Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Kandungan Obat Rambut Rontok untuk Mengatasi Masalah Rambut

Obat Rambut Rontok

Meskipun terkesan seperti masalah yang sepele, rambut rontok parah yang terjadi pada pria sering kali menyebabkan dampak kurang positif bagi tubuh. Baik secara fisik maupun psikologis, pria akan merasakan perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Tidak jarang pula masalah ini ikut berdampak pada kondisi perekonomian untuk mencari solusi kerontokan.

Perawatan rambut rontok pria mungkin relatif mahal karena pilihannya tidak sebanyak produk wanita. Namun, hal yang lebih penting untuk dilakukan adalah memilih penanganan tepat agar kamu tidak menghabiskan biaya dengan percuma. Berikut ini perawatan rambut rontok pria yang bisa dilakukan dengan hasil efektif.


Konsumsi Finasteride


Obat telan yang dikenal dengan sebutan Propecia ini bisa didapatkan jika menggunakan resep dokter. Meskipun terkesan sebagai obat khusus, kandungan finasteride pada obat telan ini dapat membantu mengurangi rambut rontok dan bahkan mempercepat pertumbuhan rambut.

Namun, hal yang lebih penting untuk diingat adalah dosis penggunaannya. Konsumsi lebih banyak obat belum tentu semakin mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dermatologis untuk mendapatkan takaran pengobatan yang sesuai.


Mengoleskan Minoxidil untuk Penumbuh Rambut


Penggunaan minoxidil sebagai solusi perawatan rambut rontok pada pria juga bisa menjadi solusi. Obat ini biasanya disarankan untuk pria yang mengalami kebotakan rambut berpola (pattern baldness). Jadi, tidak semua pria yang mengalami rambut rontok parah bisa menggunakan obat ini sebagai solusi.

Jadi, untuk jenis kerontokan rambut yang menunjukkan terjadinya penipisan di bagian depan kulit kepala atau garis rambut pria, belum tentu cocok dengan pengobatan ini. Produk ini juga tidak bisa dipakai sembarangan. Meski hanya dioleskan, takarannya harus benar agar tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.


Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Biotin


Nutrisi tubuh tetap menjadi faktor penting yang akan berpengaruh pada kondisi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut. Dermatologis selalu memberikan resep vitamin B yang dikenal sebagai biotin untuk mengatasi kerontokan rambut. Kandungan biotin dinilai mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu pemulihan radang.

Namun, perlu diingat bahwa jenis penanganan ini juga belum tentu cocok untuk semua jenis kerontokan rambut pria. Beberapa sumber mengatakan bahwa pengobatan dengan biotin belum tentu efektif untuk menangani jenis kebotakan tertentu seperti pattern baldness.


Menggunakan Sampo Ketoconazole


Perawatan rambut rontok pria yang harus selalu digunakan secara teratur adalah penggunaan sampo untuk rambut rontok. Rambut dalam kondisi basah memang sedang berada dalam kondisi rapuh dan mudah patah, tapi bukan berarti kamu tidak boleh sering-sering keramas dan menggunakan sampo.

Pada dasarnya, penggunaan sampo rambut rontok banyak ditawarkan secara umum sebagai produk yang dibeli tanpa resep. Hampir setiap sampo memiliki kandungan ketoconazole karena kandungannya dapat mengatasi infeksi jamur pada kulit kepala. Oleh karena itu, penggunaannya memang disarankan baik dengan atau tanpa resep dokter.


Perawatan yang Mengandung Buah Pohon Pinus


Herbal yang terbuat dari buah pohon pinus kerdil Amerika dikenal populer dalam istilah pengobatan sebagai saw palmetto. Ramuan yang mengandung bahan ini dapat membantu pria mempertahankan kadar testosteron dalam tubuh. Nah, molekul5-alpha-reductase pada saw palmetto bisa membantu mengubah testosteron menjadi DHT. Oleh karena itu, molekul tersebut diharapkan mampu mengurangi rambut rontok.


Merawat Kulit Kepala dengan Coconut Oil


Penggunaan minyak kelapa juga dipercaya bisa membantu melindungi rambut dari sinar ultraviolet (UV). Asam laurat yang terdapat pada ekstrak minyak kelapa dipercaya dapat mengikat protein dalam rambut. Pijatan minyak kelapa ke kulit kepala bisa membantu melindungi kerusakan dari akar rambut, meningkatkan aliran darah, dan membantu pertumbuhan rambut.

Jadi, perawatan rambut rontok bagi pria memang banyak alternatif solusinya, tapi kandungan pengobatan yang tepat tentu saja memerlukan resep dokter. Selain memilih pengobatan yang sesuai, kamu juga harus melakukan konsultasi untuk mengetahui penyebab terjadinya rambut rontok.


Referensi
-https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention#medications
– https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3503/minoxidil-topical/details
– https://health.clevelandclinic.org/is-biotin-as-good-as-advertised-for-your-hair-loss/
– https://www.healthline.com/health/ketoconazole-shampoos


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!