Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!
Sex

Kiat Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Kesehatan Reproduksi
Photo by: Newman's

Mens sana in corpore sano: Di Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat. Itu adalah pepatah yang pastinya telah Anda ketahui sejak lama. Dengan tubuh yang sehat, maka jiwa yang kamu miliki pasti menjadi kuat. Pepatah ini tentunya perlu kamu miliki dan pahami dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sayangnya ketika membahas kesehatan, maka banyak orang yang tidak memikirkan hal itu. Apalagi untuk para pria. Ada satu bagian dalam tubuh kamu yang sebaiknya dijaga baik-baik, yaitu kesehatan reproduksi.

Kesehatan reproduksi pria pastinya sangat krusial. Ketika kesehatannya bagus, kamu tidak akan terkena masalah kesehatan yang mengganggu. Tidak dapat dipungkiri, kesehatan reproduksi itu sangat penting untuk dijaga. Ketika kamu tidak bisa menjaga kesehatan bagian tersebut, maka kamu akan merasa minder karena tidak dapat dipungkiri, bagian reproduksi pria itu menjadi satu pride tersendiri.

Ada beberapa penyakit berbahaya yang bisa menyerang kesehatan alat vital pria. Penyakit ini tentunya menjadi penyakit yang mengerikan jika terkena kepada diri kamu. Demi bisa mencegahnya, kamu harus tahu penyakit apa apa saja yang bisa menyerang sistem reproduksi kamu.


Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Disfungsi Ereksi

Penyakit pertama yang bisa menyerang reproduksi pria adalah disfungsi ereksi. Penyakit ini membuat alat vital pria tidak bisa ereksi dengan baik. Bahkan ketika baru ereksi, bisa langsung hilang lagi. Ada juga yang benar-benar tidak bisa ereksi. Menurut penelitian, 40% pria bisa terkena masalah ini.

Sebenarnya apa penyebab utama disfungsi ereksi?  Ketika alat pria mengalami ereksi, itu artinya kolom-kolom jaringan sepon di poros penis menjadi besar karena adanya darah yang mengalir. Namun ketika ada yang menghambat aliran darah itu di dalam penis, maka akan mengganggu proses ereksi. Selain itu, gairah seksual juga akan terganggu akibat penyakit ini. Akhirnya, pria yang terkena disfungsi ereksi tidak akan bisa mendapatkan ereksi yang diinginkan.

Jika kamu terkena disfungsi ereksi, kamu bisa membeli produk dari Newmans. Kami juga menyediakan konsultasi gratis agar kamu bisa mendapatkan jalan keluar yang sesuai dengan kondisi kamu.

  • Kanker Prostat

Selain disfungsi ereksi, penyakit lainnya yang berbahaya adalah kanker prostat. Bisa dibilang, penyakit ini jauh lebih berbahaya dibandingkan disfungsi ereksi. Siapa yang tidak takut dengan kanker? Apalagi jika penyakit ini menyerang alat vital pria. Pastinya jauh lebih menakutkan.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Mari membahas lebih dalam. Kelenjar prostat adalah organ yang terletak di panggul pria. Uretra akan melewati kelenjar prostat setelah meninggalkan kantung kemih lalu bisa mencapai penis. Fungsi utama dari prostat adalah melakukan sekresi zat-zat untuk menjadi air mani saat ejakulasi. Ketika prostat terkena kanker, maka proses yang seharusnya terjadi seperti yang dijelaskan tidak akan terjadi. Itulah mengapa kesehatan reproduksi menjadi rusak seketika.


Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria


Membaca tentang beberapa penyakit berbahaya yang bisa menyerang bagian reproduksi pria, pastinya mengerikan untuk kamu. Tidak ada yang mau terkena penyakit tersebut. Apalagi ketika menyerang bagian reproduksi. Kesehatan reproduksi memang harus dijaga sebaik mungkin oleh kamu.

Untungnya, ada beberapa kiat menjaga kesehatan reproduksi pria yang wajib kamu ketahui. Beberapa cara di bawah ini sebenarnya sangat mudah untuk kamu lakukan, tetapi komitmen itu perlu sekali dalam hal ini. Jika memang kamu ingin menghindari masalah berbahaya ini lebih jauh, kamu bisa mendapatkan informasi cara mencegahnya di bawah sini.


