Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

5 Kesalahan Perawatan Rambut Rontok Parah

Rambut Rontok Parah

Mengatasi rambut rontok belum menjadi hal yang dianggap penting oleh pria. Namun, kamu pasti akan mencari solusi saat rambut sudah rontok parah dan menipis atau bahkan mulai botak, bukan? Jenis kebotakan yang muncul pada pria berbeda-beda sehingga penanganannya juga perlu dilakukan dengan tepat.

Tak sedikit orang yang menganggap enteng masalah rambut rontok, padahal mencari solusinya tidaklah sulit. Kuncinya, pria hanya perlu mengetahui penyebab kerontokan dan mengetahui langkah untuk mengatasinya. Biasanya, banyak orang memilih beberapa solusi yang akhirnya malah memperparah kondisi rambut rontoknya seperti cara berikut ini.


Berganti-Ganti Sampo


Ganti shampo mungkin akan jadi pilihan utama yang muncul di benak pria saat mulai mengalami gejala rambut rontok parah. Sebagai produk perawatan rambut yang dipakai secara rutin, penggunaan sampo akan menjadi hal pertama yang terpikirkan sebagai penyebab. Sampo yang tidak cocok bisa jadi pemicu dan penyebab, tapi solusinya bukan hanya ganti sampo.

Kandungan kimia dalam satu botol sampo punya efek yang berbeda pada setiap orang. Oleh karena itu, pengaruh dari berganti sampo belum tentu bisa menjadi solusi. Salah satu kandungan yang bisa mendukung pertumbuhan rambut adalah ketoconazole. Namun, sampo dengan ketoconazole yang cocok untuk orang lain belum tentu efektif mengurangi kerontokan rambutmu. Ya, perlu formula yang tepat agar rambut bisa kembali sehat.


Salah Pilih Produk Perawatan Rambut di Salon / Barber Shop


Tidak hanya pakai sampo, mungkin kamu mempertimbangkan untuk pergi ke salon untuk membeli produk perawatan rambut. Namun, perlu diingat bahwa salon atau barber shop belum tentu memiliki sertifikasi klinis. Produk yang direkomendasikan bukan merupakan formula yang dibuat berdasarkan resep.

Meski begitu, mencoba produk perawatan rambut juga jadi hal yang mungkin dilakukan oleh pria. Sayangnya, tidak jarang penggunaan produk malah memperparah kerontokan. Ya, jika hal ini terjadi, sebaiknya hentikan penggunaan produk dan lakukan konsultasi dengan dermatologis untuk mengetahui penyebab kerontokan.

Tidak Mengetahui Akar Penyebab Rambut Rontok Parah


Memangnya apa saja yang bisa menyebabkan rambut rontok? Bukan hanya salah menggunakan produk, kamu bisa saja mengalami kerontokan rambut karena masalah genetik. Belum lagi, jika ada asupan vitamin dalam tubuh seperti biotin yang berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

Vitamin untuk rambut rontok bisa kamu temukan tanpa resep dokter. Namun, apakah vitamin tersebut bisa membantu pertumbuhan rambut? Belum tentu. Jika tubuhmu memang kurang asupan vitamin, solusinya tidak hanya dengan minum vitamin, tapi juga memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Namun, kamu tetap harus mengetahui penyebab utama agar tidak asal mengubah rutinitas tanpa tujuan yang jelas.


Tidak Melakukan Pemeriksaan ke Dermatologis

Melakukan pemeriksaan ke dermatologis mungkin belum menjadi hal yang lumrah bagi pria. Ya, pria mungkin lebih segan pergi ke dokter hanya untuk masalah penampilan. Namun, rambut rontok bisa menjadi salah satu gejala yang menunjukkan kondisi tubuhmu sedang terganggu. Oleh karena itu, pemeriksaan dengan dermatologis sangat dibutuhkan.

Jika masalah rambut rontokmu wajar, kamu tentu tidak akan diarahkan untuk mendapatkan pengobatan. Mungkin dengan mengubah pola makan dan cara merawat rambut saja bisa membuat kondisi rambutmu membaik. Jadi, pastikan kamu mengetahui penyebab kerontokan agar bisa melakukan solusi yang tepat.


Terlalu Sering Menyisir Rambut dalam Keadaan Basah

Nah, hal ini biasanya menjadi salah satu penyebab yang banyak diabaikan. Saat rambut sedang dalam kondisi basah, teksturnya cenderung lemah dan mudah patah. Jadi, sebaiknya rambut tidak disisir dalam keadaan basah. Jika memang perlu disisir karena kusut, pakai sisir yang bergerigi lebar agar rambut tidak rusak dan rontok parah.

Mengatasi rambut rontok pada pria bukan hal yang sulit jika memang bisa diatasi sejak gejala awal sudah diketahui. Jadi, sebaiknya kamu tidak menganggap remeh saat rambut mulai rontok. Identifikasi penyebabnya harus diketahui dengan jelas agar bisa cari solusi tepat.



Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!