Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Efek Penggunaan Finasteride Jangka Panjang. Hasil Studi Cocok untuk Rambut Rontok

efek konsumsi finasteride jangka panjang
menspharmacy

Merawat rambut rontok merupakan masalah yang tidak selesai dalam sekejap, terutama bagi pria. Perawatan rambut pria biasanya lebih terbatas karena produk yang tersedia di pasaran yang belum spesifik mengatasi permasalahan rambut. Masalah rambut rontok hingga mengakibatkan kebotakan berpola misalnya, pria sering kali menyerah mengatasinya.

Ya, tidak sedikit pria yang memilih untuk mencukur habis rambutnya untuk menyembunyikan pola rambut rontok di kepalanya. Terkadang, hal ini disebabkan karena banyak pria yang enggan melakukan rutinitas perawatan rambut topikal. Namun, penggunaan finasteride jangka panjang sebagai obat oral dipercaya memberikan efek baik.

Studi Klinis Penggunaan Finasteride bagi Pria

Berdasarkan ulasan artikel Use of Finasteride in the Treatment of Men With Androgenetic Alopecia (Male Pattern Hair Loss) oleh Jerry Shapiro dan Keith D. Kaufman, konsumsi finasteride sebagai pengobatan pria dengan kerontokan rambut berpola merupakan terapi farmakologi oral pertama yang pernah dilakukan.

Mungkin kamu juga masih belum cukup familiar dengan penggunaan obat telan (oral) untuk mengatasi permasalahan rambut. Ya, mungkin selama ini kerontokan rambutmu juga hanya diatasi dengan berganti shampo. Namun, pengobatan dengan finasteride dipercaya efektif untuk dapat mengembalikan pertumbuhan rambut di area kepala.

Konsumsi finasteride jangka panjang pada dasarnya dibuat untuk pengobatan benign prostatic hyperplasia (BPH) pada pria. Dengan dosis penggunaan 5mg/hari, penggunaannya terbukti efektif dan aman untuk dikonsumsi. Pengobatan ini juga sudah melalui beberapa tahap pengujian klinis hingga dapat digunakan untuk perawatan rambut pria.

Peningkatan Ketebalan Rambut Berkat Finasteride

Studi klinis Roberts et al pada 1999 melaporkan beberapa eksperimen untuk penggunaan finasteride dengan dosis 5 mg, 1 mg, 0,2 mg, dan 0,1 mg per hari pada pria dengan Androgenetic Alopecia (AGA). Pengujian membuktikan efek penggunaan obat telan terhadap masalah kerontokan rambut pria yang menyebabkan kebotakan berpola.

Hasil pengujian dari studi klinis tersebut menunjukkan bahwa perawatan dengan finasteride berdampak positif. Manfaatnya dilihat dari adanya peningkatan jumlah rambut yang tumbuh pada pria dengan AGA. Tidak hanya itu, pengobatan ini juga mengurangi jumlah rambut rontok yang biasanya terjadi saat tidak mengonsumsi finasteride.

Berdasarkan beberapa hasil pengujian tersebut, manfaat dari pengobatan finasteride menjadi salah satu bukti keberhasilan. Setidaknya, hasil pengujian atas dosis pengobatan yang diberikan menunjukkan hasil yang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, akhirnya penggunaan finasteride jangka panjang terus diteliti untuk menguji manfaatnya.

Secara umum, penggunaan finasteride memang terbukti aman dan berdampak positif pada perawatan rambut pria. Meski begitu, perawatan tersebut juga perlu dilanjutkan dengan penggunaan yang berkelanjutan. Mungkin kamu juga sudah merasakan bahwa efek pengobatan yang dilakukan pada setiap orang akan berbeda-beda.

Masih melalui kelanjutan uji klinis yang sama, penggunaan finasteride jangka panjang terbukti dapat menghilangkan kerontokan di bagian vertex pada 83% pria yang melanjutkan penggunaan selama 2 tahun. Sementara itu, kerontokan rambut di bagian frontal juga berhasil pada 70% pria yang melanjutkan penggunaan selama 1 tahun.

Ya, seperti yang sudah diasumsikan secara umum, efek perawatan rambut rontok dengan finasteride akan berbeda bagi setiap orang. Dilihat dari dua jenis kerontokan rambut di bagian vertex dan frontal saja, hasilnya terlihat dalam periode waktu pengobatan yang berbeda.

Hasil Uji Klinis atas Efek Jangka Panjang Finasteride

Berdasarkan hasil uji yang ditunjukan dari fotografi klinis terstandarisasi, peluang rambut pada bagian vertex yang bertumbuh kembali adalah 61% dengan 5% potensi pertumbuhan lain yang mulai membaik setelah 2 tahun. Pertumbuhan rambut pada area frontal (depan) malah menunjukkan hasil pertumbuhan yang lebih cepat sebanyak 37% dalam 1 tahun.

Jadi, apakah penggunaan finasteride jangka panjang mampu menghilangkan kerontokan rambut? Berdasarkan pemaparan hasil penelitian yang sudah dijelaskan, pengobatan dengan obat oral ini menunjukkan manfaat signifikan setelah penggunaan yang berkelanjutan selama 1 – 2 tahun.

Finasteride juga bukan obat baru sehingga efek sampingnya dapat diantisipasi berdasarkan pengujian klinis. Hanya saja, finasteride memang digunakan dalam dosis yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pengobatannya. Dosis pengobatan untuk BPH dan AGA juga diberikan dalam jumlah yang berbeda sesuai hasil akhir yang diharapkan.

Penggunaan finasteride jangka panjang pada dasarnya sangat diperlukan agar pria bisa mendapatkan hasil optimal dari kerontokan rambut berpola. Finasteride telah terbukti secara klinis dapat membantu jumlah rambut rontok secara signifikan setelah digunakan secara berkelanjutan sekaligus membantu memicu pertumbuhan rambut.

Jadi, bagi pria yang sedang berupaya untuk merawat rambut rontok parah yang mengakibatkan kebotakan, menggunakan produk finasteride dari Newman’s bisa jadi salah satu solusi efektif. Agar lebih optimal, kamu juga bisa menggunakan starter kit untuk produk perawatan topikal yang bisa dipakai langsung di rambut. Kamu akan tampil lebih percaya diri tanpa rambut rontok dengan pertumbuhan rambut yang lebih lebat!

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!