Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

4 Cara Membersihkan Paru Paru Perokok

4 Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok
Photo by: Sara Bakhshi on Unsplash

Salah satu aktivitas rutin yang sering dilakukan oleh banyak orang, khususnya orang Indonesia, yaitu merokok. Sebagai salah satu negara dengan jumlah masyarakat terbanyak, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk industri rokok. Tidak hanya karena banyak orang yang memutuskan untuk menjadi perokok, tetap dari segi sumber daya alam seperti cengkeh juga sangat besar dan mampu menciptakan keuntungan yang besar. Inilah mengapa rokok menjadi pasar besar di Indonesia. Para perokok yang ada pasti memiliki keinginan untuk lepas dari produk tersebut. Tidak hanya karena ingin terhindari dari masalah kesehatan saja, tetapi juga ingin mengurangi pengeluaran uang untuk membeli rokok. Berbicara mengenai kesehatan tubuh para perokok, bagian yang paling rentan terserang penyakit adalah bagian paru-paru perokok. Sudah pasti paru-paru perokok itu mulai menghitam dan kotor, beda dengan paru-paru non perokok. Sebenarnya ada beberapa cara membersihkan paru-paru perokok yang bisa dilakukan.

Paru-paru perokok pastinya kotor dan sudah tidak dalam kondisi yang seharusnya. Tentu saja salah satu alasan utamanya adalah kebiasaan merokok tersebut. Asap yang dihisap ke dalam tubuh dan dihembuskan sebenarnya tidak 100% keluar. Pastinya ada sisa-sisa kotoran asap yang tetap berada di dalam paru-paru perokok. Untuk itulah banyak perokok yang ingin membersihkan paru-paru, tetapi bingung bagaimana caranya. Untuk itu, inilah 4 cara membersihkan paru paru perokok yang tepat dan efisien untuk menghindari bahaya merokok.

1. Konsumsi Makanan Bergizi dan Sehat


Cara pertama membersihkan paru-paru perokok adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan sehat. Tentunya makanan yang bergizi dan sehat itu termasuk buah-buahan dan sayuran. Bahan alami lainnya yang layak konsumsi pun juga tepat untuk membersihkan paru-paru perokok. Beberapa makanan tersebut, termasuk:


Nanas

Mengandung kandungan bernama bromelain yang mampu mereduksi inflamasi. Bromelain juga akan membantu paru-paru untuk lebih lentur sehingga mampu menghirup oksigen yang lebih banyak dengan cara menghirup napas secara dalam-dalam.


Madu

Polutan yang ada di dalam paru-paru perokok bisa dihilangkan secara perlahan-lahan dengan mengonsumsi satu sendok the madu setiap harinya. Kamu pun juga bisa lebih semangat setelah mengonsumsi madu.


Buah-Buahan

Buah jeruk, lemon, jeruk nipis, anggur, blueberry, blackberry, dan jenis berry lainnya bisa membersihkan paru-paru perokok.


Sayuran dan Herbs

Brussel sprotus, seledri, asparagus, rebung, kembang kol, brokoli, thyme, rosemary, oregano, dan lainnya.


Lobak

Keluarga lobak seperti daikon, lobak merah, dan lainnya mampu membuat paru-paru menjadi lebih nyaman setelah aktivitas merokok telah dihentikan. Lobak juga berguna untuk menghilangkan kelebihan lendir, menyembuhkan sakit tenggorokan, membersihkan sinus, dan mengurangi mampat dalam sistem pernapasan kamu.


Sayuran lainnya seperti bawang putih, bawang bombay, jahe, dan kunyit sangat bagus untuk kesehatan paru-paru. Makanan dengan kandungan klorofil tinggi seperti wheatgrass, spirulina, dan biji kecambah membantu memberi oksigen untuk tubuh.

2. Terus Lakukan Latihan Pernapasan


Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kamu juga harus melakukan latihan pernapasan. Mengapa harus melakukan pernapasan? Sebenarnya paru-paru perokok yang kotor itu tidak bekerja dengan semestinya. Kondisi ini harus segera diperbaiki dengan memberikan udara secara konsisten. Apalagi bagi yang sudah merasakan sakit setelah berhenti dari merokok. Kamu harus melakukan latihan pernapasan ini.

