Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Apakah Rambut Rontok Pria Masalah yang Serius?

Rambut Rontok Pria
Photo by: Newman's

Perawatan rambut pria mungkin terkesan mudah dan sederhana. Pria hanya perlu mencuci rambut secara rutin dan memotong rambut pada jangka waktu tertentu. Namun, banyaknya shampo untuk rambut rontok pria yang dijual di pasaran menjadi salah satu pertanda bahwa masalah rambut juga terjadi pada pria.

Rambut rontok mungkin dianggap sebagai masalah biasa. Banyak pria mengatasinya dengan berganti sampo, tapi hal tersebut malah membuat rambut malah semakin rontok. Tanpa disadari, pria menganggap rambut rontok bukanlah sebuah masalah besar hingga akhirnya rambut mulai menipis dan botak.


Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok

Gejala Awal Rambut Rontok Pria


Identifikasi terhadap gejala rambut rontok mulanya akan disadari sendiri. Baik dari rambut yang rontok dalam jumlah banyak, kulit kepala mulai terlihat saat menyisir rambut, atau helai rambut yang jatuh di atas bantal.

Jika hanya terjadi sesekali, kerontokan memang merupakan hal yang wajar terjadi pada pria maupun wanita. Namun, berkurangnya ketebalan rambut secara signifikan biasanya mulai terlihat di bagian frontal-vertex, yaitu tulang tengkorak kepala bagian depan. Kerontokan parah yang mengakibatkan kebotakan biasanya terlihat setelah 3-6 bulan.

Dilansir dari jurnal Characteristics of Androgenetic Alopecia in Asian, kerontokan rambut yang dikenal sebagai Androgenetic Alopecia merupakan masalah rambut rontok yang terjadi pada pria dan wanita. Permasalahan ini terjadi setelah pubertas. Rambut akan mengalami kerontokan dan pemendekan pada bagian kulit kepala yang terkena Androgenetic Alopecia.

Jika dilihat dari segi penampilan, kebotakan rambut di bagian depan kepala tentu akan berpengaruh pada kepercayaan diri. Rambut yang menipis di bagian depan kepala membuat kulit kepala terlihat dan mungkin membuatmu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Penyebab Rambut Rontok Pria

Apa yang menyebabkan pria mengalami kerontokan rambut? Kerontokan rambut memang berpengaruh pada penampilan, tetapi penyebabnya berasal dari dalam tubuh. Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh kandungan androgen dihydrotestosteron (DHT).

Pada dasarnya, DHT merupakan hasil konversi hormon testosteron yang terjadi karena kandungan enzim dalam tubuh. Hormon testosteron bekerja pada berbagai organ dalam tubuh, termasuk folikel rambut dan sel-sel di prostat.

Perkembangan hormon juga terpengaruh secara genetik sehingga folikel rambut pada sebagian orang mungkin lebih sensitif terhadap hormon testosteron. Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi lebih tipis dan lebih pendek pada setiap siklus pertumbuhan.


Baca Juga: Akibat Rambut Rontok

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut


Masalah rambut rontok pria bisa diatasi secara medis. Konsultasi rambut pria dengan dermatologis dibutuhkan untuk dapat mengidentifikasi masalah kebotakan yang dikenal dengan sebutan Androgenetic Alopecia. Pemeriksaan biasanya juga disertai dengan pertanyaan detail mengenai riwayat medis keluarga untuk mencari penanganan yang tepat.

Beberapa klinik bahkan juga melakukan biopsi pada folikel rambut untuk alasan identifikasi. Langkah tersebut dilakukan untuk mengetahui akar masalah rambut rontok dan mencari perawatan rambut yang tepat. Sayangnya, banyak pakar kesehatan rambut yang salah mendiagnosis penyebab kebotakan sehingga biaya perawatan yang terbuang sia-sia.

Banyak pakar kesehatan rambut yang membanderol harga konsultasi dan solusi pengobatan dengan harga selangit. Alih-alih menghilangkan substansi bahan kimia beracun – dari produk perawatan rambut hingga pengobatan yang dibanderol dengan harga yang mahal.

Masalah rambut rontok pria bisa diatasi dengan beberapa langkah pengobatan yang berbeda. Berikut ini obat dan bahan pengobatan yang bisa didapatkan untuk mengatasi rambut rontok:

  • Minoxidil

    Obat luar berupa lotion untuk dioleskan ke kulit sebagai perawatan kebotakan berlisensi yang biasanya digunakan di Inggris.

  • Finasteride

    Finasteride adalah obat tablet yang berfungsi untuk menahan konversi testosteron menjadi DHT yang berdampak pada kesehatan folikel rambut.

  • Biotin

    Vitamin B yang terkandung pada beberapa makanan seperti telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

  • Ketoconazole

    Kandungan pembersih yang banyak terdapat pada sampo antiketombe dan efektif untuk mendukung pertumbuhan rambut.


Namun, masalah rambut rontok tetap penting untuk diatasi. Selain faktor pertimbangan kesehatan, masalah rambut rontok juga sering membuat pria menjadi kurang percaya diri dan berdampak psikis. Kebotakan tidak akan langsung terjadi saat pria mengalami rambut rontok, tapi dampaknya bisa semakin parah jika tidak segera diatasi.


Referensi
https://www.menshealthforum.org.uk/hair-loss-faqs
https://www.healthymale.org.au/mens-health/hair-loss-and-balding#anchor-125
https://www.americanhairloss.org/men_hair_loss/index.html
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3412231/


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!