Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Efek Sosial Jika Kebotakan Pria Tidak Diobati. Bisa Depresi!

efek psikologis kebotakan pada pria
Hairtransplantsantalya

Rambut adalah simbol identitas, jati diri, dan kepribadian. Terkadang rambut mencerminkan kepercayaan sosial, politik, dan agama. Namun, tentu simbol ini tidak luput dari masalah. Ya, mungkin kamu juga mulai menemukan beberapa masalah kerusakan rambut seperti kerontokan ringan. Jika dibiarkan, kerontokan malah bisa menimbulkan efek sosial akibat kebotakan.

Kebotakan pada rambut dapat mempengaruhi semua kelompok usia dan jenis kelamin baik wanita maupun pria. Kebotakan telah mempengaruhi setengah dari populasi pria dan menghasilkan ketidaknyamanan dalam hidup mereka. Bahkan tidak jarang banyak pria yang menjadi stress, frustasi, dan depresi karena kebotakan rambut tersebut.

Namun, para pria tidak perlu khawatir karena saat ini kebotakan sudah bisa diatasi. Memang tidak mudah, tapi dengan penggunaan produk rambut pria yang benar dan perawatan yang rutin kebotakan akan berkurang.

Hasil Penelitian Kebotakan pada Pria dari Berbagai Usia

Penelitian telah dilakukan oleh Shahid Masood Raza dan kawan-kawan, Social Impact of Hair Loss in Men and It’s Management dalam World Journal of Pharmaceutical Research membuktikan pengumpulan data yang disebarkan pada 111 narasumber pria yang berusia 18 – 60 tahun dengan latar belakang yang beragam.

Beberapa pasien menyadari terjadinya kebotakan di usia 18 – 25 tahun. Namun, beberapa darinya sudah merasakan kebotakan di usia 12 tahun. Penelitian ini juga menunjukan efek sosial akibat kebotakan yang cukup signifikan dalam kehidupan sehari-harinya, seperti depresi dan kecemasan berlebih.

Sebanyak 55,9% orang menyatakan bahwa kebotakan berdampak berkurangnya rasa percaya diri, sementara 44,1% orang tidak kehilangan rasa percaya diri. Lalu sebanyak 88,3% orang setuju bahwa kebotakan mempengaruhi hubungan dengan kolega kerja dan mempersulit pekerjaan di kantor.

Walaupun angka-angka tersebut cukup besar, nyatanya sebagian besar tidak melakukan atau menggunakan produk apapun untuk mengatasi kebotakan rambut tersebut.

Perawatan Kebotakan pada Pria Tidak Efektif

Para pria yang memiliki kebotakan memiliki empat pilihan untuk melakukan perawatan pada rambutnya; tidak melakukan apa pun, menggunakan wig atau rambut palsu, melakukan perawatan medis atau menjalani operasi. Saat kebotakan berpola baru terjadi, mungkin beberapa orang masih mencoba berganti-ganti shampo dan kondisioner.

Beberapa perawatan medis yang cukup banyak dilakukan adalah menggunakan pengobatan laser dan cahaya. Namun, tidak ada data ilmiah yang mendukung bahwa keduanya mampu mengatasi kebotakan. Hasil dari terapi laser tingkat rendah belum terbukti permanen dan efektif untuk pertumbuhan rambut. Belum lagi, efek samping dari jenis perawatan yang mungkin terjadi, beberapa orang malah kecewa dan kembali merasakan efek sosial akibat kebotakan.

Walaupun banyak dilakukan, tapi nyatanya banyak pria yang menyatakan mereka tidak menyukai dengan perawatan menggunakan terapi laser tingkat rendah. Hal ini juga perlu dipertimbangkan karena belum terbukti oleh Food and Drugs Administration sebagai perawatan yang aman. Para narasumber juga mengatakan bahwa mereka lebih suka menggunakan suatu produk yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja.

Dalam beberapa situasi, penggunaan shampo dan kondisioner mungkin dianggap bisa menyelesaikan masalah rambut. Terkadang, ada beberapa minyak rambut yang juga disarankan untuk dapat memicu kembali pertumbuhan rambut di kulit kepala. Namun, penggunaan minyak rambut biasanya agak merepotkan karena teksturnya yang lengket.

Minoxidil Meningkatkan Kualitas Hidup Penggunanya Secara Signifikan

Dalam menghadapi kebotakan, pria disarankan untuk lebih mengutamakan menggunakan obat-obatan yang sifatnya lebih efektif untuk jangka panjang. Terdapat dua kandungan obat yang dapat mengobati kebotakan pada pria yaitu minoxidil dan finasteride, yang membantu meningkatkan diameter dan panjang rambut yang sudah ada.

Dari penelitian yang sudah disebutkan sebelumnya terdapat beberapa pria yang menggunakan spray minoxidil dan merasakan perubahan pada rambutnya. Hal ini terjadi karena siklus pertumbuhan rambut akan lebih cepat dengan menggunakan minoxidil. Penggunaan minoxidil dalam bentuk kemasan semprot juga lebih praktis, terutama bagi pria.

Pada awal pemakaian, mungkin rambut masih mengalami kerontokan yang cukup banyak. Namun, itu hanyalah efek awal pada penggunaan minoxidil. Oleh sebab itu, sebaiknya penggunaan minoxidil tidak dihentikan. Kinerja minoxidil mempercepat siklus pertumbuhan rambut sehingga obat ini cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan.

Penggunaan minoxidil akan mendorong kembali pertumbuhan rambut dengan kualitas yang lebih baik, terutama di area kebotakan. Jadi, kamu bisa melihat efek penggunaannya setelah pemakaiannya dilakukan untuk beberapa rentang waktu. Berdasarkan pemakaian yang rutin, kamu bisa melihat efektivitas penggunaan minoxidil yang lebih efektif daripada rangkaian perawatan rambut lainnya.

Bagi para pria yang memiliki rambut rontok atau kebotakan, tidak perlu khawatir akan efek sosial akibat kebotakan. Masih ada solusi efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menggunakan spray rambut yang mengandung minoxidil. Meski kebotakan bukan masalah rambut yang bisa diselesaikan dengan mudah, kamu bisa berupaya mengatasi masalah dengan perawatan teratur.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!