Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Tips Menumbuhkan Folikel Rambut Kulit Kepala

folikel rambut pria

Memiliki rambut sehat merupakan satu di antara impian orang, baik pria maupun wanita. Namun, karena beberapa faktor ada saja kondisi di mana rambut Kamu mulai botak atau menipis sehingga dapat mengurangi rasa kepercayaan diri. Hal tersebut bisa terjadi karena ada masalah dalam folikel rambut. 

Rambut terbuat dari keratin, protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut. Setiap kali folikel memproduksi sel rambut baru, sel rambut lama biasanya akan terdorong keluar dari lapisan kepala. Apabila tidak diperhatikan kesehatan, gangguan dalam folikel dapat menyebabkan rambut Kamu mudah rontok. 

Ada beberapa cara mudah bagi Kamu yang ingin mencari tahu bagaimana tips menjaga kesehatan serta menumbuhkan folikel rambut. Yuk, simak penjelasannya melalui pembahasan artikel di bawah ini.ย 

Sampo Khusus Penumbuh Rambut

Menggunakan sampo khusus penumbuh rambut bisa menjadi salah satu solusi bagi Kamu yang ingin mengatasi rambut rontok atau mulai botak. Shampo penumbuh rambut sering disebut beberapa istilah, seperti scalp shampoo, scalp care shampoo, atau medical hair-growth shampoo. Istilah ini sebenarnya tergantung dari bahan-bahan penumbuh rambut yang diproduksi oleh produsen.ย 

Hanya saja, sebaiknya Kamu juga selektif dalam memilih sampo khusus ini, ya. Sebab, apabila sampo pilihan Kamu terlalu banyak mengandung konsentrasi sabun terlalu banyak, produksi sabun akan meningkat. Hal itu nantinya justru akan memicu masalah pada kulit kepala, seperti ketombe dan gatal-gatal.

Gunakan Minoxidil

Cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk menyehatkan rambut serta mencegah kerontokan dan kebotakan adalah dengan menggunakan minoxidil, produk yang sudah disetujui oleh FDA (The Food and Drug Administration) untuk mengatasi rambut rontok pada pria.ย 

Minoxidil bekerja dengan cara memperlebar pembuluh darah yang kemudian memperbanyak oksigen dan nutrisi ke dalam rambut. Cara menggunakannya, pastikan terlebih dulu rambut Kamu kering dan gunakan minoxidil tersebut dua kali sehari, bisa pada pagi atau malam hari di bagian rambut yang mengalami penipisan atau kebotakan.

Gunakan Kondisioner

Apabila ingin menumbuhkan rambut lebih cepat, sebaiknya Kamu memerhatikan juga nutrisi untuk rambut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menutrisi rambut adalah dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. 

Kondisioner akan berguna untuk membuat rambut sehat karena memiliki kandungan bernutrisi. Lipid dan protein yang ditemukan pada batang rambut diyakini dapat dipulihkan dengan kondisioner. Penggunaan kondisioner juga dapat membantu menyegel kutikula untuk mencegah lebih banyak kerusakan yang terjadi pada rambut. 

Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga bisa digunakan bagi Kamu yang ingin membuat rambut tetap sehat. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengambil daging lidah buaya, lalu usapkan pada kulit kepala hingga ujung batang rambut. 

Kamu bisa mencoba cara tersebut lalu diamkan selama 15 hingga 30 menit dan bilas hingga bersih. Perawatan rambut seperti ini dapat Kamu lakukan sebanyak dua atau tiga kali selama seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Minyak Zaitun

Bahan alami yang bisa Kamu gunakan lainnya adalah minyak zaitun yang memiliki banyak kandungan vitamin E. Minyak zaitun selama ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi anggota tubuh, termasuk satu di antaranya adalah rambut. 

Cobalah untuk rutin mengolesi minyak zaitun pada sejumlah bagian rambut dan kulit kepala dua atau tiga kali dalam seminggu. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, perlahan-lahan daerah di kepala yang mengalami kerontokan atau kebotakan akan mulai kembali ditumbuhi rambut.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!