Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Kecanduan Nikotin? Ini Efek Berbahaya Bagi Tubuh Anda!

akibat kecanduan nikotin bagi tubuh
smartdrugsmarts

Kecanduan nikotin adalah salah satu kondisi ketika seseorang mengalami ketegantungan terhadap nikotin yang terdapat pada rokok. Nikotin adalah salah satu kandungan rokok yang bersifat adiktif. Konsumsi nikotin dapat menyebabkan penggunanya kecanduan dan ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Nikotin biasanya ditemukan pada tembakau rokok. Ketika merokok, otak akan melepaskan sebuah zat kimia yang memberikan perasaan bahagia pada pengguna, yaitu dopamin. Hal inilah yang menyebabkan seseorang cenderung merasa bahagia ketika sedang merokok.

Kecanduan akan nikotin bisa terjadi dalam tiga hal, yakni kecanduan fisik, kecanduan mental, dan juga kecanduan perilaku. Pada kecanduan fisik, seseorang akan menginginkan untuk mengkonsumsi zat tersebut secara terus-menerus. Sedangkan kecanduan mental akan membuat seseorang tersebut menginginkan kembali efek yang dirasakan setelah mengkonsumsinya. Terakhir adalah kecanduan perilaku. Kecanduan perilaku akan membuat seseorang tergantung dengan perilaku penggunaan obat tersebut dan pada tahap yang lebih lanjut dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

Bahaya Komplikasi Kecanduan Nikotin

Sifatnya yang adiktif secara fisik, mental, dan juga perilaku tersebutlah yang membuat nikotin sulit sekali untuk dilepas ketika sudah mengkonsumsinya. Mengkonsumsi nikotin sendiri adalah salah satu gaya hidup yang dianggap tidak sehat, karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

1. Diabetes

Merokok atau kecanduan nikotin dapat memicu datangnya penyakit diabetes tipe 2 serta memicu datangnya komplikasi seperti gagal ginjal. Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan kerusakan pada saraf serta mempengaruhi kinerja penis dan memicu timbulnya penyakit disfungsi ereksi.

2. Masalah Mata

Masalah kesehatan lainnya yang dapat timbul karena kecanduan nikotin adalah masalah mata, Masalah mata yang dapat timbul antara lain adalah katarak. Dalam kasus yang lebih parah, Anda dapat kehilangan penglihatan yang dikarenakan oleh penyakit degenarasi makula.

3. Penyakit Jantung Serta Pembuluh Darah

Resiko lainnya dari kecanduan nikotin adalah timbulnya masalah atau penyakit pada jantung serta pembuluh darah, misalnya serangan jantung, gagal jantung, ataupun stroke. 

4. Berbagai Kanker

Tiga puluh persen penyebab kematian pada kanker adalah merokok. Kandungan nikotin pada rokok dapat memicu timbulnya berbagai macam kanker pada tubuh, misalnya kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker laring, kanker faring, kanker kandung kemih, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker serviks, dan kanker darah.

5. Kanker Paru-Paru

Selain berbagai jenis kanker di atas, merokok juga dapat memicu timbulnya kanker paru-paru. Setidaknya sembilan dan sepuluh kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. Selain kanker paru-paru, merokok juga menyebabkan PPOK (Paru Obstruktif Kronis) serta memperburuk penyakit asma.

6. Infertilitas dan Impotensi

Bahaya Komplikasi Kecanduan Nikotin lainnya adalah infertitas dan impotensi. Kandungan nikotin pada rokok dapat memperbesar resiko kemandulan pada perempuan dan menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi (DE) atau impotensi pada pria. Nikotin yang terkandung pada rokok dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga menggangu aliran darah menuju penis.

7. Komplikasi Kehamilan serta Kelahiran

Apabila Anda seorang wanita dan kecanduan nikotin, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya komplikasi kehamilan maupun kelahiran Anda. Tidak hanya Anda, bayi Anda juga akan mendapatkan pengaruh dari kecanduan nikotin ini. Pada wanita hamil, nikotin dapat menyebabkan keguguran, kelahiran yang prematur, bayi dengan berat badan yang rendah, serta yang paling fatal adalah kematian pada sang bayi.

8. Penampilan Fisik yang Semakin Buruk

Tidak hanya buruk untuk kesehatan Anda. Efek dari merokok atau kecanduan nikotin juga dapat mempengaruhi penampilan Anda. Perokok, cenderung memiliki gigi yang kuning serta kulit yang tampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh racun kimia yang terdapat pada rokok atau nikotin.

9. Membahayakan Orang Di Sekeliling

Merokok tidak hanya membahayakan untuk Anda, namun juga orang-orang di sekililing Anda. Dalam hal ini dikenal dua tipe perokok, yaitu perokok aktif dan pasif. Perokok aktif adalah dia yang merokok secara langsung, sedangkan perokok pasif adalah orang-orang di sekitar perokok aktif yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok yang berasal dari perokok aktif. Perokok pasif atau orang-orang yang berada di sekitar perokok aktif, cenderung memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit jantung serta kanker paru-paru yang lebih besar jika dibandingkan dengan orang-orang yang jauh dari para perokok aktif.

Gejala Kecanduan Nikotin

Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok atau kecanduan nikotin, sebaiknya Anda menjauhi kebiasaan gaya hidup tidak sehat ini. Apalagi, jika Anda sudah merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini.

1.Tidak dapat berhenti merokok

Penderita yang sudah kecanduan rokok biasanya akan merasa kesulitan untuk berhenti dari kebiasaan tersebut meskipun sudah berusaha keras untuk menghentikannya.

2. Tetap merokok meskipun sedang sakit

Anda sudah benar-benar kecanduan nikotin apabila Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan merokok tersebut, bahkan ketika Anda dalam kondisi sakit yang cukup parah.

3. Suasana hati yang mudah memburuk

Gejala yang sering muncul pada pecandu rokok biasanya adalah perubahan emosi yang tidak stabil. Umumya, pecandu nikotin akan merasa cemas, frustasi, mudah marah, diare, gelisah, sulit konsentrasi, konstipasi, ataupun depresi ketika berhenti atau sedang mencoba berhenti merokok. 

4. Menjauhi tempat bebas rokok

Pecandu rokok, biasanya akan menghindari tempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk merokok atau dapat mengganggu aktivitas merokoknya. Hal ini dikarenakan pecandu tidak dapat meninggalkan kebiasaan merokoknya tersebut.

Demikianlah bahaya serta gejala kecanduan nikotin. Apabila saat ini Anda tengah kecanduan nikotin, sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi nicotine gum. Untuk konsumsi obat ini, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!