Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Mengenal Telemedicine Untuk Layanan Kesehatan Efisien saat Pandemi Covid-19

apa itu telemedicine
jonesday

Konsultasi kesehatan virtual atau telemedicine kini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkonsultasi dengan para dokter tanpa tatap muka secara langsung. Hal ini dalam rangka untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Di tengah pandemi virus corona yang menyerang hampir sebagian besar negara di dunia termasuk di Indonesia, pelayanan kesehatan tatap muka secara langsung memang perlu dibatasi. Untuk solusinya, pelayanan kesehatan virtual ini akhirnya dipilih oleh pemerintah.

Apa itu Telemedicine?

Telemedicine atau biasa disebut juga dengan istilah Telehealth adalah layanan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendiagnosis, memberi penguatan, mencegah, serta mengevaluasi kondisi kesehatan pasien. 

Layanan kesehatan ini memungkinkan pasien untuk berdiskusi dengan dokter secara privat, tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Telemedicine sangat cocok untuk konsultasi terkait penyakit yang sifatnya sangat pribadi, misalkan penyakit disfungsi ereksi. Di masa pandemi Covid-19, kehadiran layanan kesehatan virtual ini memungkinkan masyarakat untuk memperoleh kemudahan berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan terkait gejala Covid -19 tanpa harus pergi ke rumah sakit. Salah satu layanan telemedicine ialah Covid-19 self assesment, platform tes gejala Covid-19.

Fungsi Telemedicine 

Berikut ini beberapa fungsi Telemedicine menurut WHO atau badan kesehatan dunia:

  • Bertujuan sebagai pendukung perawatan kesehatan secara klinis
  • Bisa menjadi solusi dari masalah jarak dan letak geografis, sebab pasien dan dokter membutuhkan satu tempat yang sama secara bersamaan. 
  • Terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terbaru. 
  • Meningkatkan kualitas hidup dari sisi kesehatan masyarakat secara luas.

Pentingnya Penggunaan Telemedicine 

Layanan kesehatan Telehealth dibutuhkan oleh masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjukkan bahwa layanan kesehatan virtual ini penting untuk digunakan oleh masyarakat:

  • Layanan kesehatan ini dapat dijadikan sebagai sarana teknologi untuk mempermudah proses kontrol perawatan, seperti misalnya menjawab pertanyaan seputar pengobatan rambut rontok
  • Telemedicine dapat mempermudah pasien untuk mengetahui hasil laboratorium secara tepat. 
  • Memberi kemudahan akses untuk dapat berkomunikasi dengan para tenaga kesehatan yang berada di tempat yang sulit untuk dijangkau. 
  • Memberi saran tentang jenis-jenis spesialisasi kedokteran yang mungkin saja sesuai dengan gangguan kesehatan yang sedang dialami.
  • Telehealth dapat memangkas antrian di fasilitas kesehatan dan membuat pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien. 

Penggunaan layanan kesehatan virtual ini dianggap dapat mengatasi sejumlah tantangan dalam pemerataan akses kesehatan, di antaranya:

  • Persebaran tenaga medis yang belum sepenuhnya merata
  • Masalah letak geografis 
  • Masih kurangnya fasilitas kesehatan di beberapa daerah di Indonesia

Contoh penggunaan telemedicine yang kini mulai digunakan di Indonesia adalah fitur chat secara langsung dengan para dokter yang dapat dilakukan melalui aplikasi. Hadirnya fitur tersebut memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi atau berdiskusi mengenai masalah kesehatan dengan dokter di manapun dan kapanpun berada. 

Kelebihan Telemedicine 

Layanan kesehatan yang bisa diakses secara virtual ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat untuk memperoleh informasi dan kemudahan berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dirasakan dari adanya Telemedicine:

  • Mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai kesehatan, pelayanan kesehatan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, masyarakat bisa cepat melakukan pencegahan ataupun mengobati penyakit yang diderita. 
  • Mempercepat akses pasien untuk menjangkau pusat-pusat rujukan fasilitas kesehatan di daerah tertentu. 
  • Menurunkan tingkat stress atau ketegangan dalam perjalanan menuju ke tempat pusat rujukan.
  • Dapat membantu tenaga medis untuk menyeleksi pasien yang perlu dibawa ke rumah sakit dan yang tidak perlu dibawa ke rumah sakit cukup tinggal di rumah untuk mendapatkan perawatan secara mandiri. 

Di masa pandemi Covid-19, segala kelebihan yang dimiliki oleh layanan kesehatan ini dirasa relevan dengan anjuran kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah dimana pelayanan kesehatan dengan tatap muka secara langsung dengan para dokter perlu untuk dibatasi. 

Penggunaan Telemedicine di Indonesia 

Teknologi layanan kesehatan ini sebenarnya sudah digunakan sejak lama di beberapa negara dunia. Namun di Indonesia, teknologi layanan kesehatan ini baru mulai digunakan dalam beberapa waktu belakangan ini. Penggunaan layanan kesehatan virtual ini semakin meningkat di masa pandemi virus corona yang ada di Indonesia. 

Di Indonesia, teknologi layanan kesehatan ini telah memiliki setidaknya 12 layanan kesehatan digital yang bergabung dalam Indonesia Telemedicine Association atau Atensi. Masyarakat dapat menggunakan layanan kesehatan ini melalui Atensi atau bisa juga menggunakan konsultasi medis secara daring seperti yang telah disediakan oleh BUMN. 

Layanan kesehatan ini bisa menjadi solusi bidang kesehatan di masa depan. Karena itulah, pemerintah Indonesia berusaha untuk mendorong pengembangan layanan kesehatan yang juga disebut dengan Telehealth ini. Namun sayangnya, penggunaan layanan kesehatan ini masih terkendala dengan persebaran tenaga kesehatan yang belum merata dan juga kurangnya fasilitas kesehatan di beberapa tempat di Indonesia. 

Kesimpulannya, Telemedicine memang bisa dijadikan sebagai layanan kesehatan yang efisien selama masa pandemi Covid-19. Ke depannya, penggunaan layanan kesehatan ini akan terus dirancang dan diperbaiki agar bisa menggantikan kunjungan ke dokter. 

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!