Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Apa Saja Penyebab Rambut Beruban?

penyebab rambut beruban
Med-Health

Seiring bertambahnya usia, biasanya helai-helai rambut bakal berubah warna menjadi putih alias beruban. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi. Namun, bagaimana jika helai-helai rambut putih tersebut sudah muncul saat kamu masih berada di usia 20-an atau 30-an? Tentunya kondisi tersebut tidak terjadi begitu saja, ada sejumlah kemungkinan penyebab rambut beruban yang perlu kamu ketahui.

Faktor Genetik

Coba tanyakan kepada orang tua atau kakek dan nenek kamu, apakah mereka juga mengalami premature graying atau beruban di usia yang relatif muda? Kalau iya, berarti memang penyebab rambut beruban pada diri kamu adalah karena faktor genetik. Hal ini sesuai dengan studi pada tahun 2013 yang diterbitkan di Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology. Hasil studi menyebutkan bahwa munculnya uban prematur memang berhubungan erat dengan faktor genetik.

Masih dari studi yang sama, faktor ras dan etnis ternyata juga ikut berpengaruh terhadap penyebab rambut beruban. Misalnya, orang-orang Kaukasian umumnya mengalami uban prematur pada awal usia 20-an. Namun, pada orang Asia, uban prematur biasanya baru muncul pada usia 25 tahun.Β 

Merokok

Sudah menjadi rahasia umum kalau merokok bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung. Di samping itu, kebiasaan merokok ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut beruban. Racun-racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh kamu, termasuk folikel rambut, sehingga menyebabkan munculnya rambut beruban yang prematur. Selain itu, merokok juga bisa mempersempit pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok

Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun, stres yang berkepanjangan ternyata bisa menjadi penyebab rambut beruban. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh New York University. Hasil studi menunjukkan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab atas warna rambut ternyata bisa berkurang ketika kamu mengalami stres. Dengan kata lain, saat kamu merasa stres, warna asli rambut pun memudar sehingga muncullah uban prematur.

Kekurangan vitamin B-12

Apa yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memicu rambut beruban. Kalau kebutuhan vitamin tidak terpenuhi dengan baik, risiko uban prematur relatif lebih tinggi. Salah satunya adalah vitamin B-12, yang memang berkontribusi terhadap kesehatan pertumbuhan rambut dan warna rambut. Vitamin B-12 membantu menjaga kesehatan sel darah merah, yang membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh kamu, termasuk sel rambut.

Bayangkan jika tubuh kamu kekurangan vitamin B-12, maka sel rambut pun bisa-bisa melemah sehingga berdampak pada produksi melanin. Akibatnya, uban prematur pun bermunculan. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B-12 ini dari makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, daging sapi, susu, dan telur.

Produk Rambut Kimiawi

Dalam merawat rambut dan kulit kepala, produk apa yang biasa kamu pakai? Coba cek kembali bahan dan kandungannya. Jika terdapat bahan kimiawi pada sampo atau conditioner, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab rambut beruban. Coba ganti dengan produk yang mengandung bahan alami seperti rosemary oil. Contohnya bisa kamu temukan pada produk daily shampoo buatan Newman’s, yang memang diformulasikan untuk membantu pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Rambut beruban sebetulnya merupakan kondisi alami yang terjadi seiring pertambahan usia. Namun, jika rambut beruban muncul prematur pada usia 20-an atau 30-an, bisa jadi ada pemicu tertentu. Dengan mengetahui berbagai penyebab rambut beruban tersebut, kamu pun bisa mencoba untuk menghindarinya. 

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!