Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Efek Samping Finasteride, Ternyata Sangat Aman!

efek samping finasteride, ternyata aman!
Getty Images

Kerontokan rambut tidak pernah merupakan hal yang baik, terutama pada pria. Rambut adalah bagian dari identitas dan gaya rambut merupakan bagian dari kepribadian kamu. Namun, tentunya kamu tidak ingin kehilangan identitas tersebut saat mengalami rambut rontok parah.

Banyak pengobatan untuk kerontokan rambut yang dijual dipasaran, tetapi tidak menawarkan hasil yang nyata atau jangka panjang. Finasteride merupakan obat untuk perawatan rambut rontok pada pria dan terbukti ampuh. Jika kamu siap untuk mendapatkan kembali rambut kamu yang rontok, berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang efek samping Finasteride sangat rendah.

Pengobatan Rambut dengan Finasteride

Finasteride diindikasikan sebagai pengobatan pria dengan alopecia androgenetik atau disebut kerontokan rambut pada pria. Finasteride bekerja dengan mencegah testosteron dari memecah DHT (dihidrotestosteron), hormon yang dianggap menyebabkan kebotakan pola pada pria.

Tersedia dalam bentuk tablet, efek samping finasteride sangat rendah sebagai obat yang diformulasikan untuk penggunaan dalam jangka panjang. Konsumsi tablet ini ditujukan untuk dapat melihat hasil yang lebih signifikan pada masalah kerontokan rambut. Jika penggunaan dihentikan, ada kemungkinan rambutmu akan kembali rontok.

Perawatan rambut rontok memang bukan merupakan proses instan. Pertumbuhan rambut kamu mungkin mulai membaik dalam beberapa bulan, bahkan bisa memakan waktu satu tahun atau lebih untuk melihat hasil yang optimal. Namun, kunci dari perawatan rambut adalah konsistensi dari diri kamu sendiri.

Sebelum mengonsumsi finasteride, perlu diingat bahwa kamu disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah adanya efek samping yang terjadi. Secara umum, konsumsi obat kimia memang selalu memiliki efek samping, tapi bagaimana dengan efek samping finasteride?

Berdasarkan publikasi medis dari European Journal of Dermatology, beberapa pria yang mengonsumsi finasteride melaporkan efek sampingnya seperti ruam dan rasa cemas atau khawatir. Efek samping finasteride sangat rendah, tapi konsultasi dengan dokter tetap penting untuk dilakukan. 

Kamu juga bisa melakukan beberapa upaya untuk membantu mengurangi rambut rontok seperti menghindari perawatan rambut dengan bahan kimia, cuci rambut secara teratur, mengonsumsi vitamin untuk kerontokan rambut seperti biotin vitamin E atau B7 untuk pertumbuhan dan pemeliharaan rambut sehat.

Konsumsi vitamin B membantu mengurangi tingkat stres yang berkontribusi pada kerontokan rambut. Selain itu, vitamin C, D, dan E membantu tubuh menjaga nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan yang baik. Dengan begitu, langkah perawatan ini akan membantu mengurangi kerontokan rambut yang lebih parah.

Keamanan Klinis Penggunaan Finasteride

Berdasarkan penelitian yang dilansir dari jurnal National Center for Biotechnology Information, penggunaan finasteride terbukti cukup membantu secara signifikan. Percobaan dilakukan dengan memberikan finasteride 1 mg secara acak kepada 1.553 pria dengan kebotakan rambut.

Dari konsumsi finasteride 1 mg per hari, hasilnya menunjukan bahwa 1.215 pria melanjutkan pemakaian finasteride, bahkan hingga 4 tahun. Pengobatan dengan finasteride terbukti menyebabkan perbaikan yang bertahan lama pada rambut kulit kepala selama 5 tahun. Hasil penelitian tersebut dievaluasi dari jumlah rambut, penilaian pasien dan peneliti, serta tinjauan panel dari foto-foto klinis.

Sementara itu, pengobatan dengan finasteride dibandingkan dengan plasebo yang malah menyebabkan kerontokan progresif. Plasebo merupakan bentuk perawatan yang tampaknya seperti terapi medis asli, tapi tidak mengandung bahan aktif pada obat yang sesungguhnya.

Plasebo ini biasanya berisi serbuk laktosa yang tidak memiliki khasiat apapun sebagai obat. Oleh karena itu, penggunaan finasteride lebih disarankan karena bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan. Nah, kamu bisa mulai mempertimbangkan konsumsi obat ini secara teratur sambil merawat rambut.

Konsumsi Finasteride Aman dan Ampuh

Masih dilansir dari penelitian jurnal yang sama, Finasteride dinyatakan aman untuk dikonsumsi dengan takaran tablet 1 mg per hari. Bahkan, efek samping finasteride sangat rendah dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh setelah konsumsi berkelanjutan selama 5 tahun.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir menggunakan pengobatan ini untuk mengatasi masalah rambut rontok. Meski konsumsi obat oral ini lebih praktis, kamu tetap harus melakukan perawatan rambut secara rutin. Mencuci rambut dengan shampo khusus pria juga bisa membuat pengobatan lebih optimal.

Pengobatan finasteride ampuh menyebabkan perbaikan tahan lama dalam pertumbuhan rambut kulit kepala. Pria yang menggunakan finasteride untuk mengobati kerontokan melaporkan peningkatan jumlah rambut, serta peningkatan kualitas rambut dengan persentase pertumbuhan mencapai 85% di 3 bulan pertama. 

Jika kamu mengalami kerontokan atau kebotakan berpola, tidak perlu khawatir lagi! Kamu bisa mengembalikan rambut rontok dengan melakukan perawatan rambut didukung dengan konsumsi finasteride. Kamu bisa tetap tampil prima tanpa harus kehilangan rasa percaya diri kamu karena rambut rontok.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!