Rambut rontok?Β Klik disiniΒ untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Cara Mudah Mengatasi Rambut Lepek pada Pria

mengatasi rambut lepek pria
Priceza

Rambut yang rapi dan sehat adalah salah satu faktor yang mendukung rasa percaya diri bagi lelaki. Namun, kondisi rambut lepek tentu menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Kondisi ini bisa mengganggu rasa percaya diri pada pria maupun wanita.

Ada berbagai macam alasan rambut lepek pria seperti masalah hormon, sebum berlebih, konsumsi makanan tidak sehat, dan stress. Namun, masalah rambut lepek biasanya disebabkan oleh sampo, polusi, atau keringat. Nah, berikut ini lima cara mengatasi rambut lepek pria yang perlu kamu perhatikan.

Pilih sampo yang sesuai 

Perawatan rambut terpenting adalah menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut. Beberapa produk yang mengandung zat kimia berbahaya membuat rambut rapuh dan pecah. Terlalu sering menggunakan produk-produk ini akan merusak ketebalan rambut hingga menjadi permanen.

Selain itu, jangan terlalu sering mengganti sampo karena kandungan zat kimia berisiko merusak kulit kepala. Kamu bisa menggunakan produk shampo khusus Pria yang diformulasikan dengan bahan aktif berkualitas seperti Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil yang sudah terbukti mampu mendukung pertumbuhan rambut lebih sehat dan kuat.

Mencuci rambut secara rutin

Rambut lepek pria terjadi karena rambut yang berminyak. Ini mengakibatkan kulit kepala dan rambut yang tidak sehat. Kulit kepala yang berminyak dan jarang dicuci mengakibatkan kulit kepala berketombe, gatal, dan berkerak.

Oleh karena itu, cuci rambutmu secara rutin dengan menggunakan sampo yang sesuai dan jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih. Sisa busa sampo di rambut juga dapat mengakibatkan rambut lebih cepat berminyak dan lepek.

Selain itu, kurangi penggunaan produk styling rambut karena penggunaan produk yang berlebih bisa merusak kulit kepala. Jika kulit kepala rusak, rambutmu juga akan terpengaruh oleh masalah tersebut.

Cuci helm atau topi secara rutin

Penggunaan helm atau topi dalam periode waktu yang panjang bisa berdampak pada rambut lepek dan bahkan bau yang tidak sedap. Hal ini akan diperparah jika udara panas membuat kulit kepala lebih cepat berkeringat. Jika dibiarkan akan muncul bakteri rambut yaitu kutu.

Ini karena kulit kepala dan rambut yang ditutup dalam waktu lama mengakibatkan kulit kepala dan rambut tidak bisa bernapas. Keringat akan terus menempel pada kulit kepala dan rambut sehingga membuat busa helm lembab dan bau.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu rajin mencuci helm setidaknya sekali dalam satu minggu. Untuk perlindungan tambahan, kamu bisa menggunakan hair cap agar mencegah kontak langsung antara helm dan rambut.

Pastikan rambut kering

Setelah mencuci rambutmu, pastikan rambutmu benar-benar kering. Hindari tidur atau menutup rambut dalam kondisi basah saat menggunakan helm atau topi. Kulit kepala yang tertutup akan sulit mendapatkan udara sehingga rambut menjadi lepek.

Saat dikejar waktu, kamu sering kali terburu-buru sehingga tidak peduli dengan kondisi rambut lepek pria yang masih basah sehabis keramas. Rambut basah yang tertekan, ditutup, atau diikat ini tidaklah baik dan sehat, karena rambut tidak terkena udara.

Perbaiki kebiasaan ini untuk mengurangi kadar minyak di kulit kepala yang membuat helaian rambut menempel. Setelah keramas, angin-anginkan rambut sampai kering atau gunakan pengering rambut beberapa menit jika sedang terburu-buru.

Gunakan bedak bayi pada rambut

Menggunakan bedak bayi pada rambut lepek adalah trik umum yang sudah dilakukan wanita bertahun-tahun. Jangan salah, trik ini juga bisa digunakan pada rambut pria jika sedang dalam kondisi terdesak. Ya, demi penampilan yang lebih baik, tak ada salahnya dicoba β€˜kan? 

Bedak bayi terbukti ampuh menyerap kadar minyak pada kulit kepala. Cara penggunaannya cukup mudah. Cukup taburkan bedak bayi pada bagian rambut yang dirasa lepek secara merata, lalu tata rambutmu dengan sisir atau jari-jari tangan sesuai dengan gaya rambut yang diinginkan. Bedak bayi ini juga memberikan aroma harum pada rambut loh.

Saat kamu terpaksa menggunakan alternatif ini untuk mengatur rambut lepek pria, pastikan mencuci rambut hingga bersih. Ya, alternatif menggunakan bedak bayi tentu akan meninggalkan bekas pada kulit kepala. Jadi, pastikan untuk mencuci rambut dengan bersih setelahnya.

Merawat kulit kepala dan rambut lepek pria tetap sehat mungkin tidak mudah. Namun, penggunaan sampo yang sesuai akan tetap menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala tetap prima. Jadi, kamu sudah tidak perlu lagi mengalami rambut lepek dengan tetap tampil percaya diri setiap saat.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!