Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Efek Samping Rokok Elektrik yang Mengancam Kesehatan

Efek Samping Rokok Elektrik
Photo by: Rainier Ridao on Unsplash

Aktivitas merokok menjadi aktivitas yang banyak dilakukan. Dari pria wanita hingga usia tua maupun muda, rokok sudah menjadi bagian dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan. Apalagi ketika berbicara mengenai Indonesia. Industri rokok yang besar membuat banyak orang yang memutuskan untuk menjadi perokok. Namun dalam perjalanannya, pendekatan teknologi juga digunakan dalam rokok. Rokok konvensional sudah memiliki lawan dalam bisnisnya yaitu rokok elektrik. Dengan rokok elektrik, perokok tidak perlu lagi membeli satu bungkus di minimarket atau warung. Mereka hanya perlu memiliki alat rokok elektrik tersebut ditambah liquid sebagai pemberi rasa yang berbeda. Ya, liquid rokok elektrik memiliki rasa yang sering dijumpai, khususnya makanan manis. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk berpindah ke rokok elektrik. Dianggap lebih sehat dan tidak membuat candu, sebenarnya ada efek samping rokok elektrik yang berbahaya untuk kesehatan kamu juga.

Ya, kalau selama ini kamu menganggap rokok elektrik itu lebih sehat, kamu salah besar. Sebenarnya ada efek samping rokok elektrik yang patut kamu ketahui. Efek samping ini pun ternyata tidak berbeda jauh dengan efek samping yang bisa didapatkan ketika memilih rokok konvensional. Pastinya ujung-ujungnya merusak kesehatan kamu juga. Apa saja efek samping rokok elektrik yang sebenarnya patut kamu ketahui dari awal agar tidak terjerumus di dalamnya? Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu.


Bisa Menyebabkan Kecanduan


Membahas efek samping rokok konvensional, maka yang menjadi poin utamanya adalah kecanduan. Rokok yang dikonsumsi sehari-hari pastinya menyebabkan kecanduan yang cukup mematikan. Inilah mengapa banyak orang yang menjauhi rokok konvensional. Namun ketika berbicara mengenai efek samping rokok elektrik pun, tetap saja bisa menyebabkan kecanduan.

Nikotin merupakan zat yang membuat rokok menjadi candu. Kalau berpikir bahwa di dalam rokok elektrik tidak ada nikotin, maka kamu salah besar. Rokok elektrik tetap memiliki kandungan nikotin di dalamnya, walau cenderung lebih kecil. Maka dari itu, tetap saja ketika kamu rutin menggunakan rokok elektrik, itu artinya kamu telah kecanduan. Inilah yang akhirnya membuat efek sampung rokok elektrik bisa mengancam kesehatan kamu.

Kecanduan yang berasal dari rokok elektrik tetaplah besar jika dibandingkan dengan rokok konvensional. Maka dari itu, sebaiknya kamu bisa menghindari rokok elektrik sejak dini walau di luar sana cukup banyak respon positif tentang produk ini. Daripada kamu kecanduan, lebih baik menghindarinya, bukan?


Bisa Meningkatkan Risiko Kanker


Salah satu risiko kesehatan yang mengancam ketika sering mengonsumsi rokok konvensional adalah terkena penyakit kanker. Penyakit ini tentunya mengerikan bagi setiap orang. Tidak ada orang yang mau terkena kanker akibat rokok konvensional. Akhirnya banyak orang yang memilih untuk berpindah ke rokok elektrik. Alasan utama kenapa berpindah haluan disebabkan kabar yang menyatakan rokok elektrik tidak akan membuat tubuh penggunanya terkena kanker. Padahal sudah ada penelitian yang menemukan adanya kandungan dari rokok elektrik yang bisa menyebabkan kanker. Inilah mengapa rokok elektrik itu sebenarnya memiliki efek samping yang mematikan. Tidak hanya sama bahayanya dengan rokok tembakau, tapi juga sama mematikannya.

Risiko kanker yang bisa didapatkan oleh pengguna rokok elektrik tentunya juga dipengaruhi oleh aspek lainnya. Namun jika memang ditambah dengan kecanduan rokok elektrik, maka risiko penyakit mematikan dan sulit untuk disembuhkan ini bisa menyerang tubuh kamu juga.


