Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!
Sex

Berbagai Penyebab Disfungsi Ereksi. Cegah Dengan Cara Ini!

penyebab disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan penis dalam mencapai ataupun mempertahankan posisi ereksi ketika melakukan hubungan seksual. Disfungsi ereksi sering juga disebut sebagai impotensi. Dalam Medical News Today disfungsi ereksi memiliki tanda atau gejala seperti ketidakmampuan ejakulasi dan sukar mempertahankan posisi ereksi dalam waktu lama. Lebih jelasnya gejala disfungsi ereksi antara lain, sukar ereksi meskipun telah mendapatkan rangsangan, sukar mempertahankan posisi ereksi sehingga kesulitan ejakulasi atau orgasme, dan penurunan hasrat seksual.

Salah satu penyebab dari disfungsi ereksi atau impotensi adalah faktor usia. Oleh karena itu, impotensi umumnya diderita atau dialami oleh laki-laki dalam rentang usia di atas 60 tahun. Meskipun demikian, impotensi ataupun disfungsi ereksi di usia muda bisa juga dialami. Namun Anda tidak perlu khawatir. Impoten atau disfungsi ereksi dapat ditangani. Berikut adalah penyebab disfungsi ereksi dan juga cara mencegah impoten yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Disfungsi Ereksi Secara Umum

Umumnya, impotensi atau disfungsi ereksi disebabkan oleh faktor usia, akan tetapi terdapat faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi. Berikut adalah faktor-faktor penyebab impoten.

1. Pola Hidup

Pola hidup atau gaya hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama dari semua penyakit, demikian pula dengan impoten. Kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, minum-minuman keras, begadang, atau bahkan menggunakan narkoba dapat menjadi salah satu penyebab dari disfungsi ereksi. Pola hidup tersebut dapat menghambat kinerja dari pembuluh darah dan mengakibatkan aliran darah menuju penis menjadi berkurang

2. Psikologis

Selain pola hidup, faktor selanjutnya yang juga berperan penting dalam ereksi pria adalah psikis atau psikologi. Otak memiliki peran krusial dalam proses ereksi, namun hal tersebut dapat terganggu apabila pria berada pada kondisi psikologi yang tidak baik, misalnya stres, depresi, anxiety, PTSD, ataupun gangguan psikologi lainnya. Selain itu, kecemasan pria terhadap performa seksualitas yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab dari disfungsi ereksi.

3. Hormon

Ketidakseimbangan hormon atau kondisi seperti, kelebihan hormon tiroid (hipertiroid), kekurangan hormon tiroid (hipotiroid), dan juga hipogonadiseme adalah penyebab lain dari terjadinya disfungsi ereksi. Kondisi semacam itu dapat menyebabkan produksi hormon tertosteron dalam tubuh berkurang. Hormon testosteron memiliki fungsi untuk mengatur hasrat ataupun keinginan melakukan seks pada pria, oleh karena itu, kurangnya produksi hormon testosteron dalam tubuh dapat mempengaruhi kemampuan ereksi.

4. Gangguan Kardiovaskuler

Penyebab disfungsi ereksi selanjutnya adalah kardiovaskuler. Kardiovaskuler adalah penyakit yang terjadi karena adanya masalah pada jantung dan juga pembuluh darah. Masalah pada jantung dan juga pembuluh darah dapat menyebabkan aliran darah menuju penis terhambat, sehingga sukar untuk mendapatkan ereksi. Penyakit kardiovaskuler sendiri meliputi, stroke, aterosklerosis, hipertensi, gula darah tinggi, kolesterol dan masih banyak lainnya.  

5. Obat-Obatan

Jika Anda mengalami gejala disfungsi ereksi dan saat ini tengah mengkonsumsi obat tertentu, maka mungkin itulah penyebabnya. Obat tertentu biasanya memberikan efek samping ketika dikonsumsi, salah satunya pada kemampuan ereksi. Obat-obat seperti, antidepresan, antihipertensi, antipsikotik, obat jantung, penenang, dan juga kemoterapi dapat menghambat aliran darah menuju penis. Terhambatnya aliran darah inilah yang dapat menggangu kemampuan ereksi.

