Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Bagaimana Menghilangkan Rambut Tumbuh ke Dalam?

rambut-tumbuh-ke-dalam

Pada kondisi yang sehat, rambut di kulit kepala akan tumbuh ke luar. Namun, karena kondisi tertentu, rambut bisa tumbuh ke dalam kulit kepala sehingga menyebabkan munculnya benjolan kecil yang gatal dan terkadang perih. Ini disebut juga dengan masalah rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair.

Umumnya, masalah ini cenderung lebih sering dialami oleh pemilik rambut keriting walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa semua orang bisa mengalaminya. Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang sedang mengalami masalah rambut tumbuh ke dalam, begini cara-cara untuk menghilangkannya.

Boleh coba mencabutnya, asalkan….

Terkadang, saat sehelai rambut tumbuh ke dalam, masih terlihat sedikit helai yang muncul ke permukaan kulit kepala. Apabila memungkinkan, kamu bisa coba mencabutnya dengan menggunakan tweezer. Namun, pastikan untuk membersihkan tweezer hingga steril terlebih dulu. Apabila ternyata helai rambut tersebut tidak bisa dicabut, maka jangan memaksakan diri.

Setelahnya, usahakan untuk tidak memegang area kulit kepala yang menjadi tempat rambut tumbuh ke dalam. Ingat, kemungkinan jari dan kuku kamu mengandung bakteri. Apabila menyentuh area kulit kepala tersebut, bisa-bisa bakteri masuk ke folikel rambut dan memicu terjadinya infeksi.

Bersihkan rambut setiap hari

Rambut yang tumbuh ke dalam bisa diatasi dengan mempercepat proses pertumbuhannya ke luar kulit kepala. Salah satu caranya adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit kepala. Artinya, kamu dianjurkan untuk membersihkan rambut dengan sampo setiap hari.

Pilih sampo yang memang aman untuk digunakan sehari-hari, contohnya Daily Shampoo dari Newman’s. Kandungan saw palmetto, niacin, dan rosemary oil di dalamnya telah terbukti mampu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

Ikuti dengan pemakaian moisturizer

Agar kulit kepala tidak kering dan memperparah iritasi, sebaiknya kamu juga menggunakan conditioner bersifat moisturizing setelah keramas. Dengan begitu, kelembapan rambut dan kulit kepala kamu pun terjaga. Saat mengaplikasikan conditioner, usahakan untuk memijat seluruh bagian kulit kepala secara perlahan.

Sebelumnya, pastikan juga kedua tangan kamu sudah bersih dan kotoran dan bakteri, ya. Jangan sampai kondisi rambut tumbuh ke dalam jadi semakin parah hanya karena kamu lupa atau malas mencuci tangan. Ingat, kotoran dan bakteri yang masuk ke folikel rambut bisa berpotensi menyebabkan infeksi!

Hindari memakai topi sementara waktu

Demi menunjang penampilan, biasanya beberapa dari kamu suka mengenakan topi atau kain bandana. Namun, agar kondisi rambut tumbuh ke dalam bisa segera teratasi, sebaiknya kamu tidak melakukan kebiasaan itu dulu selama beberapa waktu. Saat kamu mengenakan topi, bandana, atau aksesoris lain, maka terjadi gesekan antara benda tersebut dengan kulit kepala. Nah, terjadinya gesekan ini bisa berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Terlebih, penggunaan topi juga biasanya membuat kulit kepala jadi berkeringat. Padahal, agar rambut bisa segera tumbuh ke luar, area kulit kepala harus selalu bersih dan kering. Apabila kamu tetap menggunakan topi atau aksesoris lain, bisa-bisa masalah rambut tumbuh ke dalam tidak kunjung reda.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rambut tumbuh ke dalam. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah pencegahan, seperti tidak mencukur rambut dalam kondisi kulit kepala kering, rutin mencuci rambut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, hingga mengeringkan kulit kepala setelah mencuci rambut. Semoga masalah ingrown hair ini bisa segera teratasi, ya!

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!