Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

9 Kandungan Rokok yang Mematikan

Kandungan Rokok
Photo by: Mathew MacQuarrie on Unsplash

Siapa yang tidak kenal dengan benda bernama rokok? Pastinya semua orang tahu apa itu rokok. Dari usia tua hingga muda, pernah melihat orang merokok dan tahu bagaimana bentuk rokok. Sebagai sebuah benda yang banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia, rokok menjadi satu benda adiktif yang sulit dilepaskan. Padahal alasan utama kenapa rokok itu bisa menjadi adiktif atau candu adalah kandungan rokok di dalamnya.

Kandungan rokok sebenarnya tidak hanya ada beberapa. Dalam penelitian yang telah dijalankan, sebenarnya ada lebih dari 600 bahan yang ada di dalam rokok. Dari tembakau sebagai produk utama, akhirnya bisa menjadi rokok yang sering dibeli oleh banyak orang dengan harga yang terhitung terjangkau.

Namun berbicara mengenai rokok tidak hanya tentang apa saja kandungan di dalamnya, namun juga bagaimana produksi dari 600 lebih bahan tersebut yang bekerja dengan dibakar lalu berkombinasi menjadi 7.000 zat yang ada di dalam asapnya. Itulah mengapa sebenarnya rokok sangat berbahaya. Tidak hanya merusak kesehatan kamu, tetapi juga membicarakan ekonomi yang harus membeli rokok tersebut setiap harinya.

Berbicara mengenai penyakit yang bisa disebabkan kebiasaan merokok, tentunya sangat banyak. Namun yang paling berbahaya serta sangat riskan menyerang tubuh perokok adalah kanker paru-paru dan penyakit lainnya seperti impotensi dan keguguran jika ibu hamil tetap memutuskan merokok. Gilanya lagi, tidak hanya perokok aktif yang bisa terkena penyakit tersebut, tetapi perokok pasif juga bisa mengidap penyakit tersebut. Ketika perokok pasif sering berada di antara lingkungan perokok, maka penyakit berbahaya itu telah mengintai mereka.

Dengan banyaknya penelitian yang telah membahas bahaya dari rokok, tetap saja masih banyak yang memutuskan untuk menjadi perokok. Padahal kandungan rokok itu sendiri sudah sangat berbahaya. Bagi yang belum tahu tentang apa saja kandungan rokok yang mematikan, kami akan membahasnya secara lengkap di bawah ini. Sebenarnya bahan rokok itu sangatlah banyak, lebih dari 600 bahan, namun yang akan dibahas di sini lebih kepada bahan rokok yang sebenarnya juga sering digunakan untuk produk lainnya. Informasi yang kami berikan berikut ini semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kamu.


1. Karbon Monoksida


Ketika berbicara kandungan rokok, maka kita berbicara tentang karbon monoksida. Ya, salah satu kandungan dalam rokok adalah karbon monoksida. Sebenarnya senyawa dalam bentuk gas ini sama sekali tidak memiliki rasa atau banyak. Namun ketika sering dihirup, itu sangat berbahaya untuk kesehatan kamu. Mengapa bisa begitu? Apakah kamu sadar bahwa karbon monoksida itu biasa dihasilkan asap knalpot kendaraan bermotor? Itu juga yang sebenarnya ada di dalam rokok. Ketika sudah sering masuk ke dalam tubuh, maka fungsi otot dan jantung dipastikan menurun. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit paru-paru mengintai para perokok.


2. Nikotin


Salah satu yang membuat perokok kecanduan adalah nikotin. Kecanduan nikotin memiliki efek seperti opium dan morfin itu memang datang dari nikotin yang biasanya juga dipakai juga dalam insektisida. Namun efek yang sebenarnya membuat para perokok tetap mengonsumsinya adalah efek menyenangkan dan menenangkan. Itulah mengapa efek bahaya nikotin seperti bisa merusak sistem saraf tidak dipikirkan para perokok.


3. Tar


Tar juga menjadi bagian penting dalam rokok, sama seperti nikotin. Ketika tar sering terhirup oleh perokok, maka akan segera mengendap di paru-paru. Kamu pasti sudah tahu bahwa salah satu efek samping rokok adalah kanker paru-paru. Nah, tar adalah penyebab utama dari penyakit mematikan tersebut. Selain itu, gigi yang menguning juga disebabkan tar. Padahal tar sebenarnya juga digunakan di dalam bahan untuk pengaspalan jalan.


