Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!
Sex

7 Cara Mencegah Disfungsi Ereksi Pada Pria Muda

disfungsi ereksi di usia muda
img-o.okeinfo. net

Disfungsi ereksi pada pria muda- Disfungsi ereksi atau yang sering juga dikenal dengan istilah impotensi adalah salah satu gangguan pada penis yang menyebabkan ketidakmampuan dalam mempertahankan ereksi ketika melakukan hubungan seksual. Disfungsi ereksi (DE) umumnya dialami oleh pria di usia lanjut atau sekitar 60 tahun ke atas. Akan tetapi, bukan tidak mungkin pula hal ini dapat terjadi pada pria yang masih berada dalam usia produktif atau muda.

Penyebab dari disfungsi ereksi sendiri bermacam hal, misalnya adalah pola hidup yang tidak sehat, gangguan psikologis atau stres, faktor hormonal, dan masih banyak lagi. Apabila salah satu hal tersebut masih Anda lakukan sebaiknya Anda segera mengatasinya. Akan tetapi, untuk mencegah disfungsi ereksi, sebaiknya Anda melakukan hal-hal sebagai berikut.

1. Menjaga Pola Makan

Cara pertama untuk mencegah disfungsi ereksi atau impotensi pada pria muda adalah dengan menjaga pola makan. Konsumsi makanan sehat pencegah impotensi seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, sayuran, anggur, dan ikan. Mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat mengganggu aliran darah Anda menuju penis. Selain itu, berdasarkan studi pada Massachusetts Male Aging, konsumsi daging meraholahan terlalu sering juga tidak baik. Pola makan yang tidak baik dapat memicu serangan jantung serta mengganggu peredaran darah pada pembuluh arteri. Profesor Urologi Klinis dan juga Direktur Program Kesehatan Seksual Pria di New York University Medical Center Langone mengatakan, hal-hal yang tidak baik bagi jantung seorang pria berarti tidak baik pula untuk penisnya.

2. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat memicu masalah kesehatan. Salah satunya adalah diabetes tipe 2. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada saraf yang juga mempengaruhi penis. Dalam sebuah studi dikatakan bahwa ukuran pinggang yang lebih dar 42 inch atau 106,6 cm pada pria lebih berisiko impotensi 50% jika dibandingkan dengan ukuran pinggang 32 inci atau 81cm.

3. Olahraga Secara Teratur

Cara mencegah disfungsi ereksi pada pria muda selanjutnya adalah dengan memiliki gaya hidup yang sehat, salah satunya dengan berolahraga secara rutin atau teratur. Olahraga untuk mencegah disfungsi ereksi antara lain, berlari, aerobik, atau berenang. Selain itu, berjalan 30 menit sehari juga dapat menurunkan DE hingga 41 persen.

Olahraga memang baik, akan tetapi sebaiknya Anda menghindari olahraga yang banyak memberikan tekanan berlebih pada daerah antara skrotum dan juga anus atau perineum. Misalnya adalah bersepeda. Apabila dalam jarak dekat mungkin memang tidak masalah. Akan tetapi, apabila bersepeda dalam jarak jauh dan dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda melakukannya dengan cara yang tepat. Misalnya, menggunakan celana yang empuk dan juga sering-sering berdiri ketika hendak mengayuh sepeda. 

4. Menjaga Tensi dan Kolesterol

Kadar kolesterol dan juga tekanan darah yang tinggi juga dapat menjadi pemicu disfungsi ereksi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, termasuk juga pembuluh darah yang bertugas mengalirkan darah menuju penis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kadar kolesterol dan juga tekanan darah Anda dengan selalu rutin melakukan check up atau pemeriksaan. Atau bisa juga Anda menggunakan alat yang dapat Anda gunakan secara mandiri di rumah yang sudah banyak dijual bebas.

5. Menjaga Kadar Testosteron

Hormon testosteron pada tubuh berfungsi untuk mengatur keinginan atau hasrat dalam berhubungan badan atau seks. Kurangnya hormon testosteron dapat mempengaruhi ereksi Anda. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kadar hormon testosteron agar tetap seimbang. Produksi hormon testosteron umumnya cenderung turun 1,3 persen setiap tahunnya ketika Anda mulai memasuki usia 40 tahun. Kemudian pada usia 50 tahun, produksi hormon testosteron akan merosot secara tajam. Bahkan pada pria sehat sekalipun, disfungsi ereksi dapat menyerang pria usia muda. Apabila Anda merasa memiliki gejala atau tanda-tanda seperti gairah seks yang menurun, kurangnya stamina, kemurungan, dan juga kesulitan mengambil keputusan, maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter. 

6. Kurangi atau Hindari Alkohol dan Rokok

Tips ini juga tidak lepas dari gaya hidup yang sehat, yaitu kurangi atau bahkan hindari mengkonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah yang besar atau berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Misalnya, kerusakan hati, saraf, dan kondisi tertentu yang dapat memicu disfungsi ereksi. Gaya hidup tidak sehat yang harus mulai Anda hindari adalah merokok. Nikotin yang merupakan kandungan pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga menggangu aliran darah menuju penis.

7. Hidup Bahagia

Salah satu faktor penyebab dar DE adalah kondisi psikologis atau kesehatan mental yang tidak baik misalnya, stres, depresi, PTSD, anxiety, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan otak adalah salah satu organ penting yang beperan dalam proses ereksi. Stres dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami kontraksi. Apabila kondisi mental Anda tidak baik maka hal tersebut dapat memicu DE. Oleh karena itu, hindari stress yang berlebih dan mulailah hidup bahagian mulai dar sekarang. Apabila Anda merasa tekanan psikologi yang Anda hadapi terlalu berat dan tidak mampu Anda tangani sendiri, ada baiknya Anda meminta bantuan psikolog atau psikiater. Demikianlah tips mencegah disfungsi ereksi pada pria muda. Hal tersebut cukup mudah untuk dilakukan bukan? Sebaiknya Anda tidak menganggap remeh masalah kesehatan. Oleh karena itu, rutin lakukan check up atau kontrol ke dokter. Karena bagaimanapun, lebih baik melakukan pencegahan terlebih dahulu daripada harus mengobati di kemudian hari.


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!