Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Jenis Penyakit Kulit Kepala yang Dapat Menyerang Pria

penyakit kulit kepala pria
Okadoc

Bagi Kamu yang sering beraktivitas, kesehatan kulit kepala menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tidak jarang beberapa penyakit kulit kepala dapat berujung menjadi sesuatu yang menyebalkan sehingga dapat mengganggu aktivitas tersebut. Ada banyak faktor yang membuat kesehatan kulit kepala Kamu terganggu. 

Kulit kepala memiliki fungsi untuk melindungi lapisan bawahnya. Bagian tersebut seringkali mengalami gangguan. Penyebabnya bisa karena kebersihan pribadi yang buruk hingga adanya faktor risiko dari penyakit tertentu di dalam tubuh kita. Apalagi, bagi para pria, yang sering beraktivitas di luar, kulit kepala perlu mendapatkan perhatian khusus agar tidak terjadi hal-hal merugikan. 

Lantas, apa saja jenis penyakit kulit kepala yang sering mengganggu para pria saat menjalani aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun luar rumah? Temukan jawabannya melalui penjelasan artikel di bawah ini.ย 

Ketombe

Masalah rambut berketombe hampir dialami semua orang. Biasanya, ketombe muncul karena adanya kulit kepala yang mengelupas lebih cepat, menumpuk, sehingga membentuk serpihan-serpihan putih di rambut. 

Penyebab kemunculan ketombe ini adalah adanya pertumbuhan jamur yang hidup di rambut. Semakin banyak jamur, maka kulit kepala akan semakin terasa gatal karena serpihan-serpihan tersebut diproduksi lebih banyak. Alhasil, Kamu pun akan semakin sering menggaruk kulit kepala. 

Biasanya, yang rentang mengalami masalah kesehatan ini adalah orang yang jarang keramas menggunakan shampo antiketombe. Jadi, sebaiknya jika rambut Kamu berketombe, usahakan untuk rutin menggunakan sampo saat mandi. Jangan dibiarkan karena rasa gatal yang ditimbulkan dapat menyebabkan luka pada kulit kepala.ย 

Dermatitis seboroik

Pernah merasakan banyak lapisan kulit kepala yang mengelupas di rambut. Harap waspada, bisa jadi itu adalah tanda adanya penyakit kulit kepala, dermatitis seboroik. Kondisi ini membuat rambut seseorang berminyak, berketombe, dan kulit kepala pun cenderung kemerahan karena terasa sangat gatal. 

Bedanya dengan ketombe biasa, dermatitis seboroik tidak hanya dapat menyerang kulit kepala, tetapi juga bagian kulit tubuh lainnya. Untuk mengatasi persoalan ini, Kamu perlu memerhatikan kebersihan area sekitar kepala dan gunakan sampo antiketombe yang aman jika memiliki riwayat alergi.ย 

Tinea Kapitis

Tinea kapitis adalah penyakit yang disebabkan adanya infeksi jamur dermatofita pada kulit kepala. Umumnya, penyakit kulit kepala ini menyerang anak-anak laki-laki berusia tiga hingga tujuh tahun. Namun, pria dewasa juga bisa mengalami masalah kesehatan ini, lho. Bahkan, penyakit ini ditengarai dapat menyebabkan kepala menjadi botak dan pitak. 

Penularan jamur ini pun sangat mudah. Biasanya, terjadi karena adanya pertukaran benda atau beragam aksesori kepala, seperti topi, ikat rambut, sisir, hingga handuk. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu selalu memerhatikan kebersihan benda-benda tersebut apabila harus meminjam dari orang lain. 

Seseorang yang mengidap tinea capitis umumnya mengalami beberapa gejala, yaitu kulit kepala bersisik dan pitak. Bahkan, menurut beberapa penelitian, tinea capitis bisa menyebabkan peradangan dan kebotakan yang meluas karena jamur-jamur tersebut memengaruhi kinerja hormon lain di kulit kepala. 

Psoriasis

Penyakit kulit kepala lainnya yang sering dialami para pria adalah psoriasis. Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya kulit kepalanya tampak bersisik dan berwarna perak. Bercak-bercak tersebut pun mengakibatkan gatal pada lapisan luar kulit kepala. 

Umumnya psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit menjadi lebih cepat. Hal tersebut pun berakibat menumpuknya kulit mati lalu menebal dan berkerak. Biasanya, psoriasis tidak hanya menyerang kulit kepala saja, tetapi juga kulit bagian tubuh lainnya. 

Gejala kondisi ini dapat diringankan dengan salep steroid atau sampo yang mengandung salisilat. Hanya saja, dalam beberapa kasus tertentu yang cukup parah, seseorang mengidap penyakit ini memerlukan obat suntikan serta terapi ultraviolet untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit mati. 

Skleroderma

Skleroderma juga merupakan penyakit kulit kepala yang bisa dialami para pria. Hanya saja, penyakit autoimun ini bisa dibilang tergolong langka. Orang yang mengidap penyakit ini akan mengalami perubahan bentuk tekstur kulit scleroderma yang terjadi akibat peningkatan produksi kolagen dalam tubuh. 

Selain itu, penyakit ini juga akan menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit kepala yang terasa kaku dan keras. Komplikasinya, penyakit kulit kepala ini bahkan dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Bagaimana? Tidak inginkan mengidap beberapa penyakit kulit kepala di atas? Mulai dari sekarang jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit kepala ya agar aktivitas serta kesehatan Kamu tetap terjaga.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!