Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Kulit Terbakar Matahari Mempengaruhi Kesehatan Rambut

Kulit Terbakar Matahari
Photo by: Simon Migaj on Unsplash

Siapa yang tidak mau memiliki fisik yang sehat? Pastinya tidak ada yang satupun orang di dunia ini yang mau fisiknya mengalami masalah. Fisik yang sehat menjadi impian semua orang. Dengan fisik yang sehat, maka kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar. Masalah mobilitas tinggi pun tetap bisa dilakukan karena fisik kamu mampu menopang diri kamu. Ketika fisik kamu sehat, kamu juga pasti lebih semangat dalam menyongsong setiap kegiatan yang ada.

Hidup di kota besar seperti Jakarta pastinya membutuhkan fisik yang prima. Ada satu alasan lain yang sebenarnya sangat mempengaruhi kondisi fisik kamu dalam menjalani aktivitas yaitu udara yang ada. Ya, sebagai negara beriklim tropis, Indonesia terkenal dengan udaranya yang panas ditambah paparan sinar matahari yang bisa terus kamu rasakan sepanjang pagi hingga siang hari. Kalau kamu memang sering beraktivitas di ruang ruangan, maka kamu sudah pasti bisa merasakan panasnya udara di sini.

Sebenarnya sinar matahari memberikan dampak yang positif untuk kulit kamu. Mengapa bisa begitu? Ada beberapa alasannya:

  • Sinar matahari membuat kulit kamu memproduksi vitamin D yang sangat bagus untuk kondisi kulit.
  • Kamu bisa terhindari penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan kanker prostat.
  • Selain itu, sinar matahari yang tepat mengenai kulit kamu juga menurunkan tekanan darah kamu, memperkuat otot, dan membuat fungsi otak menjadi lebih baik serta berjalan lancar.

Dengan beberapa sisi positif dari sinar matahari, tentunya kamu harus memberikan asupan sinar matahari ke kulit kamu setiap harinya. Kamu hanya perlu waktu 10-15 menit per hari agar kulit kamu tetap sehat. Namun dalam praktiknya, sinar matahari yang bagus untuk kulit hanya pada saat pagi hari. Jika sudah memasuki siang hari, maka sinar matahari tersebut terhitung sebagai sinar yang jahat dan bisa merusak kulit kamu, termasuk kesehatan rambut.

Ya, kesehatan rambut kamu sangat terpengaruhi oleh paparan sinar matahari yang didapatkan. Apalagi ketika berbicara mengenai kulit kepala, maka bisa dibilang menjadi bagian yang paling mudah terkena paparan sinar matahari dibandingkan bagian tubuh kamu lainnya. Saat bagian tubuh lain masih bisa kamu tutupi dengan pakaian, tidak dengan kulit kepala. Paling hanya topi yang bisa menyelamatkan kulit kepala dari paparan sinar matahari yang terik dan pastinya tidak bagus untuk kesehatan rambut.

Selain itu, kulit bagian tubuh kamu lainnya sangat mudah untuk dilindungi dari sinar matahari dengan menggunakan sunblock, tapi tidak dengan kulit kepala. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana rambut kamu bisa rusak dan kulit kepala juga bisa kehilangan kesehatannya akibat sinar matahari. Bagi yang penasaran tentang isu ini, yuk simak penjelasannya di bawah ini.


Bagaimana Sinar Matahari Merusak Rambut dan Kulit Kepala?


Pertanyaan di atas sebenarnya banyak ditanyakan oleh orang-orang yang sudah mulai sadar kalau rambut mereka mulai mendapatkan masalah. Alasan utamanya adalah sebenarnya tidak banyak yang mengerti dan sadar bahwa ketika kulit kepala kamu terlalu sering terkena paparan sinar matahari yang terik, maka kulit kepala akan kehilangan kesehatannya.

Ditambah lagi, pola hidup yang tidak baik dan usaha yang minimal dalam menjaga kesehatan rambut akhirnya membuat rambut kamu menjadi rusak dengan sendirinya. Sebenarnya bagaimana bisa kulit terbakar matahari dapat merusak rambut dan kulit kepala? Ini jawabannya.