4. Hidrogen Sianida


Sianida adalah bahan yang sangat mematikan. Kamu sudah pasti pernah mendengar tentang bahan ini. Ketika kamu mengonsumsi bahan ini, maka kamu akan segera meninggal. Betapa bahayanya kandungan ini. Namun apakah kamu tahu bahwa hidrogen sianida juga ada di dalam rokok? Ketika sering mengonsumsi rokok, maka hidrogen sianida akan melemahkan sistem paru-paru kamu. Padahal kandungan ini biasa ditemukan dalam industri plastik, kertas, dan untuk membasmi hama.


5. Benzena


Benzena adalah kandungan rokok yang biasanya berbentuk residu dari pembakaran rokok. Ketika kamu sering terkena paparan benzena, maka itu bisa menyebabkan penyakit anemia dan pendarahan. Bahkan leukimia juga bisa terkena karena benzena memang merusak sel darah putih sekaligus menurunkan jumlah sel darah merah. Padahal apakah kamu bahwa benzena itu biasanya ada di dalam kandungan karet dan bensin?


6. Formaldehida


Selain benzena, formaldehida juga merupakan bagian dalam residu pembakaran  rokok. Efek jangka panjangnya pun juga berbahaya. Kamu bisa terkena risiko kanker nasofaring dan menyebabkan iritasi di mata, tenggorokan, serta hidung. Formaldehida biasanya ditemukan dalam kandungan balsem.


7. Arsenik


Jika kamu berpikir sianida itu sudah mematikan, maka kamu perlu tahu bahwa di dalam rokok juga terkandung arsenik. Arsenik adalah golongan pertama karsinogen yang bisa menyebabkan kanker kulit, kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker saluran kemih, hingga kanker hati. Di luar penggunaannya dalam rokok, arsenik biasanya ditemukan dalam pestisida dan racun tikus. Kamu bisa membayangkan sendiri betapa bahayanya kandungan ini jika kamu konsumsi selama terus menerus.


8. Kadmium


Kadmium adalah kandungan rokok yang biasanya ada di dalam asap rokok. Kamu pasti tahu bahwa asap rokok yang masuk ke dalam paru-paru itu tidak semuanya bisa dikeluarkan. Ketika mengendap terus di dalam paru-paru hingga terserap, maka akan ada efek samping yang mematikan seperti gagal ginjal dan kanker. Efek samping yang lebih kecil biasanya seperti kejang dan kram otot. Kadmium sendiri juga ada dalam baterai yang tentunya bukan untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup apapun.


9. Amonia


Amonia adalah kandungan dalam rokok yang sebenarnya ada di dalam cairan pembersih rumah, seperti pembersih lantai. Berbentuk gas beracun serta tidak berbau tajam, amonia digunakan di dalam industri rokok untuk meningkatkan efek candu yang sebenarnya sudah bisa dipenuhi nikotin. Namun agar bisa memiliki efek candu yang lebih besar, maka digunakanlah amonia. Ketika sering terkena paparan amonia, penyakit berbahaya seperti kanker tenggorokan hingga pneumonia bisa menyerang tubuh kamu.

Itulah barisan kandungan rokok yang mematikan dan perlu kamu ketahui. Mengerikan, bukan? Maka dari itu, sebaiknya kamu segera menghentikan konsumsi rokok. Jika kamu memang ingin lepas dari rokok, kamu bisa menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya tentu saja menghentikan penggunaan rokok. Ketika kamu bisa berhenti dari mengonsumsi rokok, kamu akan merasakan berbagai macam efek positif yang pastinya membuat hidup menjadi lancar. Selain itu, kamu pastinya tidak ingin terkena barisan penyakit yang telah dituliskan di atas. Semoga informasi yang diberikan ini bisa menjadi alasan kuat bagi kamu untuk lepas dari efek candu rokok yang mematikan.


Referensi
https://www.lung.org/stop-smoking/smoking-facts/whats-in-a-cigarette.html

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!