Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Berapa Banyak Jumlah Rambut Rontok yang Masih Normal?

Jumlah Rambut Rontok Normal

Fenomena rambut rontok merupakan fenomena umum yang sering terjadi. Baik wanita maupun pria, tua maupun muda umumnya mengalami fenomena rontok rambut setiap hari. Kerontokan rambut, dapat disebabkan berbagai hal. Misalnya rambut yang kekurangan vitamin, rambut kering, rambut yang terlalu lama atau sering terpapar sinar matahari hingga bahan-bahan kimia seperti bleaching, cat rambut dan juga tidak cocok shampoo dapat menyebabkan kerontokan.


Jumlah Rambut Rontok Normal


Rata-rata orang kehilangan rambut mereka sekitar 50-100 helai per hari, itu termasuk normal. Akan tetapi, pada kasus sejumlah pria, kebotakan lebih sering terjadi. Pria rata-rata mulai mendapati kebotakan yang mereka alami di usia 35 tahun. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa rata-rata pria yang mengalami kebotakan dipengaruhi oleh faktor genetik yang di dapat mereka dari orang tua mereka. 

Gen dapat memengaruhi seberapa sensitif folikel rambut terhadap hormon yang disebut DHT, yang membuatnya menyusut. Hormon DHT atau kepanjangannya Dihydrotestosterone adalah hormon androgen, atau hormon yang memicu perkembangan karakteristik pria. Hormon inilah yang membawa ciri-ciri fisik pria seperti janggut, rambut di dada dan suara yang berat. Ketika hormon DHT semakin kecil, rambut yang tumbuh kembali cenderung lebih halus, lebih tipis, dan lebih pendek. Akhirnya, dibutuhkan waktu lebih lama bagi rambut untuk tumbuh kembali. Kemudian, folikel akan menyusut sehingga tidak ada rambut yang tumbuh sama sekali.

Kebotakan pola pria terlihat dalam bentuk garis rambut surut dengan helai yang menipis di sekitar mahkota atau pucuk kepala. Seiring waktu, area itu akan botak, tetapi masih memiliki pola rambut tapal kuda di atas telinga Kamu yang berputar ke bagian bawah kepala. Pattern atau corak ini biasa disebut kebotakan U.

Jenis rambut rontok lainnya cenderung terjadi lebih cepat daripada kebotakan pola U pada pria. Bintik kebotakan atau alopecia areata, membuat rambut rontok dengan halus, bercak bundar, tetapi biasanya tumbuh kembali. Kondisi ini adalah jenis penyakit autoimun, yang berarti tubuh kamu menyerang dirinya sendiri. Dalam hal ini, itu menghancurkan rambut kamu. Bekas luka alopecia adalah penyakit langka yang menghancurkan folikel rambut Kamu dan membuat jaringan parut terbentuk di tempatnya. Rambut tidak akan tumbuh kembali.

Selain bawaan genetik, terdapat penyebab kerontokan lain pada rambut pria. Penyebab itu adalah:

  • Penyakit seperti anemia atau masalah tiroid
  • Perawatan radiasi atau kemoterapi
  • Obat-obatan, seperti pengencer darah, vitamin A dosis tinggi, dan steroid yang digunakan beberapa pria untuk membantu membangun otot, yang disebut steroid anabolik
  • Infeksi kulit kepala
  • Masalah dengan diet. Terlalu sedikit zat besi atau terlalu banyak vitamin A dapat memicu terjadinya kerontokan rambut
  • Stress
  • Gaya rambut stagnan seperti kuncir kuda yang ketat, cornrows, atau kepang selama bertahun-tahun.

Pada kasus kebotakan yang terjadi karena disebabkan masalah di atas, biasanya akan tumbuh kembali selama kamu berhasil mengetahui apa penyebab yang membuat rambut kamu rontok. Kebotakan pola pria pada umumnya bukan merupakan tanda masalah medis yang serius, tapi dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi lain termasuk penyakit jantung koroner, pembesaran prostat atau kanker prostat, diabetes, obesitas  dan tekanan darah tinggi.

Beberapa upaya yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rambut rontok diantaranya:

  • Berhenti Merokok

    Rokok dikenal sebagai zat adiktif yang membawa banyak penyakit seperti stroke, jantung, paru-paru, kanker dan hipertensi. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa rokok juga dapat menyebabkan kebotakan. Hal ini dikarenakan nikotin menyebabkan pembuluh darah mengerut sehingga darah akan menjadi sulit untuk bergerak dari arteri.

