Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Fungsi Permen Nikotin (Nicotine Gum) dan Efek Sampingnya?

permen nikotin

Merokok adalah salah satu bentuk dari gaya hidup yang tidak sehat. Selain berbahaya untuk orang-orang di sekitar, merokok juga berbahaya bagi perokok itu sendiri. Pasalnya, rokok dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuh, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit paru-paru dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Apabila saat ini Kamu masih aktif merokok, sebaiknya Kamu segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Cukup sulit memang. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Banyak cara yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tapi dari semua cara, cara yang dianggap paling efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah nicotine gum atau permen nikotin.

Permen nikotin adalah obat yang dapat digunakan oleh perokok untuk membantu menghentikan kebiasaan mereka tersebut. Kandungan nikotin dalam nicotine gum dapat membantu mengurangi tanda fisik yang dikarenakan gejala ketagihan serta membantu perokok untuk berhenti. Obat ini dianggap sangat efektif untuk membantu pecandu rokok untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Sebelum mengkonsumsi nicotine gum, sebaiknya Kamu mengetahui atau melakukan hal-hal berikut ini.

Konsultasi dengan Dokter

Dalam konsumsi nicotine gum, komunikasi dengan dokter sangat diperlukan. Hal tersebut dikarenakan konsumsi nicotine gum tidak dapat dilakukan sembarangan. Petunjuk dari dokter sangat penting agar nicotine gum dapat berfungsi optimal dan aman, karena konsumsi nicotine gum perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh.

Pada kondisi tertentu, konsumsi nicotine gum memerlukan perhatian dan pengawasan khusus, misalnya saat ini tengah mengkonsumsi obat-obat tertentu, memiliki alergi, riwayat penyakit, jenis operasi yang pernah dilakukan, serta kondisi kesehatan lainnya. Kondisi-kondisi tertentu dapat membuat tubuh Kamu menjadi kebal terhadap obat dan efek sampingnya. 

Pertama, jika Kamu mengkonsumsi obat tertentu. Konsumsi obat tertentu yang dilakukan bersamaan dengan konsumsi nicotine gum dapat menyebabkan perubahan efek samping. Hal ini tentu saja dapat membuat obat Kamu tidak bekerja secara optimal, dan lebih buruknya dapat meningkatkan resiko pada diri Kamu yang dikarenakan oleh efek sampingnya. Oleh karena itu, apabila Kamu tengah mnegkonsumsi obat tertentu, sampaikan kepada dokter Kamu. Apalagi jika Kamu mengkonsumsi produk seperti, acetaminophen, insulin, caffeine, isoproterenol, labelatol, oxazepam, pentazocine, phenylephrine, prazosin, dan propoxyphne. Pasalnya, obat-obat tersebut dapat berinteraksi dengan nicotine gum apabila digunakan secara bersamaan.

Efek Samping Permen Nikotin

Umumnya, konsumsi permen nikotin akan memunculkan efek samping. Efek samping yang biasa muncul antara lain:

  • Sakit kepala
  • Perut mulas
  • Berkeringat
  • Diare
  • Rasa sakit di mulut
  • Tersedak
  • Dyspepsia
  • Sakit tenggorokan.

Efek samping tersebut memang tidak selalu muncul. Apabila Kamu merasakan efek samping tersebut tidak kunjung hilang atau bahkan Kamu merasakan efek samping yang berbeda, maka Kamu perlu segera konsultasi dengan dokter Kamu.

Dosis Permen Nikotin

Dosis untuk konsumsi nikotin gum biasanya tercantum pada kemasan obat. Akan tetapi, Kamu tetap memerlukan konsultasi kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu apabila Kamu ingin mengkonsumsi nicotine gum.

Kekurangan dosis dapat menyebabkan obat tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu usahakan untuk mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Kelebihan dosis pun juga tidak baik. Dosis berlebih dapat menyebabkan keracunan atau bahkan efek samping lain yang lebih serius. Apabila Kamu atau orang di sekitar Kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit mendapatkan penanganan segera. Jangan lupa bawa obat yang Kamu konsumsi tersebut.

Dosis yang diperlukan oleh setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan menyarankan kepada teman atau rekan Kamu untuk mengkonsumsi dengan dosis yang sama, meskipun gejala yang dirasakan sama. Sarankan dia untuk melakukan konsultasi kepada dokter agar dosis yang dikonsumsi tepat.

Cara Menyimpan Permen Nikotin

Simpan nicotine gum pada temperatur ruangan. Jauhkan obat dari panas atau cahaya matahari secara langsung. Jangan pula membekukan obat. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan. Informasi penyimpanan biasanya dapat Kamu lihat pada kemasan obat.

Untuk membuang obat, konsultasikan pula kepada apoteker ataupun dokter Kamu. Kandungan pada nicotine gum dapat mengkontaminasi lingkungan sekitar Kamu. Oleh karena itu, perhatikan instruksi pembuangan obat dengan baik. 

Cara Konsumsi Permen Nikotin

Cara konsumsi nicotine gum cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunyah permen karet dengan lambat. Lakukan hingga rasa permen karet menjadi semakin kuat. Kemudian, letakkan di antara dinding pipi dan juga gusi agar penyerapan nikotin melalui oral mucosa dapat berlangsung, Lakukan hal tersebut selama 30 menit.Demikianlah hal-hal yang perlu Kamu ketahui sebelum mengkonsumsi nicotine gum. Sebelum konsumsi obat ini, biasanya Kamu akan dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok Kamu terlebih dahulu secara total. Baru setelah itu terapi dapat dilakukan.


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!