Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

7 Penyebab Ketombe pada Pria yang Sering Diabaikan!

penyebab ketombe pada pria
99 co

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang dialami oleh lebih dari 50% populasi penduduk dunia. Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah adanya serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih pada kulit kepala dan bertebaran di rambut. Kulit kepala pun akan terasa begitu gatal. Ketombe bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang apalagi kalau sampai ada yang berjatuhan di bahu. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab masalah ketombe pada pria dan bagaimana cara untuk mencegah terjadinya masalah ketombe ini.

Penyebab Ketombe pada Pria 

1.Jarang Keramas

Para pria yang punya banyak aktivitas di luar rumah kadang tidak punya waktu untuk keramas secara rutin. Apabila Kamu jarang keramas, kotoran yang berasal dari debu maupun keringat akan menumpuk di kulit kepala. Ketika kotoran yang menumpuk tersebut bercampur dengan minyak alami di kulit kepala, maka hal ini yang akan memicu munculnya ketombe. 

2. Salah Pilih Shampo

Salah pilih shampo bisa jadi salah satu penyebab ketombe pada pria. Pria sering kali merasa cuek pada saat memilih produk shampo yang akan digunakan. Selain itu, pria juga biasanya tidak begitu memperhatikan formula apa yang cocok untuk merawat rambutnya. Hal ini yang memicu timbulnya masalah ketombe pada pria. 

Menggunakan produk shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut justru akan memberi efek yang kurang baik pada kesehatan rambut. Penggunaan shampo yang tidak tepat akan membuat kulit kepala menjadi kering, gatal, dan dehidrasi. 

3. Kurang Bersih dalam Mencuci Rambut Setelah Keramas

Apabila Kamu kurang bersih dalam mencuci rambut setelah keramas, maka sisa shampo yang masih menempel di kulit kepala justru akan memicu munculnya ketombe. Hal ini terjadi karena sisa shampo yang bercampur dengan kotoran akan menyebabkan ketombe pada kulit kepala. 

4. Menggunakan Shampo Antiketombe 

Untuk menekan resiko munculnya ketombe yang disebabkan oleh Malassezia, Kamu harus rutin menggunakan shampo antiketombe. Shampo jenis ini mampu mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit mati di kepala. 

5. Rawat Rambut dengan Bahan Alami 

Untuk mencegah timbulnya masalah ketombe, Kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami seperti misalnya tea tree oil, minyak kelapa, lemon, minyak zaitun, dan garam. Perawatan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. 

6. Pola Makan yang Salah 

Pola makan yang salah ternyata juga bisa mempengaruhi timbulnya masalah ketombe. Pasti Kamu sering mengonsumsi makanan penyebab rambut rontok, yakni junk food, maka Kamu pun sangat beresiko mengalami masalah ketombe. 

7. Tidak Cocok dengan Produk Hair Styling yang Digunakan 

Kaum pria membutuhkan produk hair styling untuk menjaga penampilan rambutnya setiap hari. Namun, apabila Kamu menggunakan produk hair styling yang tidak cocok untuk kulit kepala, maka hal ini justru akan menyebabkan rasa gatal dan memunculkan ketombe pada kulit kepala. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab ketombe pada pria. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Kamu. 


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!