Ketika kulit terbakar matahari atau rambut yang sering terpapar sinar matahari menjadi tidak sehat (karena sudah memasuki waktu siang hari), secara perlahan-lahan, rambut kamu akan kehilangan minyak yang berguna untuk melindungi rambut dari kerusakan. Akhirnya rambut kamu mulai mengalami kerusakan yang sayangnya tidak bisa lagi dilindungi oleh minyak pelindung tersebut. Perlu kamu ketahui, minyak tersebut dihasilkan secara alami oleh rambut dan kulit kepala sendiri. Kamu tidak bisa menciptakan minyak pelindung tersebut sendirian.

Proses alami yang akhirnya tidak bisa menjaga rambut kamu ini memberikan dampak buruk untuk rambut kamu. rambut akan mulai terlihat kering dan mudah rontok. Masalah rambut rontok yang paling terasa karena efek kulit terbakar matahari ini. Selain itu, rambut kamu juga mulai menipis dengan sendirinya. Dampak buruk ini terjadi karena adanya senyawa superoksida yang menyebabkan folikel rambut kamu mengalami perubahan siklus. Dari yang awalnya berada di siklus pertumbuhan, akhirnya berubah ke masalah kerontokan rambut.

Biasanya rasa kulit terbakar matahari akan terasa ketika rambut kamu terkena paparan sinar matahari. Itulah pertanda dari awal kerontokan rambut yang mulai muncul. Ditambah lagi, siklus pertumbuhan rambut menjadi terhenti secara sementara. Akhirnya, rambut kamu mulai menipis, rontok, dan kebotakan dini mulai muncul. Gilanya lagi, sinar matahari hanya perlu waktu 15 menit secara konsisten untuk merusak kulit kepala kamu.

Kamu pastinya ingin menghindari masalah ini. Tenang saja karena ada jalan keluar yang bisa kamu dapatkan di sini.


Melindungi Rambut dan Kulit Kepala dari Sinar Matahari


Dengan masalah yang ada, kamu pastinya penasaran mencari jalan keluarnya. Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari yang jahat.

Pertama, kamu bisa menggunakan cara manual yang paling mudah yaitu menggunakan topi setiap berada di luar ruangan. Cara ini terhitung sangat mudah karena kamu tinggal membeli topi yang banyak dijual di pasaran. Namun sebenarnya rambut kamu juga tetap dalam kondisi berbahaya jika seharian memakai topi karena nantinya, rambut kamu terlalu panas saat menggunakan topi.

Selain menggunakan topi, ada cara lain yang lebih tepat dan sudah pasti membuat rambut kamu menjadi sehat secara menyeluruh. Kamu harus menggunakan produk perawatan rambut yang berkualitas. Saat ini memang banyak produk perawatan rambut yang dijual di pasaran, namun tidak semua memiliki bukti yang jelas seperti produk ini. Ya, jika kamu ingin mencari sampo yang mampu membuat rambut menjadi sehat, lebat, dan tidak mengalami satu masalah rambut apapun, seperti kerontokan dan kebotakan dini, maka kamu bisa menggunakan produk Daily Shampoo. Sebagai penyedia produk perawatan rambut pria yang fokus untuk menjaga rambut kamu dari masalah rambut yang serius,Β  sampo dari Newman’s ini memiliki kandungan zat-zat yang telah terbukti mampu melindungi pria dari masalah kerontokan rambut. Ini semua berkat zat-zat seperti Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil.

Dengan begitu, rambut kamu akan tetap terjaga kesehatannya sepanjang waktu dan kamu bisa segera menghilangkan masalah rambut rontok dan terus memberikan nutrisi paling tepat untuk rambut. Produk Daily Shampoo bisa kamu beli sekarang juga dengan harga yang terjangkau dan bisa kamu gunakan setiap hari. Kamu sekarang sudah tahu bagaimana mencari jalan keluar dari rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara terus menerus yang tentunya tidak baik untuk kesehatan rambut. Sebaiknya, kamu mulai jaga kesehatan rambut mulai sekarang agar tidak mengalami masalah-masalah lainnya yang mengganggu.


Referensi
https://www.capillus.com/blog/hair-loss-sun-damaging-your-hair
https://www.theactivetimes.com/healthy-living/15-health-benefits-sunshine

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!