Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Solusi Rambut Rontok yang Belum Tentu Efektif bagi Pria

solusi rambut rontok

Pria yang sudah mengalami gejala kebotakan pasti akan mencari cara mengatasi rambut rontok parah. Mulai dari berganti sampo dan melakukan perawatan rutin bisa dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan rambut rontok. Namun, solusi rambut rontok harus diperhatikan setelah pria mengetahui penyebab kerontokan.

Konsultasi dengan dermatologis adalah hal utama yang perlu dilakukan. Setelah melakukan konsultasi, kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat. Selain sampo atau obat luar, rambut rontok parah juga perlu diatasi dengan mengonsumsi obat.

Kandungan finasteride, minoxidil, biotin, dan ketoconazole adalah bahan yang efetif untuk mengatasi kerontokan. Penggunaan bahan tersebut setidaknya bisa mengurangi kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Beberapa hal berikut ini merupakan solusi rambut rontok yang belum tentu efektif, tetapi banyak ditawarkan pada pria.


Terapi Laser


Penggunaan terapi laser tingkat rendah merupakan salah satu langkah yang ditawarkan sebagai solusi rambut rontok parah pada pria. Sudah ada perangkat yang disetujui FDA untuk dapat digunakan mengatasi rambut rontok. Sayangnya, solusi ini belum terbukti sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi kebotakan.


Suntikan Plasma Trombosit


Beberapa studi menunjukan bahwa suntikan plasma trombosit ke dalam darah bisa menjadi solusi untuk rambut rontok parah. Prosedur pengobatannya hanya membutuhkan waktu 10 menit. Namun, suntikan plasma yang diberikan perlu diulangi setiap satu bulan sekali selama 3-6 bulan.

Suntikan plasma sebagai solusi rambut rontok dikenal dengan sebutan platelet-rich plasma (PRP). Pengobatan ini akan mengambil sedikit sampel darah dari dalam tubuh. Sejumlah kecil darah tersebut akan dipisahkan menjadi plasma menggunakan mesin. Plasma darah tersebut kemudian disuntikkan kembali ke area rambut yang mengalami kerontokan.

Meskipun prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, solusi PRP mungkin bukan solusi yang banyak dipilih oleh pria. Selain prosesnya yang cukup mengerikan bagi sebagian orang, masih diperlukan studi lanjutan mengenai solusi PRP.


Microneedling


Bagi pria yang memiliki bujet cukup besar untuk perawatan rambut rontok, solusi microneedling mungkin sudah tidak asing. Menurut penelitian, sebuah alat yang menggunakan banyak jarum kecil ini bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut pria usia 20-35 tahun.

Sayangnya, microneedling bisa memperburuk situasi tertentu sehingga diperlukan konsultasi dengan dermatologis untuk langkah perawatan yang tepat. Dua belas minggu setelah penggunaan micro niddle, pria tetap membutuhkan perawatan menggunakan minoxidil secara intensif.

Pada beberapa studi juga disebutkan bahwa perawatan menggunakan alat ini juga perlu didukung dengan suntikan plasma (PRP). Jadi, penggunaan alat saja belum tentu efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, perlu diingat bahwa jarum yang dipakai untuk mengobati rambut rontok ukurannya lebih panjang ketimbang jarum untuk kulit.


Ekstensi Rambut dan Wig


Wanita mungkin lebih familiar dengan ekstensi rambut, tetapi langkah ini juga memungkinkan untuk pria yang mulai mengalami kebotakan. Penggunaan wig biasanya membuat kulit kepala lebih cepat berkeringat. Hal ini menyebabkan folikel kulit kepala yang terkena infeksi bisa semakin parah.


Kamuflase Kulit


Bagi yang sering melakukan pencarian di internet, solusi kamuflase mungkin pernah kamu temukan. Solusi rambut rontok bagi pria ini tersedia dalam bentuk semprotan yang mengandung serat berpigmen kecil. Saat disemprotkan ke bagian kulit kepala, semprotan ini bisa menyamarkan bagian kulit kepala yang mulai botak. Namun, β€˜penyamaran’ ini akan sangat mudah terungkap jika kepala terkena air.


Transplantasi Rambut


Solusi ini merupakan jenis operasi yang dilakukan untuk memindahkan rambut dari permukaan kulit kepala yang lebat ke permukaan yg lebih tipis. Teknik transplantasi rambut yang biasa dilakukan terbagi dari dua metode yaitu follicular unit strip surgery (FUSS) dan follicular unit extraction (FUE).

Setelah melalui operasi transplantasi, kamu masih harus melakukan langkah perawatan rambut secara teratur. Dengan biaya yang bisa berkisar mulai 4.000-15.000 USD, pertumbuhan rambutmu baru akan terlihat setelah 6-9 bulan perawatan.

Seperti kebanyakan operasi, transplantasi rambut juga memiliki efek samping seperti infeksi dan pendarahan. Meski terasa menjanjikan dan bisa menjadi solusi yang tepat, hal ini tentu jadi pertimbangan karena hasilnya pun terkadang hanya sementara (bukan hasil permanen).

Bagi pria yang sedang mencari cara mengatasi rambut rontok parah, beberapa langkah di atas mungkin muncul sebagai solusi. Namun, penting untuk mengidentifikasi cara yang paling efektif dengan berkonsultasi dengan dermatologis. Jangan sampai memilih solusi rambut rontok parah yang tidak efektif setelah mengeluarkan biaya mahal. Penanganan rambut rontok mungkin butuh waktu, tetapi cara efektif menanganinya harus melalui solusi yang paling tepat.


Referensi
https://www.aad.org/treatment-diagnosis
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/men-hair-loss-17/hair-transplants
https://www.dermnetnz.org/topics/male-pattern-hair-loss/
https://www.bad.org.uk/shared/get-file.ashx?id=3831&itemtype=document


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!