Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

3 Penyebab Kulit Kepala Kering

penyebab kulit kepala kering
Shutterstock

Mirip seperti kondisi kulit kering di area tubuh lainnya, kulit kepala kering juga terjadi akibat kurangnya minyak untuk melembapkan. Akibatnya, kulit kepala yang kering pun jadi mengelupas, gatal, dan teriritasi. Selain itu, kondisi kulit kepala kering juga bisa menyebabkan munculnya ketombe. Namun, keduanya merupakan hal yang berbeda, bahkan dari segi pemicu atau penyebabnya. Ini dia sejumlah penyebab kulit kepala kering yang perlu kamu perhatikan.

Faktor perubahan cuaca

Cuaca bisa menjadi salah satu penyebab kulit kepala kamu kering, terutama ketika sedang dingin. Perlu kamu ketahui bahwa ketika cuaca dingin, tingkat kelembapan udara bakal menurun. Alhasil, udara yang dingin tersebut membuat kulit kamu jadi kering, termasuk kulit kepala. Walaupun begitu, bukan berarti kamu bisa langsung menyalakan mesin penghangat, ya. Masalahnya, hal tersebut juga bisa berisiko membuat kulit kering.

Bagi yang punya humidifier di rumah, coba nyalakan saat cuaca sedang dingin untuk menjaga kelembapan udara. Lalu, ketika mandi dan mencuci rambut, gunakan air hangat, bukan air panas. Kamu pun sebaiknya tidak terlalu lama berada di bawah kucuran air hangat karena bisa menghilangkan minyak alami pada kulit. Pastikan waktunya hanya sekitar 5-10 menit.

Terlalu sering mencuci rambut

Keramas memang wajib hukumnya agar rambut dan kulit kepala kamu bersih dari segala kotoran. Namun, usahakan untuk tidak mencuci rambut setiap hari karena bisa berisiko menghilangkan minyak alami dari kulit kepala kamu. Kalau kamu terus-terusan mencuci rambut setiap hari, rambut kamu juga bisa ikutan kering hingga membuatnya rapuh.

Lalu, seberapa sering kamu harus mencuci rambut? Jawabannya tergantung pada tipe rambut kamu. Misalnya, bagi yang punya rambut dengan tekstur kesat (coarse), kamu mungkin cuma perlu mencuci rambut sebanyak sekali dalam seminggu. Sementara itu, kamu yang punya rambut mudah lepek bisa mencuci rambut sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Produk perawatan rambut yang kurang tepat

Kulit kepala kering, kemerahan, dan gatal setelah menggunakan produk perawatan tertentu? Wah, bisa jadi kamu tidak cocok atau alergi terhadap produk tersebut. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan mencari tahu produk mana yang menyebabkan kulit kepala kering.

Bagi yang menggunakan banyak produk sekaligus, coba kurangi satu per satu penggunaannya. Idealnya, setelah 2-4 minggu tidak menggunakan produk tersebut, kondisi kulit kepala kamu bakal membaik. Nah, selama masa 2-4 minggu ini, hindari menggaruk kulit kepala karena bisa memperparah kondisinya. Sebagai gantinya, kalau kulit kepala terasa gatal, letakkan washcloth basah pada kulit kepala selama 15-30 menit untuk meredakan rasa gatalnya.

Bedakan kulit kepala kering dan ketombe

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa kulit kepala kering bisa menyebabkan ketombe. Artinya, ketombe juga sebetulnya bisa disebabkan oleh hal lain. Masalahnya, ketika kulit kepala terasa kering dan mengelupas, masih banyak orang menganggapnya sebagai masalah ketombe. Padahal, bisa jadi itu adalah kondisi kulit kepala kering. 

Kalau penyebab kulit kepala kering telah dijelaskan di atas, maka penyebab lain ketombe bisa jadi adalah jamur Malassezia, yang secara alami sebetulnya ada di kulit kepala setiap orang. Malassezia bertugas menyerap minyak yang diproduksi oleh folikel rambut. Sayangnya, Malassezia pada beberapa orang bersifat over reaktif. Akibatnya, sel kulit mati jadi lebih banyak mengelupas. Nah, sel kulit mati yang keluar dan bercampur dengan minyak dari rambut dan kulit kepala inilah yang menghasilkan ketombe.
Kondisi kulit kepala kering ternyata bisa disebabkan oleh faktor cuaca, penggunaan produk, dan intensitas mencuci rambut. Jika terus dibiarkan, kulit kepala yang kering bisa menyebabkan ketombe. Agar bisa terhindari kedua kondisi tersebut, pastikan kamu rutin mencuci rambut dengan sampo yang terbukti mampu mendukung pertumbuhan rambut secara sehat dan kuat. Contohnya seperti Daily Shampoo dari Newman’s yang mengandung zat aktif niacin, saw palmetto, dan rosemary oil. Segera dapatkan di situs newmans.id, ya!

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!