1. Jangan Merokok


Cara pertama dalam menjaga kesehatan reproduksi pria adalah berhenti merokok. Pastinya kamu sudah tahu bahwa kecanduan rokok akan membuat kamu bisa terkena risiko impotensi atau disfungsi ereksi. Maka dari itu, jika memang kamu memang seorang perokok dan tidak ingin terkena masalah kesehatan di bagian reproduksi, sebaiknya segera tinggalkan rokok. Jangan sampai terus menjadi pecandu rokok setiap harinya.

Memang, untuk bisa lepas dari rokok itu sulit. Dengan efek candu yang telah tertanam di tubuh kamu, kamu pasti tidak bisa secepat itu meninggalkan rokok. Namun kamu harus memiliki komitmen dalam hal ini. Jika memang kamu ingin terhindari dari penyakit-penyakit mematikan di atas, cobalah untuk kurangi jumlah rokok yang dihisap. Dari sana, maka secara perlahan-lahan kamu akan lepas dari rokok secara total.


2. Sering Olahraga


Selain jangan merokok, kamu juga wajib melakukan olahraga secara rutin. Tidak harus setiap hari berolahraga. Seminggu sekali saja cukup. Kamu bisa memilih beberapa olahraga, salah satunya di gym. Gym memiliki berbagai macam olahraga yang tepat. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kesukaan.

Selain untuk menghindari penyakit di reproduksi pria, olahraga juga sudah pasti membuat kamu lebih segar dan sehat. Aliran darah menjadi lebih lancar. Otot-otot kamu juga menjadi terlatih sehingga kamu terlihat bugar seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 7 Olahraga Mencegah Disfungsi Ereksi yang Bisa Dilakukan di Rumah


3. Konsumsi Makanan Sehat


Mengonsumsi makanan sehat menjadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar kesehatan reproduksi terjaga. Kamu sebaiknya makanan dengan nutrisi yang tinggi, lemak yang rendah, sambil dibarengi dengan olahraga. Dengan melakukan semua hal itu, sistem reproduksi kamu akan bekerja secara maksimal.

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu jangan lupa untuk minum air putih yang mencukupi. Ketika ginjal kamu berusaha mengeluarkan racun yang ada di tubuh melalui urine, maka air yang kamu minum akan digunakan sebagai medium untuk membuang racun. Warna urine yang menandakan kamu sehat itu berwana bening dan tidak berbau. Dikeluarkannya pun juga medah. Namun ketika kamu kekurangan air putih, maka ginjal kamu akan bekerja lebih keras dan itu bisa membuat munculnya batu ginjal yang berbahaya.


4. Jaga Kesejukan Alat Kelamin

Langkah selanjutnya dalam menjaga kesehatan reproduksi pria adalah menjaga kesejukan alat kelamin kamu. Ketika kamu tinggal di negara tropis di Indonesia, maka udara yang panas menjadi hal yang lumrah. Sayangnya itu memiliki arti bahwa kondisi alat kelamin kamu bisa lebih gampang untuk keringetan.

Ketika berkeringat, maka alat kelamin bisa lebih mudah untuk terkena penyakit kulit seperti jamuran. Bagaimana cara menjaga kesehatan alat kelamin? Sebaiknya kamu sering mencuci alat kelamin secara konsisten setiap hari. Kamu bisa mencucinya ketika mandi, baru berpergian, dan ketika ada waktu untuk mencucinya. D

Dengan sering mencuci alat kelamin kamu secara konsiten, kamu bisa membersihkannya dari kotoran serta jamur. Akhirnya, kesehatan alat kelamin kamu menjadi lebih terjaga. Selain itu, kamu juga harus sering mengganti pakaian dalam. Hal ini sering tidak dilakukan oleh orang karena menurut mereka, pakaian dalamnya masih bersih. Padahal dengan kondisi negara tropis seperti Indonesia, pakaian dalam lebih cepat kotor, walaupun menggunakan bahan yang menyerap keringat. Jadi, jangan lupa untuk ganti pakaian dalam secara rutin ya.

Itulah kiat menjaga kesehatan reproduksi pria. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk mau, para pria yang ingin menjaga kesehatan reproduksi dengan lebih baik dan sesuai saran dari dunia medis.


Referensi
https://prostatecancer911.com/five-tips-to-keep-the-male-reproductive-system-healthy/
https://www.ck12.org/book/ck-12-human-biology/section/20.5/

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!