Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Jenis-Jenis Rambut Pria dan Cara Merawatnya

Jenis Rambut Pria
Photo by: Gift Habeshaw on Unsplash

Saat ini merawat diri sendiri tidak hanya sering dilakukan oleh para wanita, tetapi kaum pria pun sudah mulai mau merawat diri secara lebih serius. Terlihat dari barisan produk perawatan diri khusus pria yang tersebar di pasaran. Selain itu, pria juga mulai sadar dalam menggunakan produk yang lebih handal untuk membuat sektor wajah dan rambut menjadi lebih sehat, dibandingkan hanya membeli produk-produk yang standar dari segi khasiatnya. Berbicara mengenai rambut, pastinya ada berbagai jenis rambut pria yang saat ini ada. Jenis rambut ini biasanya muncul bukan karena dibentuk sedemikian rupa oleh masing-masing individu, tapi bawaan lahir.

Dalam kenyataannya, ada tiga jenis rambut pria yang lazim terdapat di Indonesia. Pertama, ada rambut lurus, lalu rambut ikal atau bergelombang, dan keriting. Ketiganya memiliki tampilan yang berbeda-beda dan memiliki cara tersendiri agar bisa diubah gaya rambutnya agar terlihat lebih keren. Tidak bisa gaya rambut lurus diaplikasikan ke rambut keriting, atau gaya rambut ikal untuk rambut keriting. Masing-masing perlu perlakuan gaya yang berbeda.

Untungnya dengan kemajuan zaman pada saat ini, para pemilik rambut ikal dan keriting lebih mudah dalam menemukan cara merawat rambut mereka. Tidak dapat dipungkiri, kedua jenis rambut ini lebih sulit untuk dirawat. Belum lagi termasuk sebagai jenis rambut yang sulit untuk diubah dari segi gaya rambut. Inilah yang akhirnya membuat banyak orang dengan rambut ikal dan keriting mencoba meluruskan rambut mereka.

Selain persoalan memilih gaya rambut, tiga jenis rambut pria ini juga memerlukan cara perawatan yang berbeda. Jika salah dari segi perawatan, bukannya mendapatkan rambut yang sehat, malah bisa mendapatkan masalah rambut seperti kerontokan, rambut kering, hingga kebotakan dini.

Agar kamu tahu apa saja jenis rambut pria sekaligus cara merawatnya, di bawah ini akan diberikan seluruh informasi tersebut untuk kamu. Selain itu, kamu juga akan diberitahu produk yang paling tepat di dalam menjaga kesehatan rambut dan membuat masalah rambut seperti kerontokan bisa sembuh dengan segera.


Rambut Lurus


Sesuai namanya, rambut lurus sangat mudah terlihat secara kasat mata. Pria yang memiliki rambut lurus tidak memiliki masalah rambut yang bergelombang dan semacamnya. Namun untuk kondisi rambut lurus, ada perbedaannya juga. Ada yang lembut, kasar, tipis, hingga tebal. Namun tetap saja tidak ada rambut bergelombang di tipe rambut lurus.

Permasalahan utama dari rambut lurus itu adalah rambut berminyak. Ketika rambut berminyak, maka penampilan kamu menjadi kurang oke dan tidak sedap dipandang mata. Apalagi rambut menjadi bagian yang sangat mudah untuk dilihat oleh orang lain.

Dalam merawat rambut lurus sebenarnya cukup mudah saja. Dengan kondisi yang sudah lurus, sudah pasti jenis rambut ini mudah diatur dibandingkan dua jenis rambut lainnya. Namun agar bisa mudah diatur, maka perlu vitamin rambut yang tepat. Selain itu, hindari sampo yang memiliki kandungan minyak karena akan membuat rambut lurus menjadi lebih berminyak lagi.

Memiliki rambut lurus di antara kalangan pria termasuk beruntung. Kebanyakan pria memiliki rambut ikal atau keriting. Maka jangan sampai kamu menyia-nyiakan rambut lurus kamu tanpa melakukan perawatan yang tepat. Daripada terkena masalah rambut berminyak, kerontokan, rambut kering, hingga kebotakan dini, yuk rawat rambut lurus kamu sejak dini agar terhindar dari masalah-masalah tersebut.