    Selain itu, merokok juga menghasilkan karbon monoksida yang menghambat kapasitas darah untuk membawah oksigen. Kedua hal tersebut yang membuat oksigen tidak sampai ke jaringan rambut sehingga rambut tidak mendapat cukup nutrisi dan akhirnya rontok.
  • Perawatan Pada Kulit Kepala

    Perawatan pada kulit kepala ibaratnya kamu menjaga tanah yang subur agar tanaman-tanaman dapat tumbuh. Menjaga kesehatan kulit kepala sangat mudah dilakukan. Diantaranya adalah creambath. Ketika creambath, kamu dianjurkan untuk memijat kulit kepala kamu secar perlahan. Memijat kulit kepala dapat membuat aliran darah di kepala menjadi lancar dan pori-pori kepala akan menyerap vitamin dari produk creambath yang kamu gunakan. Kulit kepala kemudian dapat mengalirkan vitamin-vitamin tersebut kepada akar dan batang rambut kamu sehingga rambut kamu menjadi kuat dan tidak mudah rontok.
  • Diet Seimbang

    Melakukan diet seimbang sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Selama diet kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan rambut seperti lidah buaya, telur, salmon, wortel, bayam dan biji-bijian. Pada saat diet, jangan sampai kamu kekurangan zat besi atau terlalu banyak mengonsumsi vitamin A karena akan mengganggu kesehatan rambut kamu. Hindari makanan penyebab rambut rontok
  • Gunakan Minyak Kemiri

    Untuk menjaga kesuburan rambut, kamu dapat mencoba minyak kemiri sebagai tonik rambut agar rambut kamu tetap sehat dan terawat. Minyak kemiri dikenal sebagai bahan alami yang dapat menyehatkan rambut. Minyak kemiri sangat ampuh untuk menumbuhkan kembali rambut-rambut yang rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut kamu. Dikarenakan minyak kemiri sangat alami, kamu dapat menggunakannya untuk rambut-rambut lain seperti alis ataupun bulu mata.

    Cara mendapatkan minyak kemiri cukup mudah, kamu dapat mendapatkannya di toko-toko dengan harga yang terjangkau. Minyak kemiri juga dapat membuat rambut kamu terbebas dari rambut kering. Minyak kemiri memberikan rambut kamu kelembaban, sehingga rambut kamu terhindar dari patah-patah. Kelembaban yang baik juga dapat mencegah kulit kepala kamu dari ketombe.

    Kamu dapat menggunakan minyak kemiri sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Dikarenakan teksturnya yang berminyak, disarankan untuk memakai minyak kemiri ketika kamu sedang berada dirumah dan tidak dalam kondisi bekerja. Kamu bisa langsung mengoleskan minyak kemiri pada rambut, dimulai dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Kamu dapat menggunakan tangan atau menggunakan sisir untuk merapihkan minyak agar merata. Diamkan selama 30 atau satu jam agar minyak meresap kedalam rambut. Selama menunggu, kamu dapat memijat pelan kulit kepala kamu dan juga batang rambut agar lebih cepat diserap.

    Hasil yang bisa kamu lihat setelah pemakaian minyak kemiri tidak begitu lama, sekitar satu minggu kamu sudah dapat melihat rambut-rambut kecil yang mulai tumbuh.
  • Lakukan Medical Check-up

    Selain melakukan perawatan rambut, kamu juga dianjurkan untuk melakukan medical check-up. Medical check-up dapat membuat kamu lebih aware terhadap kesehatan kamu. Beberapa penyakit dapat menyebabkan kerontokan rambut. Penyakit tersebut diantaranya adalah tiroid, gangguan kulit, anemia dan juga kekurangan gizi.


Itulah tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat kesehatan rambut kamu. Bila kamu masih mengalami kerontokan sekitar lebih seratus helai per hari, kamu dianjurkan untuk mengkonsultasikan masalah kamu kepada dokter.


Referensi
-https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/men-hair-loss-17/male-pattern-baldness
-https://www.healthline.com/health/hair-loss-treatments-for-men#lifestyle-changes


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!