Rambut rontok? Klik disini untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak Muda

Makanan Sehat dan Bergizi

Penting bagi anak muda untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Karena di usia yang produktif ini, banyak waktu dan aktivitas yang membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Kamu tahu sendiri saat kita sakit, banyak hal dapat terbengkalai. Termasuk pekerjaan dan tanggung jawab kita, membuat khawatir orang-orang di sekitar kita, juga membuat waktu kita yang berharga dan dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih penting terpaksa dipakai untuk beristirahat total dan tidak melakukan apa-apa.

Ada banyak cara bagi anak muda untuk terus sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Berikut ada lima makanan sehat dan bergizi yang dapat kamu masukkan ke dalam daftar belanjaan untuk dikonsumsi sehari-hari.


1. Telur


Telur adalah salah satu makanan sehat dan bergizi yang paling populer dan dapat kamu masukan ke menu sehatmu. Walau sebelumnya telur sempat ‘dituduh’ sebagai makanan dengan kandungan kolesterol sangat tinggi, namun dalam studi terbaru justru menunjukkan bahwa telur benar-benar aman untuk dikonsumsi dan juga sehat.

Maria-Luz Fernandez seorang peneliti nutrisi dari Department of Nutritional Science, University of Connecticut Amerika Serikat ini adalah salah satu peneliti yang menunjukkan bahwa kandungan kolesterol pada telur masih pada level aman. Dalam risetnya, Fernandez juga menegaskan bahwa semata-mata menyalahkan konsumsi telur sebagai bagian dari diet sehat tanpa mempertimbangkan kondisi dan riwayat kesehatan individu tersebut adalah tidak benar. Telur justru berkontribusi baik dalam menjadi bagian dari menu makanan sehat dan bergizi kamu.


2. Tomat


Di antara kisruh perdebatan apakah tomat ini buah atau sayur, jawabannya seperti ini. Secara teknis fisik dan karakteristik biologinya, tomat termasuk buah. Namun penggunaannya sebagai bahan dasar untuk masakan sayur membuatnya dikenal sebagai sayur. Tidak ada yang salah, satu lagi yang tidak salah adalah tomat adalah makanan sehat dan bergizi yang bermanfaat bagi anak muda untuk menjaga pola makan sehat.

Tomat kaya akan nutrisi seperti potasium dan vitamin C. Tidak hanya nikmat disantap sebagai sayur, tomat juga sama nikmatnya disantap selayaknya buah. Manfaatnya yang baik bagi tubuh membuat tomat cocok menjadi salah satu menu sehat andalanmu.


3. Daging Ayam


Daging sudah terkenal sebagai bahan makanan yang akan kandungan protein. Salah satu yang dapat dimasukkan pada daftar menu makanan sehat dan bergizi milikmu adalah daging ayam. Terutama daging ayam bagian dada yang lebih rendah lemak dan rendah kalori. Namun kandungan protein pada daging ayam khususnya di bagian dada ini sangat tinggi. Cocok menjadi makanan dengan sumber nutrisi utama dalam konsumsimu sehari-hari.

Selain bagian dada, kamu juga dapat mengkonsumsi bagian lainya dari daging ayam ini. Termasuk mengkonsumsi bagian daging yang lebih banyak kandungan lemaknya daripada dada. Terutama saat menumu tidak memiliki banyak kandungan karbohidrat. Lemak ini dapat menjadi sumber energi pengganti.


4. Buah-Buahan


Tidak mungkin menyisihkan buah-buahan dari menu makanan sehat dan bergizi. Ada banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung pada buah-buahan, yang tentu saja memberikan banyak manfaat dalam menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Salah satu buah yang dapat kamu sertakan dalam menu makananmu adalah buah tropis yang sangat populer di Indonesia, yakni buah pepaya. Buah dengan kandungan antioksidan tinggi ini mampu mengatasi masalah peradangan pada tubuh yang kerap menjadi pemicu penyakit lain, sekaligus membuatmu jadi lebih muda karena mampu mengatasi kerusakan kulit.


5. Oatmeal


Makanan sehat dan bergizi untuk kamu yang terakhir adalah oatmeal. Makanan dengan bahan dasar gandum ini dijamin memiliki nutrisi tinggi dan populer di antara anak muda yang ingin tetap makan makanan sehat selama menjalankan program diet. Oatmeal juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dikenal dengan nama beta glucans sebagai sumber asupan karbohidrat dan energi bagi tubuh.

Mengkonsumsi oatmeal dapat membantu kamu mengurangi tingkat kolesterol. Ini berarti oatmeal adalah makanan yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Mencegah kamu mengalami gangguan jantung, yang sekarang adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Beta glucans yang dimiliki oatmeal inilah yang bertanggung jawab mengurangi kolesterol terutama yang terdapat pada darah.



Penyakit jantung ini juga dapat dipicu oleh kebiasaan merokok. Kamu dapat menjadi anak muda yang sehat yang tidak hanya mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta berolahraga, tetapi mulai untuk berhenti merokok. Kamu dapat beralih dengan mengkonsumsi nicotine gum yang diproduksi oleh Newman’s. Kandungan nikotin yang sangat rendah dapat membantumu menghilangkan rasa candu, sambil melatih pola hidup sehat.


Referensi
https://www.healthline.com/nutrition/50-super-healthy-foods
https://www.healthline.com/nutrition/11-most-nutrient-dense-foods-on-the-planet

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!