Caranya pun mudah. kamu harus menghirup udara dari hidup selama 2 detik, kemudian hembuskan napas melalui mulut selama 4 detik. Pastikan bahwa bibir kamu sedikit terbuka untuk mengeluarkan udara napas tersebut. Lakukan ini secara perlahan-lahan. Kamu jangan terburu-buru supaya paru-paru bisa berfungsi dan bersih.

Selain itu, tidak hanya memperhatikan cara bernapasnya saja, tetapi kepala, leher dan bahu harus dalam keadaan relaks dan santai. Ada beberapa keungukan jika melakukan cara ini, yaitu lebih relaks, menghilangkan sesak napas, mampu mengeluarkan udara yang sudah rusak keluar dari paru-paru, dan membuka saluran udara pernapasan lebih mudah. Sebaiknya kamu melakukan cara ini selama 3 hingga 10 kali per hari agar hasilnya lebih maksimal.

3. Cobalah Untuk Sering Menghirup Udara Segar


Tidak hanya fokus ke latihan pernapasan saja, tetapi kamu juga harus lebih sering menghirup udara segar. Udara yang biasanya dihisap oleh para perokok itu sudah pasti lebih kotor, apalagi secara otomatis, rokok yang digunakan juga membuat udara yang terhirup menjadi lebih buruk. Untuk bisa mendapatkan efek yang terbaik dalam melakukan latihan pernapasan, maka kamu harus sering menghirup udara segar. Jangan sampai kamu malah tetap sering menghirup udara kotor. Biasanya udara kotor ini bisa muncul di berbagai tempat, selain ketika kamu berada di lingkungan perokok juga, bisa juga dari polusi udara yang ada di sekitar kamu, apalagi ketika kamu sedang berada di jalan. Polusi sangat mudah untuk ditemukan di sana. Alih-alih membersihkan paru-paru, kamu malah gagal melakukannya.

4. Kurangi Kecanduan Merokok


Cara terakhir dalam membersihkan paru-paru perokok adalah kurangi kecanduan merokok. Tentu saja ini adalah cara terakhir yang harus kamu lakukan. Jika kamu melakukan beberapa cara sebelumnya namun tetap menghisap rokok setiap hari, maka kondisi paru-paru kamu tetap kotor. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa berhenti merokok itu sulit. Apalagi rokok yang kamu hisap itu mengandung nikotin yang membuat kamu kecanduan. Jika dalam waktu beberapa saja tidak menghisap rokok, maka mulut menjadi asam dan tidak nyaman.

Untuk bisa mengurangi atau menghilangkan kebiasaan merokok, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dimulai dari mengurangi jumlah batang rokok yang dihisap per hari, langsung stop tidak merokok, hingga Nicotine Gum. Ya, Nicotine Gum adalah permen karet dengan kandungan nikotin rendah yang secara perlahan-lahan bisa melepaskan kamu dari kecanduan merokok.

Nicotine Gum tidak hanya berguna untuk mengurangi kecanduan rokok secara perlahan-lahan, tapi ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan, seperti lebih ramah di kantong alias murah dan menjadi satu bentuk terapi yang paling tepat untuk para perokok yang memang ingin lepas dari merokok. Ketika kamu memang ingin lepas dari rokok elektrik, maka Nicotine Gum adalah jawaban yang paling tepat.



Jangan sampai kamu telat lepas dari rokok. Jika nantinya sudah terlambat yang artinya kamu terkena penyakit yang diakibatkan oleh rokok, maka penyesalan akan datang dengan sendirinya. Memang tidak mudah untuk lepas dari rokok, namun dengan beberapa cara di atas serta mengubah cara berpikir agar tidak ketergantungan lagi, kamu pasti bisa melakukannya. Kalau pun memang sulit untuk lepas dari rasa kecanduan itu, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi Nicotine Gum yang dijual Newman’s. Nicotine Gum bisa melepas rasa ketergantugan terhadap rokok secara perlahan-lahan. Newman’s siap membantu kamu lepas dari kecanduan rokok elektrik. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi pencerahan dan solusi bagi kamu semua yang ingin memiliki paru-paru yang bersih sekaligus lepas dari kecanduan merokok.


Referensi
https://plushcare.com/blog/learn-how-to-clean-lungs-after-quitting-smoking/

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!