Rambut Ikal


Dari tiga jenis rambut pria yang ada di artikel ini, bisa dibilang rambut ikal atau bergelombang menjadi jenis rambut yang paling banyak dimiliki. Apalagi di Indonesia. Banyak pria yang memiliki model rambut ikal. Untuk rambut ikal, tipe rambutnya sudah pasti sedikit berubah di setiap ujung rambut. Ketika awal helai rambut terhitung lurus, semakin ke luar, maka semakin ikal atau bergelombang. Hal inilah yang membuat tampilan rambut ini menjadi lebih mencolok.

Memang ada kekurangan dari gaya rambut ini. Gelombang rambut yang ada di ujung rambut terkadang tidak beraturan. Dengan kondisi ini, maka jika tidak diatur dengan baik, rambut ikal akan terlihat berantakan dan seperti tidak diurus atau dirawat. Tentu saja kamu harus menghindari hal seperti ini jika rambut kamu memang ikal.

Kebanyakan pria dengan rambut ikal sengaja menjaga panjang rambut mereka. Daripada terlalu panjang sehingga terlihat berantakan, maka mereka lebih sering potong pendek dan melakukan potong rambut secara berkala, seperti 2 bulan sekali.

Sebenarnya rambut ikal juga memiliki beberapa tingkat ikal atau gelombang. Ada yang masih sedikit ikal, lumayan ikal, hingga yang sangat ikal tapi bukan termasuk tipe rambut keriting. Untuk tingkat sangat ikal, biasanya memiliki bentuk rambut menyerupai huruf S di setiap ujung rambut. Dari semuanya, tingkat sangat ikal yang paling mudah terlihat berantakan. Maka dari itu, jika memang rambut kamu terlihat menyerupai huruf S, sebaiknya jangan terlalu dibiarkan panjang. Nanti rambut kamu terlihat terlalu berantakan dan tidak baik untuk penampilan kamu sehari-hari.

Cara perawatan rambut ikal sebenarnya mudah saja. Kamu perlu menggunakan Daily Shampoo yang mengandung formula kombinasi Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil. Dengan ketiga formula tersebut, Daily Shampoo siap menjaga rambut kamu tetap dalam kondisi kesehatan yang terbaik.


Rambut Keriting


Jenis rambut pria yang terakhir adalah rambut keriting. Jenis rambut ini termasuk yang paling sulit diubah gayanya karena pada akhirnya, model rambut keriting mau dalam kondisi rambutnya pendek atau panjang, keriting tersebut sudah pasti nampak dari ujung rambut dan setiap helainya. Jenis rambut seperti ini akhirnya memang terhitung sulit untuk diubah gayanya. Gaya yang bisa kamu aplikasikan hanya bisa dari segi panjang dan pendeknya saja. Sedangkan sisanya akhirnya mengikuti kondisi rambut.

Para pria yang memiliki rambut keriting ada yang memilih untuk memanjangkan rambut mereka tanpa mempedulikan gaya apa yang ada. Biasanya ada dua perbedaan rambut keriting. Ada yang bisa jatuh ke bawah, tapi ada juga yang malah kaku dan naik ke atas seperti kribo.

Untuk merawat rambut keriting, terhitung sulit. Perlu perawatan mendalam. Dari mulai sampo, conditioner, hingga memberikan vitamin rambut. Untuk sampo, tentu saja menggunakan shampo anti rambut rontok yang mampu mengurangi kadar DHT (Dihydrotestosterone) dan membantu pertumbuhan rambut. Tidak dapat dipungkiri, rambut keriting juga rentan dengan masalah kerontokan.

Itulah penjelasan tentang jenis rambut pria dan cara merawatnya. Sekarang kamu sudah tahu jenis rambut pria dengan jelas serta mampu merawatnya secara baik dan sesuai jenisnya. Walaupun pria dianggap sebagai manusia yang cuek dan tidak mau merawat diri, sekarang anggapan itu harus dihilangkan jauh-jauh dari diri kamu. Agar bisa membuat diri kamu tampil lebih menarik, jangan lupakan untuk menjaga kondisi rambut agar tetap sehat, lebat, dan dijauhi dari masalah rambut.


Referensi
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-hair

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!