6. Operasi Prostat

Pada beberapa operasi protat atau kandung kemih dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah ataupun saraf yang terdapat di area sekitar penis. Kerusakan tersebutlah yang menyebabkan kemampuan ereksi Anda bermasalah. Kerusakan ini dapat berlangsung sementara atau tetap. Oleh karena itu, diperlukan perawatan dan juga pengobatan teratur agar fungsi ereksi Anda kembali.

7. Masalah pada Penis

Penyebab disfungsi ereksi terakhir dikarenakan adanya masalah pada penis. Apabila Anda memiliki gangguan ataupun kelainan pada penis, seperti peyronie, epispadia, ataupun cedera, bisa jadi inilah penyebabnya. Gangguan-gangguan tersebut dapat menyebabkan masalah pada aliran darah, bentuk penis, dan juga saraf.

Kamu bisa melakukan pencegahan disfungsi ereksi dari sekarang. Caranya pun tidak sulit, satu hal yang paling kamu butuhkan untuk bisa mencegah terjadinya disfungsi ereksi adalah disiplin. Berikut beberapa cara mudah untuk mencegah disfungsi ereksi yang bisa kamu lakukan.

Tips Mencegah Disfungsi Ereksi


Kontrol Berat Badan


Semakin berat tubuh kamu, semakin besar juga lingkar pinggang kamu, semakin mudah pula kamu mengalami disfungsi ereksi. Mengontrol bobot tubuh kamu secara berkala menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit disfungsi ereksi. Kenapa? Karena bobot tubuh yang berlebihan atau obesitas, menjadi salah satu pintu utama menuju disfungsi ereksi.

Dengan mengurangi bobot tubuh, kamu bisa memangkas inflamasi dan meningkatkan testosteron yang berperan besar dalam pencegahan disfungsi ereksi. Bila kamu perlu menurunkan berat badan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memangkas bobot tubuh dengan aman.


Pola Makan Sehat

Salah satu penyebab disfungsi adalah pola makan yang tidak sehat. Untuk membantu mempertahankan fungsi ereksi. Gandum, makanan olahan susu rendah lemak, buah-buahan dan sayuran, dan daging tanpa lemak adalah makanan pencegah disfungsi ereksi

Hindari makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh, dan sodium. Buat pola makan yang baik untuk membantu mencapai berat badan yang sehat, dan mengendalikan tekanan darah serta diabetes kamu. Mengontrol tekanan darah dan diabetes dapat membantu mencegah disfungsi ereksi.

Lakukan Olahraga dengan Rutin

Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk penis. Terdapat ragam olahraga mencegah disfungsi ereksi yang mudah dilakukan dirumah salah satunya adalah senam kegel.

Selain itu Kamu dapat secara bertahap melakukan olahraga yang lebih berat, seperti bersepeda atau lari marathon. Usahakan untuk melakukan aktivitas setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu.


Berhenti Merokok

Merokok terkait dengan penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Studi American Journal of Epidomology menunjukkan bahwa disfungsi ereksi lebih mungkin terjadi pada pria yang merokok dibandingkan dengan yang tidak merokok. Tetapi kemungkinan disfungsi ereksi lebih besar lagi dialami oleh pria yang sudah merokok sedari muda.


Hindari Penggunaan Obat Ilegal

Menggunakan obat-obatan terlarang dapat mempersulit kamu dalam mempertahankan ereksi. Sebagai contoh, beberapa obat-obatan terlarang juga dapat membuat kamu jadi lebih kebal akan rangsangan seksual. Pria yang merokok lebih dari 20 batang setiap hari memiliki risiko disfungsi ereksi 60 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang tidak pernah merokok. Menggunakan obat-obatan terlarang dapat menutupi faktor psikologis, emosional, atau fisik lain yang mungkin menyebabkan kamu mengidap disfungsi ereksi.

Jadi, melakukan konsultasi di gejala awal untuk mengetahui penyebab disfungsi ereksi sangat penting untuk dilakukan. Dokter bisa langsung melakukan pemeriksaan dan memberikan preskripsi yang tepat untuk mencegah perkembangan dari disfungsi ereksi.


Referensi
https://www.niddk.nih.gov/health-information/urologic-diseases/erectile-dysfunction/prevention
https://www.webmd.com/erectile-dysfunction/news/20030307/smoking-can-lead-to-erectile-dysfunction


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!