Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Penggunaan Minoxidil Meningkatkan Pertumbuhan Rambut Secara Cepat

penggunaan minoxidil efektif mempercepat pertumbuhan rambut
grow-ruuts

Mengatasi permasalahan rambut rontok bukan hal yang mudah jika sudah terjadi dalam waktu lama. Terlebih lagi, saat kamu sudah melakukan berbagai cara untuk merawat rambut, tapi hasilnya tidak terlihat secara signifikan. Mungkin kerusakan rambutmu malah semakin parah jika tidak cocok dengan produk perawatan yang digunakan.

Mungkin kamu sudah sampo dan kondisioner, minum obat atau jamu, bahkan berpikir untuk mencoba pengobatan laser dan operasi. Namun, apakah kamu yakin yang dilakukan sudah tepat? Dari begitu banyak produk rambut, minoxidil adalah pengobatan yang paling sering disarankan oleh ahli medis karena penggunaan minoxidil, secara luar biasa mempercepat pertumbuhan rambut

Kebotakan dalam Sudut Pandang Medis

Alopesia androgenetik (AGA) adalah kebotakan pada rambut yang disebabkan kerentanan folikel rambut terhadap androgen yang mengakibatkan miniaturisasi. AGA pada pria sering disebut dengan male pattern hair loss, sedangkan pada wanita dengan female pattern hair loss. Kelainan tersebut merupakan penyebab kebotakan rambut yang paling sering terjadi. 

Dalam jurnal yang ditulis oleh Ulrike Blume-Peytavi dan kawan-kawan, Efficacy and safety of a new 5% minoxidil formulation in male androgenetic alopecia: A randomized, placebo-controlled, double-blind, noninferiority study dalam Journal of Cosmetic Dermatology, AGA mempengaruhi 30 – 50% pria berusia lebih dari 50 tahun dan 80% pria berusia lebih dari 70 tahun.

AGA ditandai dengan transformasi progresif rambut berpigmen, tebal, dan terlihat menjadi rambut vellus yang halus dan tidak berpigmen karena aktivitas dan ukuran folikel rambut kulit kepala yang menurun. Kondisi ini akan menghasilkan garis rambut yang menipis hingga terlihat botak di bagian atas kepala, yang secara bertahap akan membesar.

Minoxidil adalah Formula Andalan Rambut Rontok dan Botak

Minoxidil pertama kali diperkenalkan sebagai obat oral untuk pengobatan hipertensi berat pada tahun 1970-an. Saat pengobatan secara kebetulan, dokter menyadari adanya pertumbuhan rambut dan hipertrikosis umum pada pasien botak, yang mengarah pada pengembangan formulasi minoxidil topikal (obat luar) untuk mengobati AGA.

Sejak saat itu, minoxidil telah menjadi produk pengobatan andalan untuk permasalahan AGA dan digunakan untuk kondisi kerontokan rambut dan kebotakan. Minoxidil meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memperpendek fase telogen (folikel rambut dan menginduksi fase anagen (pertumbuhan). 

Dalam jurnal Minoxidil and it’s use in hair disorders: a review, cara kerja minoxidil disebutkan mampu memperpendek fase telogen menjadi 1 – 2 hari pada objek yang diobati dibandingkan dengan sekitar 20 hari pada objek yang tidak diobati. Ada peningkatan laju sintesis DNA pada umbi anagen, menunjukkan bahwa minoxidil merangsang sel-sel kuman rambut sekunder dari folikel telogen dan menyebabkan pergeseran cepat ke fase anagen.

Mengenal Minoxidil Sebagai Perawatan

Minoxidil terdiri dari susunan kimia berupa turunan dari piperidino-pyrimidine yang memiliki struktur kimia 2,6-diamino-4-piperidinopyrimidine-1-oxide (C9H15N5O). Minoxidil solution (MS) mengandung bahan-bahan tidak aktif, termasuk air, etanol, dan propilen glikol (PG) yang menjadi kendaraan untuk meningkatkan kelarutan minoxidil. Propilen glikol memfasilitasi pengiriman obat ke folikel rambut.

Sayangnya, hal ini sering kali mengakibatkan iritasi lokal yang menyebabkan pengembangan PG-free minoxidil foam (MF). Minoxidil foam mengandung bahan-bahan nonmedis dalam formulasi busa seperti, cetyl alcohol, stearyl alcohol, dan hydroxytoluene butylated.

Dibandingkan dengan MS, MF memungkinkan peningkatan pengiriman bahan aktif dan penetrasi obat yang mudah dengan kemungkinan iritasi yang lebih sedikit. Oleh karena itu, US Food and Drug Administration (FDA) telah memberikan persetujuan penggunaan MF sebanyak 5% untuk pengobatan AGA. Selain lebih nyaman digunakan, MF lebih cepat kering dan menyebar ke daerah periferal.

Uji klinis pada pasien AGA yang diobati dengan 2 – 5% MS menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam pertumbuhan rambut dan tingkat penurunan kerontokan. Pada bagian yang tidak diobati, menunjukkan bahwa obat interval anagen pada manusia.

Penggunaan Minoxidil yang Benar

Penggunaan minoxidil, secara luar biasa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan perawatan yang dimulai sedini mungkin. Hal ini dilakukan untuk dapat menghentikan miniaturisasi folikel rambut progresif yang menyebabkan AGA. Efek pertama dari pengobatan ini dapat dilihat sekitar 6 – 8 minggu setelah pemakaian.

Minoxidil berbentuk spray yang perlu diaplikasikan pada rambut setidaknya dua kali sehari selama periode waktu yang lama. Bila dihentikan, rambut yang telah tumbuh dapat kembali rontok dalam waktu 12 – 24 minggu. Selain itu, pemakaiannya tidak bisa dilakukan terpisah. Artinya, perawatan harus disertai dengan kesadaran dalam memperbaiki kebiasan, pola makan, vitamin, sampo, dan kondisioner.

Penggunaan minoxidil sering diserasikan dengan finasteride, yaitu tablet minum khusus pria yang sudah disetujui oleh FDA untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok. Finasteride melindungi perubahan testosteron menjadi DHT—hormon yang melukai sel rambut—yang menjadi penyebab utama rambut rontok pada pria. Meskipun belum ada hasil uji klinis yang mendukung, tapi gabungan dua formula ini sering menjadi produk andalan klinis kesehatan.

Perawatan rambut rontok dan kebotakan memang tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk dapat kembali menumbuhkan rambut. Penggunaan minoxidil, secara luar biasa meningkatkan pertumbuhan rambut didukung penggunaan sampo, kondisioner, spray minoxidil, dan mengkonsumsi tablet finasteride. Lakukan perawatan secara rutin dan maksimal sehingga efeknya akan terlihat.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!