Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Solusi Rambut Rontok untuk Pria

solusi rambut rontok
Photo by: Newman's

Gejala rambut rontok bisa terjadi sangat lambat. Beberapa tanda kerontokan rambut pada pria bahkan hampir tidak terasa. Saat dampaknya sudah terasa, pria akan langsung mencari cara untuk mengatasi rambut rontok.

Pengalaman rambut rontok parah tidak hanya dialami oleh pria yang sudah lanjut usia. Pria berusia 20-30 tahun juga bisa mengalami permasalahan rambut rontok. Biasanya, masalah rambut rontok mengakibatkan rambut menipis atau bahkan botak.

Pria yang sudah mengetahui gejala kebotakan mungkin sudah melakukan langkah pencegahan. Sayangnya, pria perlu melakukan penanganan khusus saat sudah mengalami kerontokan parah. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan pria sebagai solusi rambut rontok parah.

Melakukan Pemeriksaan Medis

Apa yang harus dilakukan pria untuk mendapatkan solusi rambut rontok? Pertanyaan ini sebaiknya tidak dijawab sendiri. Saat masalah rambut rontok sudah semakin parah, pria mungkin segan untuk bertanya pada orang lain. Hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui penyebab rambut rontok.

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal yang paling sering terjadi adalah pengaruh makanan, hormon, masalah genetik, dan penyakit. Beberapa penyakit berdampak pada terjadinya kerontokan rambut. Namun, rambut rontok juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diatasi.

Saat sudah mengalami kerontokan rambut dalam jangka waktu tertentu, sebaiknya sempatkan untuk melakukan pemeriksaan medis. Pemeriksaan medis bisa dilakukan dengan menghubungi dermatologis. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui akar masalah dari kerontokan rambut.

Konsultasi Masalah Rambut Rontok

Tanya Dokter Spesialis Tentang Rekomendasi Obat

Dapatkan Resep Pengobatan

Banyak solusi yang bisa didapatkan saat berkonsultasi atau melakukan identifikasi atas terjadinya kerontokan rambut. Namun, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mencari pengobatan yang tepat.

Setelah melakukan pemeriksaan, kamu akan mendapatkan resep obat yang sesuai untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Ada banyak jenis pengobatan yang bisa kamu dapat sebagai langkah perawatan rambut rontok, tapi obat mana yang tepat dan aman?

Substansi pengobatan yang menjadi solusi rambut rontok sebaiknya sudah tersertifikasi aman untuk dipakai secara teratur. Salah satu lembaga yang melakukan sertifikasi atas pengobatan yang aman adalah US Food & Drug Administration (FDA). Produk berikut ini merupakan  beberapa substansi obat-obatan yang sudah disetujui oleh US FDA sebagai solusi rambut rontok yang aman.

  • Minoxidil

    Substansi yang terkandung pada obat luar berupa lotion untuk dioleskan ke kulit sebagai perawatan kebotakan. Lisensi obat yang mengandung minoxidil biasanya banyak digunakan di Inggris.

  • Finasteride

    Finasteride merupakan obat tablet yang dikonsumsi dalam dosis tertentu (berdasarkan resep dokter) berfungsi untuk menahan konversi testosteron menjadi DHT yang berdampak pada kesehatan folikel rambut.

  • Biotin

    Substansi vitamin B yang terkandung pada beberapa makanan seperti telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

  • Ketoconazole

    Kandungan zat pembersih yang banyak terkandung pada sampo anti ketombe dan efektif untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Sebagai solusi rambut rontok, ada beberapa bahan yang juga digunakan dalam substansi sampo. Penggunaan sampo bisa dipakai secara rutin setiap hari. Beberapa kandungan di dalam sampo tersebut adalah saw palmetto, niacin, dan rosemary oil. Kandungan nutrisi tersebut bisa berfungsi sebagai pelengkap perawatan rambut. Penggunaannya diharapkan dapat mengurangi rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Mengubah Gaya Hidup

Selain mendapatkan penanganan medis yang tepat, gaya hidup juga perlu dibenahi. Hal ini akan sangat membantu dalam menciptakan keseimbangan nutrisi di dalam tubuh. Jadi, substansi pengobatan yang didapatkan tubuh akan berfungsi optimal seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap solusi pengobatan.

Gaya hidup yang perlu diubah bisa dimulai dari pola makan dan rutinitas berolahraga. Selain itu, asupan mineral juga harus didapatkan dalam porsi yang cukup. Pertumbuhan folikel rambut sangat dipengaruhi oleh asupan air yang bisa memperkuat akar rambut agar tidak rontok.


Referensi
https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatments-for-men#hair-transplants
https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/it-really-fda-approved
https://www.aad.org/hair-shedding


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!