Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

4 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang Wajib Dicoba!

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Siapa bilang gaya hidup sehat itu mahal serta sulit untuk dilakukan. Nyatanya ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memastikan perilaku sehari-harimu adalah bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu penyebab seseorang merasa kesulitan saat harus menerapkan gaya hidup sehat adalah karena belum terbiasa saja. Saat terus dilakukan, dijadikan suatu rutinitas dalam aktivitas sehari-hari, gaya hidup sehat bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Dari sekian banyak cara untuk menerapkan gaya hidup sehat, ada empat yang dapat kamu coba untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. Empat cara ini termasuk yang paling mudah untuk kamu lakukan. Jadi seharusnya tidak ada lagi alasan untuk menunda mencobanya.


1. Sering Cuci Tangan dengan Sabun


Kebiasaan yang satu ini dapat melindungi tubuhmu dari bakteri dan virus. Mengingat tangan kamu adalah bagian tubuh yang paling aktif digunakan dalam rutinitas sehari-hari, tidak heran kalau tangan jadi rentan dipenuhi bakteri serta virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu jadi sakit.

Itu sebabnya sejak kecil, dan masih harus terus kamu lakukan sampai sekarang, cuci tangan jadi bagian dari tradisi perilaku hidup bersih dan sehat. Bukan sekadar mencuci tangan dengan air mengalir saja. Tetapi mencuci tangan menggunakan sabun. Aktivitas sederhana namun tidak jarang malas dilakukan oleh beberapa orang. Pastikan sebelum dan setelah beraktivitas kamu mencuci tanganmu dengan sabun di bawah air yang mengalir. Apalagi setelah seharian berada di tempat umum.


2. Tidak Merokok


Bahkan di kemasannya saja, kamu sudah mendapat peringatan seputar bahaya rokok. Jika kamu memang sudah berniat untuk memiliki perilaku hidup bersih dan sehat, kebiasaan merokok jelas harus coba dihilangkan. Tidak mudah memang, karena sifatnya zat adiktif pada rokok yang membuat orang menjadi candu.

Kamu dapat mencoba untuk mengurangi konsumsi rokok perlahan-lahan. Ganti rokokmu dengan nicotine gum dari Newmanโ€™s. Dengan kandungan nikotin yang jauh lebih rendah dari rokok, rasa candumu masih dapat teratasi dengan mengunyah permen karet produksi Newmanโ€™s ini. Sampai kamu benar-benar dapat melepaskan diri dari jerat nikotin dan memiliki perilaku hidup bersih dan sehat. Ingat, ini tidak hanya baik bagi tubuhmu, tetapi juga orang-orang yang ada di sekelilingmu.


3. Makan Makanan Bergizi dan Seimbang


Perilaku hidup bersih dan sehat juga perlu diinisiasi dari dalam dengan memberikan tubuh asupan gizi serta nutrisi yang seimbang. Ini berarti kamu harus menjaga pola makan serta menu makanan seperti apa saja yang kamu konsumsi. Pastikan kamu memakan makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang tubuhmu butuhkan.

Apabila kamu sedang melakukan diet, perlu kamu ingat bahwa sedang diet berarti kamu dilarang makan sama sekali. Justru saat diet kamu dilatih untuk hanya mengkonsumsi makanan sehat, menghindari menu masakan yang digoreng dengan kandungan minyak tinggi, menghindari makanan tinggi kolesterol. Kamu harus memperbanyak konsumsi buah-buahan segar dan sayuran. Perhatikan juga bagaimana makananmu diolah. Terlalu banyak makan makanan yang digoreng juga tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung.


4. Olahraga Ringan


Rutinitas yang satu ini tidak bisa diabaikan jika kamu ingin memiliki perilaku hidup bersih dan sehat. Tidak perlu melakukan jenis olahraga yang berat, kamu dapat memilih jenis olahraga yang terbilang ringan serta nyaman untuk kamu lakukan. Tujuannya adalah memastikan tubuhmu tetap aktif dan bugar.

Ada banyak olahraga ringan yang dapat kamu lakukan sehari-hari, seperti jogging, berenang, atau senam lantai dengan gerakan-gerakan dasar. Kamu juga dapat mengajak beberapa teman untuk melakukan aktivitas olahraga bersama secara rutin seperti bermain futsal, basket, atau badminton. Olahraga ringan yang kamu lakukan ini sebaiknya kamu lakukan secara berkala dan dalam durasi waktu yang disiplin, dengan menyisihkan waktu selama tiga puluh menit sehari semisal.


Keempat gaya hidup di atas memang tidak dapat dilakukan sekaligus dalam satu waktu. Kamu harus bersabar dan membiasakan diri dengan kebiasaan ini. Pelan tapi pasti, kamu dapat menyesuaikan dengan perubahan bermanfaat ini, sampai akhirnya menjadi bagian dari keseharianmu untuk hidup bersih dan sehat.


Referensi
https://www.webmd.com/diet/features/4-steps-healthy-lifestyle#1

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!