Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Manfaat dari Obat Minoxidil

minoksidil Adalah

Minoxidil adalah obat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Seperti yang kita ketahui masalah kerontokan rambut dan rambut menipis merupakan salah satu masalah yang sering ditemui seiring dengan pertambahan usia seseorang. Untuk menjaga penampilan, pada akhirnya banyak yang menyiasatinya dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan rambut palsu atau wig, mengecat rambut, cangkok rambut dan sebagainya.

Apa Itu Minoxidil ?

Salah satu cara yang juga sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah minoxidil. Obat ini masuk dalam golongan vasodilator dan hanya dapat digunakan oleh dewasa. Berbeda dengan obat rambut rontok lainnya seperti ketoconazole dan finasteride yang lebih banyak ditujukan untuk mengatasi kebotakan pada pria, minoxidil juga bisa dengan aman digunakan kepada wanita.

Kym Douglas dan Cindy Pearlman, dalam bukunya yang berjudul The Black Book of Hollywood Beauty pernah mengungkapkan bahwa minoxidil juga banyak digunakan oleh artis-artis hollywood untuk melebatkan alis. Dalam perkembangannya, minoxidil memang tidak hanya dimanfaatkan untuk rambut, melainkan juga jenggot, alis, kumis dan yang lainnya. Tentunya harus disertai dengan petunjuk dokter.

Cara Kerja Minoxidil Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bagaimana cara minoxidil bekerja untuk merangsang pertumbuhan rambut? Para peneliti percaya minoxidil bekerja dengan membuat folikel rambut menjadi prematur dan menempatkannya di fase anagen. Hal ini menyebabkan folikel rambut dengan cepat melewati fase katogen dan telogen sebelum munculnya rambut yang tumbuh kembali.

Hasilnya siklus pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Karena pertumbuhan rambut baru lebih cepat daripada pertumbuhan rambut secara normal. Akan tetapi, pada awal pemakaian minoxidil, rambut mengalami kerontokan yang cukup banyak. Hal ini yang sering kali membuat pemakai menghentikan pemakaiannya di awal perawatan, padahal hasilnya belum terlihat.

Karena kinerja minoxidil yang untuk mempercepat siklus pertumbuhan rambut, maka obat ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok. Bahkan pada saat ini, kandungan minoxidil tidak hanya digunakan pada produk rambut rontok saja. Kandungan minoxidil juga digunakan sebagai bahan untuk menumbuhkan jenggot dan kumis yang banyak beredar di pasaran.

Dosis Pemakaian Minoxidil

Untuk mengatasi rambut rontok, penggunaan minoxidil harus melalui pengawasan ekstra. Dosis antara pria dan juga wanita pun berbeda. Pada pria, minoxidil yang digunakan biasanya sebesar 2% atau 5%. Sedangkan pada wanita, minoxidil disarankan hanya digunakan 2% saja.

Hal- hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Minoxidil

Minoxidil sendiri dianggap efektif dalam menumbuhkan rambut. Apalagi jika untuk Anda yang mengalami kebotakan di usia muda. Sebelum menggunakan minoxidil pehatikan peringatan sebagai berikut.

  1. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda memiliki alergi pada makanan ataupun kandungan yang terdapat pada bat tersebut.
  2. Membeli produk minoxidil di tempat terpercaya
  3. Obat minoxidil tidak diperkenankan untuk digunakan oleh penderita eksim, luka kulit kepala, dan juga psoriasis.
  4. Hindari menggunakan minoxidil pada area sekitar mata, hidung, dan juga mulut. Apabila tidak sengaja mengenai area tersebut, maka segera bilas dengan air.
  5. Apabila Anda menderita angina, ginjal, penyakit hati, ataupun jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan konsultasi terhadap dokter dahulu.
  6. Tidak disarankan untuk menggunakan minoksidil bersamaan dengan produk kecantikan lainnya tanpa anjuran dokter. Namun, Anda tetap dapat mewarnai rambut, cangkok rambut, atau menggunakan kondisioner. Akan tetapi, pastikan untuk membilasnya dengan bersih.
  7. Apabila setelah empat bulan setelah pemakaian rambut Anda tetap tidak mengalami kemajuan, sebaiknya hentikan sementara pemakaian minoxidil dan konsultasikan kepada dokter.

Efek Samping Minoxidil

Minoxidil adalah solusi pertumbuhan rambut cepat. Namun selayaknya obat-obatan kimia lainnya, efek samping minoxidil antara lain, 

  • Rambut Rontok 2-6 minggu setelah pengobatan
  • Iritasi atau kulit menjadi kering pada kulit kepala yang diolesi
  • Pembengkakan pada tangan & kaki
  • Jantung berdebar
  • Nyeri dada
  • Tumbuh rambut di wajah

Efek samping penggunaan minoxidil di atas bisa dikurangi dengan cara pemakaian sesuai dosis dan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan berkonsultasi dengan dokter.

Cara Pakai Minoxidil

Sebelum menggunakan obat minoxidil, ada baiknya baca terlebih dahulu aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat. Periksa lebih lanjut berapa dosis yang disarankan untuk dikonsumsi. Ada baiknya lagi jika konsultasi terlebh dahulu dengan dokter. Jangan sampai penggunaan dosis tidak sesuai dan justru menyebabkan efek samping lainnya. Secara umum, beginilah cara  menggunakan minoxidil.

  1. Sebelum menggunakan minoxidil, kulit kepala dan juga rambut harus dalam keadaan kering.
  2. Jika kulit kepala dan rambut sudah dalam kondisi kering, oleskan obat minoxidil sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Oleskan di area rambut yang sering rontok, botak, atau sudah menipis. Saat mengoleskan, lakukan dari dalam ke luar.
  3. Apabila obat sudah diterapkan, maka Anda tidak diperbolehkan untuk keramas dalam rentang waktu 4 jam.
  4. Jika sudah selesai mengaplikasikannya, bersihkan anggota tubuh Anda yang terkena minoxidil, misalnya telapak tangan dan sebagainya.
  5. Biarkan rambut kering secara alami. Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut yang telah diolesi minoxidil. Minoxidil akan mengering dengan sendirinya dalam rentang waktu 2 sampai 4 jam sesudah dioleskan.

Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menggunakannya secara teratur. Gunakan obat minoxidil dua kali sehari setiap pagi dan juga malam hari. Apabila Anda lepas dari penggunaan obat minoxidil, maka rambut Anda akan kembali seperti semula. Untuk penyimpanannya, jauhkan obat minoxidil dari panas dan juga api. Sebaiknya simpan obat ini di suhu dalam ruangan.


Referensi
  • Sinclair, Rodney D. Healthy Hair: What is it?. Journal of Investigative Dermatology Symposium Proceeding  No. 12 (2017):2-5. DOI: 10.1038/sj.jidsymp.5650046
  • Suchonwanit, Poonkiat, et. Al., Minoxidil and its use in hair disorders: a review. Drug Design Development and Therapy Vol.13 (2019): 2777-2786. DOI: 10.2147/DDDT.S214907
  • A Complete Guide to Minoxidil for Female Hair Loss. Hers. Available at: https://www.forhers.com/blog/minoxidil-for-female-hair-loss. Accessed December 20, 2019
  • How Long Before Minoxidil Starts Working?. Hims. Available at: https://www.forhims.com/blog/how-long-before-minoxidil-starts-working. Accessed December 20, 2019


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!