Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Rambut Rontok Parah, Normal atau Perlu Konsultasi Dokter?

konsultasi rambut rontok parah
Mas-Kulin

Seringkali kita melihat rambut kita berjatuhan di lantai rumah ataupun menggumpal di lubang kamar mandi saat sedang keramas. Tahukah Anda bahwa hal itu normal? Sebab, jumlah rambut rontok manusia normalnya memang rontok sekitar 50-100 helai per hari. Rambut yang rontok akan digantikan folikel rambut baru yang akan bertumbuh di kulit kepala selama kurang-lebih tujuh bulan lamanya.

Pada orang yang lanjut usia, pertumbuhan folikel semakin menurun. Oleh karenanya, kita bisa melihat kebanyakan orang tua memiliki rambut yang lebih tipis atau bahkan botak dibanding anak muda.ย 

Namun, apakah wajar jika rambut yang rontok terbilang sangat parah, atau bahkan rontok banyak sekali saat hanya disentuh oleh tangan?

Rambut rontok dibagi menjadi dua jenis yaitu rontok dari akar maupun rambut patah. Rambut rontok dari akar bisa terjadi karena kondisi alami, sedangkan rambut patah tentu saja disebabkan oleh kesalahan perawatan rambut, misalnya terlalu sering mencatok rambut tanpa menggunakan vitamin, atau penggunaan shampo yang kurang cocok.

Berikut ini adalah macam-macam penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui:ย 

1.Stres

Stres bisa menyebabkan rambut menjadi rontok parah. Sebab, stres bisa menghentikan pertumbuhan rambut. Trauma fisik dari mulai stres berat, kecelakaan, melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius, bisa menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak meskipun sementara.

2. Sampo yang salah

Sampo yang tidak cocok bisa menyebabkan rambut menjadi iritasi dan rontok. Ini jelas menghambat pertumbuhan rambut. Anda bisa memilih shampo yang cocok dengan kondisi kulit kepala Anda.ย 

3. Anemia

Rambut rontok bisa disebabkan oleh Anemia atau kekurangan zat besi. Pada dasarnya, darah atau hemoglobin (Hb) bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk rambut.

4. Keturunan

Orang tua atau kakek-neneknya yang mengalami kebotakan atau penipisan rambut, besar kemungkinan Anda juga akan mengalami hal serupa suatu hari nanti. Faktor keturunan yang dimaksud adalah jumlah hormon testosteron bawaan yang dimiliki setiap orang.

Haruskan konsultasi ke dokter?

Penyebab rambut rontok tidak perlu dikhawatirkan, asalkan jumlah rambut rontok tidak banyak. Namun, apabila Anda merasa rambut yang berjatuhan jumlahnya tidak normal atau bahkan membuat Anda menjadi botak, tidak salah untuk langsung konsultasikan ke dokter secara gratis melalui form konsultasi rambut rontok.

Rambut rontok parah bisa disebabkan oleh penyakit seperti alopecia areata, lupus atau bahkan sindrom ovarium polikistik (PCOS). 

  • Alopecia Areata

Yaitu gangguan autoimun pada tubuh yang menganggap rambut sebagai partikel asing yang berbahaya. Lalu, dia akan menyerang folikel rambut. Gangguan ini bisa dipicu karena stres. 

  • Lupus

Penyakit ini menimbulkan sakit kepala, sariawan dan persendian terasa sakit. Banyak pengidap lupus juga mengalami kerontokan rambut, yang mungkin diikuti oleh kebotakan dan iritasi memerah pada kulit kepala.

  • PCOS

Gangguan keseimbangan pada hormon baik di pria maupun di wanita. Kelebihan hormon androgen bisa menyebabkan timbulnya kista dalam rahim, kenaikan berat badan, risiko rentan diabetes, perubahan siklus menstruasi, dan ketidaksuburan. PCOS bukan hanya membuat rambut rontok, di beberapa kasus rambut tumbuh di tempat yang tidak semestinya. Misal pada wanita, bisa tumbuh kumis atau jenggot.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!