepas sepuluh hari pasca operasi. Pada masa pemulihan ini, sangat wajar kalau kulit kepala kamu terasa nyeri. Dokter juga biasanya akan memberikan resep obat untuk rasa sakit, antibiotik, serta obat anti-inflammatory untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

Sekitar 2-3 minggu setelah transplantasi rambut, biasanya rambut hasil transplantasi akan sedikit rontok. Jangan khawatir, ini merupakan hal yang normal karena pertumbuhan rambut baru akan terjadi. Umumnya, pertumbuhan rambut ini akan terjadi dalam waktu delapan sampai dua belas bulan setelah operasi. 

Sama seperti prosedur medis lainnya, transplantasi rambut juga memiliki sejumlah efek samping. Tenang saja, sifatnya relatif minor dan biasanya akan mereda setelah beberapa minggu. Beberapa di antaranya adalah infeksi, pembengkakan pada kulit kepala, memar di sekitar mata, gatal, mati rasa di bagian kulit kepala yang mendapatkan transplantasi, dan sedikit pendarahan.

Transplantasi rambut merupakan cara terakhir yang ditempuh untuk mengatasi penipisan rambut atau kebotakan. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan kamu melakukan perawatan dengan produk yang tepat.Selain rutin keramas dengan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut, kamu juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi vitamin seperti Finasteride dari Newman’s. Vitamin yang sudah disetujui oleh FDA ini bisa membantu melindungi perubahan testosteron menjadi hormon DHT. DHT inilah yang menjadi penyebab utama rambut rontok pada pria. Segera dapatkan produk Finasteride di newmans.id, ya!

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!