Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Gejala Rambut Rontok yang Terjadi pada Pria

Gejala Rambut Rontok
Photo by: Newman's

Kerontokan rambut yang dikenal sebagai Androgenetic alopecia merupakan masalah yang umum terjadi pada pria di Asia. Berdasarkan jurnal Characteristics of Androgenetic Alopecia in Asian, penelitian menunjukkan bahwa rambut rontok yang terjadi pada pria berusia muda akan memiliki dampak psikososial dan ekonomi terkait pengeluaran rumah tangga.

Pria yang mulai mengalami kebotakan mungkin mencari beragam solusi perawatan rambut hingga berdampak pada pengeluaran rutin. Rambut rontok yang menyebabkan kebotakan ini ditandai dengan adanya peningkatan androgen dihydrotestosterone (DHT) dan wujud peningkatan gen reseptor androgen. Agar dapat mengatasi masalah ini, pria bisa mengantisipasi gejala berikut.


Baca Juga: Rambut Rontok Parah

Gejala Rambut Rontok Pria

Banyak gejala yang muncul dan menandakan masalah rambut rontok. Melansir dari situs American Academy of Dermatology, gejala-gejala ini biasanya muncul secara bertahap. Saking tidak terasanya perbedaan dari waktu ke waktu, mungkin masalah rambut rontok ini sudah terjadi selama menahun tanpa disadari.

  1. Ketebalan Rambut Mulai Menipis

    Pertanda paling umum yang terjadi pada rambut rontok biasanya ditandai dengan menipisnya rambut pada bagian tertentu. Bagian paling umum para pria biasanya berdampak pada bagian atas kepala. Rambut bagian tersebut akan lebih tipis ketimbang bagian rambut lainnya.

  2. Munculnya Titik Kebotakan

    Jenis rambut rontok lain biasanya ditandai dengan adanya bagian botak yang berpola. Pada kasus tertentu, kulit kepala mungkin juga terasa gatal atau sakit sebelum rambut rontok mulai berjatuhan.

  3. Belahan Rambut yang Semakin Terlihat

    Gejala ini mungkin hampir tidak terlihat. Namun, belahan rambut yang semakin terlihat dari waktu ke waktu juga bisa menjadi pertanda terjadinya masalah kerontokan rambut. Jika alur belahan rambut bisa membuat kulit kepala terlihat, rambutmu sudah perlu penanganan.

  4. Akar Rambut Mengendur

    Kekuatan akar rambut seharusnya mampu menahan gesekan atau tekanan saat menyisir atau mencuci rambut. Jika rambut rontok hanya dengan tarikan yang lembut, kerontokan rambut ini biasanya menjadi gejala penipisan rambut secara keseluruhan.


Baca Juga: Obat Rambut Rontok

Pertanda Masalah Rambut Rontok Pria


Selain gejala rambut rontok, beberapa orang juga mengalami beberapa hal lain yang menjadi pertanda masalah rambut yang serius. Jadi, saat beberapa pria mengalami gejala kerontokan berikut, masalah tersebut harus segera diatasi.

  1. Gatal-Gatal Disertai Rasa Terbakar

    Masalah rambut rontok akan berakar dari kerusakan yang terjadi pada kulit kepala. Hal ini biasanya disertai dengan rasa gatal-gatal disertai rasa panas seperti terbakar. Kulit kepala juga akan terasa nyeri di tempat kerontokan rambut terjadi. Gejala tersebut menunjukkan bahwa kerontokan rambut sudah mengalami infeksi.

  2. Rambut Rontok pada Saat Keramas

    Rontoknya rambut saat keramas merupakan hal yang umum terjadi. Namun, jumlah kerontokan yang berlebihan saat keramas bisa jadi salah satu pertanda terjadinya masalah. Jika rambut rontok parah terjadi terus-menerus selama beberapa minggu, tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter (dermatologis).

  3. Kepala Terlihat Lebih Besar

    Saat helai rambut berkurang dan menipis, kamu akan merasa ukuran kepala membesar. Pada beberapa kesempatan, mungkin kamu kurang percaya diri saat bercermin. Rasanya kepala terlihat membesar, padahal hanya karena beberapa bagian rambut yang mulai menipis. Mungkin ada pria yang berpikir untuk mengubah tatanan rambut menjadi botak. Jika hal itu tidak menjadi pilihan untukmu, artinya kamu perlu mencari solusi pengobatan.

Jika beberapa gejala tadi muncul saat kamu mengalami rambut rontok, cobalah untuk melakukan identifikasi rutin. Sebaiknya lakukan juga konsultasi dengan dermatologis agar dapat mengetahui kondisi kesehatan rambut. Saat masalah rambut rontok sudah semakin parah, pastikan untuk melakukan perawatan dengan memilih nutrisi rambut yang tepat.


Referensi
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3412231
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926
https://www.aad.org/hair-loss-begins



Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!