Rambut rontok? Klik disini untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Tampil Klasik dengan Model Potongan Rambut Pompadour

gaya rambut pompadour

Classic never dies! Entah tentang musik, film, dan juga model rambut. Dari berbagai model potongan rambut yang terus mengalami perubahan, salah satu yang menarik adalah model potongan rambut pompadour. 

Apa itu Gaya Rambut Pompadour ?

Mengenal model potongan rambut pompadour, pompadour adalah gaya rambut bergaya klasik yang berasal dari nama Madame de Pompadour, salah satu selir Raja Louis XV. Gaya rambut ini banyak diadopsi wanita di abad ke-18 dan menjadi gaya rambut yang didominasi oleh perempuan sampai perang dunia 1.

Potongan rambut pompadour lebih cocok bagi kamu yang memiliki karakter wajah dengan garis dagu yang cukup panjang dan garis rahang tegas. Untuk menonjolkan kesan klasik, potongan rambut pompadour sering kali dipadukan tanpa jenggot dan kumis.

Seiring perkembangan tren, model potongan rambut ini mengalami penyesuaian sehingga cocok untuk berbagai bentuk wajah, bahkan dipadukan dengan jenggot dan kumis. Nah, berikut ini rekomendasi model potongan rambut pompadour buat kamu.

Classic Pompadour

gaya rambut pompadour
apetogentleman

Jika kamu ingin mencoba model potongan ‘asli’ rambut pompadour Classic Pompadour adalah jawabannya. Model rambut yang dipopulerkan oleh King of Rock n Roll Elvis Presley ini memang menjadi populer di era 1950-an dan menjadi tren di masanya.

Seperti model pompadour pada umumnya, rambut bagian atas dibiarkan panjang untuk memberikan kesan rambut yang bervolume. Bagian poni sebaiknya dibiarkan tumbuh paling panjang untuk dibentuk ke atas dengan sedikit melengkung ke bagian dalam.

Sisir seluruh rambut dari depan hingga belakang secara tertata, lalu rambut bagian samping dan belakang. Setelah itu, gunting sedikit lebih pendek dari bagian atasnya untuk menonjolkan kesan klasik. Kamu hanya perlu menyisirnya ke belakang agar rambut tertata rapi dan tetap sesuai bentuknya.

Modern Pompadour

model potongan pompadour klasik
shirleyhannan

Nah, model Modern Pompadour merupakan pengembangan dari model klasik sebelumnya yang mengikuti perkembangan tren dan zaman. Ciri utamanya adalah rambut bagian samping dan belakang yang dipotong pendek secara gradasi untuk menampilkan kesan modern.

Dengan adanya kontras antara rambut bagian atas dengan lainnya, bagian jambul yang telah kamu atur menjadi ciri khas penampilan. Kamu bisa menggunakan produk styling rambut dengan flossy finishing atau wet look untuk menampilkan kesan segar dan sporty.  

Undercut Pompadour

model rambut undercut pompadour
bro-in

Undercut Pompadour merupakan kombinasi 2 potongan rambut, yaitu model klasik pompadour dan kesan modern dari undercut. Kombinasi ini dijamin sesuai dengan tren zaman dengan tetap menampilkan kesan klasik.

Potongan ini berkembang dari model modern pompadour yang sesuai dengan tren. Kamu hanya perlu mencukur bagian samping dan belakang rambut hingga pendek tanpa gradasi untuk menciptakan kontras dan menimbulkan kesan ‘terputus’ antara rambut atas dengan bagian lainnya.

Short Pompadour

model rambut pendek pompadour
fasbest

Pompadour tidak selalu identik dengan mereka yang memiliki rambut panjang dan tebal. Model Short Pompadour juga cocok untuk pria yang memiliki rambut pendek dan tipis, tapi tetap ingin tampil klasik.

Potong pendek bagian samping dan belakang secara gradasi hingga hampir habis agar rambut bagian atas yang cenderung pendek bisa tampil kontras. Agar kesan klasik dari pompadour tetap kuat, biarkan bagian poni lebih panjang dan bentuk sedemikian rupa agar dapat menampilkan kesan sporty namun tetap klasik. 

Quiff Pompadour

potongan rambut quiff pompadour
thetrendspotter

Potongan Quiff Pompadour juga bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi kamu yang memiliki rambut pendek. Kamu bisa mencukur bagian samping dan belakang secara gradasi atau undercut untuk menciptakan kontras dengan bagian atasnya.

Sebagai variasi, bentuk bagian poni yang sudah tumbuh panjang dengan aksen melengkung seperti jambul. Sekilas, potongan rambut pompadour ini mengingatkan kita dengan tokoh fiksi Tintin yang memang khas dengan model jambulnya.

Agar lebih maksimal, gunakan produk styling rambut berbahan wax atau pomade dengan karakter strong hold agar bentuk jambul dapat terjaga untuk waktu lama.

Messy Pompadour

gaya rambut messy pompadour
styleoholic

Jika kamu ingin mencoba tampil klasik dengan sedikit menyelipkan kesan berantakan, gaya Messy Pompadour bisa menjadi potongan yang kamu coba.

Sesuai dengan model pompadour pada umumnya, biarkan rambut bagian atas tumbuh panjang. Namun, kamu tidak perlu menata rambut dan menyisirnya hingga melengkung bervolume dari bagian depan sampai belakang. Hanya dengan diatur menggunakan tangan, kamu bisa mendapatkan kesan natural yang sedikit berantakan

Gaya rambut pria ini cocok bagi kamu yang memiliki model rambut tipis. Saat kamu menggunakan produk styling gel dengan kesan wet look, tetap bersihkan sisa gel rambut, wax, atau pomade agar tidak timbul masalah rambut seperti ketombe dan kerak di kulit kepala.

Textured Pompadour

gaya rambut textured pompadour
thetrendspotter

Model potongan rambut pompadour memang cenderung lebih cocok bagi kamu yang memiliki jenis rambut lurus. Salah satu keuntungan model rambut ini adalah memberikan volume yang berpadu dengan tekstur alami rambut bergelombang sehingga menampilkan kesan rambut yang berlapis lapis.

Untuk perawatannya, cukup sisir rambut bagian depan sampai ke belakang menggunakan tangan. Walaupun aura klasik yang ditampilkan tidak sekuat model pompadour lainnya, model satu ini bisa membuat kesan sporty dari diri kamu, loh!

Model rambut seperti ini juga cukup bergantung pada produk styling rambut seperti gel dan pomade untuk mempertahankan bentuk rambut. Jangan malas untuk selalu membersihkannya setelah beraktivitas, ya. Selalu gunakan sampo berbahan dasar ketoconazole yang memiliki formula ampuh menghilangkan ketombe pada kulit kepala. 

Jadi, sudah cukup tertarik untuk mengubah penampilan kamu dengan potongan rambut pompadour?

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!