Bisa Meningkatkan Penyakit Paru-Paru


Menghisap rokok pastinya menggunakan fungsi paru-paru. Asap yang dihisap masuk ke dalam paru-paru lalu dikeluarkan lagi. Sayangnya kembali lagi, asap yang dihisap bisa menyebabkan penyakit paru-paru. Itu juga yang bisa terjadi kepada diri kamu ketika menggunakan rokok elektrik. Penyakit paru-paru pastinya selalu mengintai kamu jika sering menggunakannya.

Bahkan menurut penelitian di Amerika Serikat, sudah ada 200 kasus penyakit paru-paru yang menyerang pengguna rokok elektrik. Efek samping rokok elektrik ini menyerang para penggunanya, bahkan itu termasuk ke tubuh anak-anak mudah. Ya, tidak dapat dipungkiri kalau banyak anak muda yang suka menggunakan rokok elektrik karena lebih modern dan merupakan teknologi terbaru. Apalagi ditambah informasi yang beredar bahwa rokok eletrik lebih aman. Padahal pada kenyataannya, penyakit paru-paru yang mudah menyerang para perokok konvensional juga bisa menyerang perokok elektrik juga.


Jenis-Jenis Rokok Elektrik


Sebenarnya di luar sana cukup banyak tipe rokok elektrik yang dijual. Kalau berbicara mana yang paling terkenal di tengah-tengah masyarakat, khususnya kalangan anak muda, maka Vape adalah tipe rokok elektrik yang paling terkenal. Selain Vape, ada beberapa rokok elektrik yang sekarang sudah mulai dikenal lebih luas. Salah satunya adalah JUUL. Sebenarnya ini adalah merek salah satu rokok elektrik, namun dari segi bentuk sudah jauh berbeda dibandingkan Vape yang memiliki ukuran lebih besar. JUUL memiliki bentuk tipis dan panjang, layaknya USB. Jadinya, lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana, tampak modern, dan mudah untuk disimpan. Inilah yang membuat rokok elektrik semakin terkenal di kalangan anak mudah.


Solusi


Namun yang namanya rokok, tetap saja mampu membawa penyakit. Siapa yang ingin jatuh sakit karena rokok? Tentunya tidak ada yang mau, bukan? Bahkan para perokok sendiri pun juga tidak mau terkena penyakit yang disebabkan rokok. Kamu pu jugas pasti tidak mau. Biasanya para pecandu rokok elektrik awalnya hanya kecanduan saja, belum sampai merasakan penyakit-penyakit lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Padahal dari kecanduan itu saja, sudah menjadi bahaya tersendiri. Ketika terlalu bergantung kepada rokok elektrik, maka penyakit lainnya pun bisa muncul dengan sendirinya.

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya bisa lepas dari kecanduan rokok elektrik dan juga rokok konvensional dengan lebih mudah? Saat ini ada satu cara yang terhitung paling tepat untuk mengurangi kecanduan rokok hingga nantinya kamu bisa 100% lepas dari produk ini. Caranya adalah mengonsumsi Nicotine Gum. Apa itu Nicotine Gum? Nicotine Gum adalah yakni permen karet dengan kandungan nikotin rendah. Tidak hanya berguna untuk mengurangi kecanduan rokok elektrik secara perlahan-lahan, tapi ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan, seperti lebih ramah di kantong alias murah dan menjadi satu bentuk terapi yang paling tepat untuk para perokok. Ketika kamu memang ingin lepas dari rokok elektrik, maka Nicotine Gum adalah jawaban yang paling tepat.

Dengan membaca artikel ini, maka kamu sudah tahu bagaimana efek samping rokok elektrik yang mengancam kesehatan tubuh. Jika memang kamu ingin menjauhi rokok elektrik, maka lakukanlah sejak dini. Kalau pun memang sulit untuk lepas dari rasa kecanduan itu, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi Nicotine Gum yang dijual Newmans. Kami siap membantu kamu lepas dari kecanduan rokok elektrik. Semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi pencerahan dan solusi bagi kamu semua.


Referensi
https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/tobacco-and-cancer/e-cigarettes.html
https://www.health.harvard.edu/blog/can-vaping-damage-your-lungs-what-we-do-and-dont-know-2019090417734

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!