Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Solusi Atasi Rambut Rontok Parah pada Usia Muda

solusi rambut rontok parah pada pria
DIEGO_CERVO

Pernah mengalami rambut rontok? Tenang, hal tersebut wajar kok, karena rambut rontok memang tidak mengenal usia penderitanya. Tidak hanya orang-orang dewasa, tetapi usia muda juga rentan mengalami masalah kesehatan tersebut. 

Mayoritas jumlah rambut rontok normal Pria sekitar 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Karena biasanya helai-helai rambut akan tumbuh kembali. Namun, bagaimana jika jumlah rambut rontok melebihi angka tersebut? 

Rambut rontok pada usia muda bisa berarti mereka sedang mengalami penyakit tertentu atau hanya karena tidak mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Beberapa obat atau pengobatan medis, seperti kemoterapi, juga menjadi salah satu faktor mengapa rambut bisa rontok pada usia muda. 

Selain itu, penyebab rambut rontok pada usia muda adalah perubahan hormon. Saat memasuki periode pubertas, hormon-hormon tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan beberapa hal, seperti naik turunnya emosi, kebiasaan makan yang tidak sehat, hingga pertumbuhan rambut. 

Hormon yang menjadi penyebab kerontokan rambut adalah dihidrotestosteron (DHT). Biasanya, pada usia muda, hormon DHT dalam tubuh tidak seimbang sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Faktor lainnya yang menyebabkan rambut rontok pada usia muda adalah sering gonta-ganti hairstyling dan kurangnya asupan nutrisi. Amatlah wajar apabila masih berusia muda, kita mengganti beberapa model rambut serta melakukan pengecatan agar tampil lebih trendi saat beraktivitas. 

Hanya saja, apabila terlalu sering menggunakan produk-produk berbahan kimia bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Pada akhirnya hal tersebut pun akan berakibat pada kerontokan rambut. 

Sementara itu, kurangnya asupan nutrisi juga bisa menjadi faktor penyebab lainnya. Hal ini seringkali terjadi karena kebiasaan para pemuda lebih sering mengonsumsi makanan junk food ketimbang sayur-sayuran. Alhasil, tubuh pun akan kekurangan protein, vitamin, serta mineral untuk menahan kekuatan rambut. 

Solusi Rambut Rontok

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi ditambah asupan kalori yang optimal. Selain itu, mengonsumsi makanan mengandung Omega-3 juga dipercaya akan menambah kesehatan rambut. 

Kamu juga bisa membatasi penggunaan pengering rambut yang terlalu panas dan terlalu sering. Hindari juga penggunaan bahan kimia pada rambut yang kering, seperti bleaching atau pewarna yang sering ditemui di pasaran. 

Sementara itu, pastikan juga Kamu memilih produk shampo khusus Pria yang sesuai dengan karakteristik rambut. Misalnya, perawatan rambut kering pasti akan berbeda apabila Kamu memiliki rambut yang berminyak atau normal. 

Selain itu, pilihlah sampo yang berasal dari bahan-bahan alami. Kamu dapat memilih sampo dengan bahan-bahan yang berasal dari alam yang mengandung vitamin serta protein yang memang dibutuhkan oleh rambut. 

Mengurangi stres juga bisa dipercaya menjadi solusi untuk rambut rontok. Sebab, saat tubuh mengalami stres atau masalah emosional, risiko munculnya alopecia areata menjadi lebih besar. Kondisi pun pada akhirnya dapat menyebabkan kebotakan akibat peradangan atau penyakit autoimun. 

Saat mengalami stres, tanpa disadari juga orang sering melakukan hal-hal yang meningkatkan risiko rambut rontok, atau biasa disebut trikotilomania. Hal ini membuat pengidapnya terbiasa menarik rambut tanpa disadari. Apabila sering dilakukan, rambut akan mudah rusak dan cepat botak. 

Terakhir, apabila beberapa cara di atas sudah dilakukan, namun hasilnya kurang optimal, Kamu bisa berkonsultasi rambut rontok dengan dokter. Bisa saja dari hasil diskusi tersebut ditemukan adanya ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan rambut Kamu rontok parah meski berada di usia muda. 

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!