Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Obat Penumbuh Rambut Botak Keturunan. Di Jamin Ampuh!

kebotakan keturunan
Lifestyle Kompas

Rambut rontok hingga menyebabkan kebotakan membuat beberapa orang menjadi tidak percaya diri. Kebotakan, yang disebut juga androgenic alopecia, merupakan salah satu jenis kerontokan rambut yang paling umum terjadi pada pria. 

Setiap rambut memiliki siklusnya masing-masing, mulai dari rambut tumbuh, kemudian rontok, sampai akhirnya digantikan dengan rambut baru. Pada kondisi normal, folikel rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut baru yang berukuran sama.

Namun, pada kasus kebotakan pria, rambut baru yang tumbuh lebih pendek dan tipis. Folikel rambut yang kian menyusut menyebabkan siklus pertumbuhan rambut berakhir, sampai akhirnya tidak ada rambut baru lagi yang tumbuh.

Ada beberapa penyebab kebotakan, yang satu di antaranya terjadi karena adanya faktor keturunan. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah botak keturunan bisa disembuhkan?

Botak karena Keturunan

Faktor genetik menjadi penyebab utama terjadinya kebotakan. Kebotakan pada pria berkaitan dengan hormon seks pria yang disebut androgen yang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mengatur pertumbuhan rambut. Jika orang tua Kamu mengalami botak atau kebotakan, risiko Kamu untuk mengalami hal yang sama akan semakin besar. Selain genetik, banyak faktor lain yang mempengaruhi munculnya kelainan tersebut, seperti makanan, lingkungan, dan stres.

Pencegahan

Jika Kamu merasa orang tua atau kakek-nenek Kamu mengalami kebotakan dan kemungkinan besar Kamu juga akan mengalami. Oleh karena itu, cobalah melakukan beberapa pencegahan sejak dini mungkin, seperti:ย 

Hindari stres

Stres atau mungkin depresi menyebabkan kerontokan rambut lebih cepat dari kondisi biasa, sebab ketika stres hormon seksual meningkat dalam tubuh, ini lah yang menyebabkan rambut Kamu rontok. Cobalah untuk tenang dan santai menghadapi beberapa masalah, jangan lupa untuk bercerita kepada orang terdekat. 

Hindari penggunaan sampo yang tidak cocok

Kulit kepala seseorang mempunyai sensitivitas yang berbeda. Jadi, segeralah ganti sampo Kamu jika hanya menimbulkan kerontokan. Selain itu, pemakaian pomade dan gel rambut yang berlebihan juga dapat berakibat kerontokan. Lakukan perawatan rambut secara rutin, jangan lupa menggunakan vitamin rambut yang memang cocok dengan kulit Kamu. 

Obat Mengatasi Botak Keturunan

1.Finasteride

Pil ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Finasteride bekerja dengan cara mencegah tumbuhnya dihydrotestosterone (DHT), yaitu hormon yang berperan dalam menyusutkan folikel rambut di kepala. Obat ini menahan pembentukan hormon dan memperlambat kebotakan yang berhubungan dengan DHT. Dapat dikonsumsi sebanyak satu kali sehari. Sama seperti kebanyakan obat lainnya, obat ini juga memiliki efek samping. Pastikan Kamu sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi finasteride, sebagai perawatan rambut rontok Kamu.

2. Minoxidil

Minoxidil bisa digunakan sebagai salah satu cara mencegah kebotakan. Obat ini bisa dioleskan langsung pada kulit kepala. Metode ini dilaporkan ampuh untuk mencegah kebotakan pada rambut. Minoxidil tersedia dalam bentuk cair atau busa yang bekerja pada folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Efek ini paling terlihat pada mereka yang lebih muda dan baru saja menunjukkan tanda-tanda kebotakan. Lakukan setidaknya dua kali sehari secara rutin. 

3. Kortikosteroid

Perawatan rambut rontok yang satu ini mungkin agak menyakitkan dan dapat menyebabkan penipisan kulit di tempat yang disuntikkan. Untuk hasil terbaik, Kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk mendiagnosis penyebab kebotakan, dokter mungkin akan melakukan tes darah, tes rambut, biopsi kulit kepala, serta pemeriksaan dengan mikroskop.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!