Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Apa Saja Efek Berhenti Merokok? Ini Manfaatnya

Efek Berhenti Merokok
Photo by: Olha Zaika on Unsplash

Semua orang pasti sudah tahu bahwa rokok itu mematikan. Apalagi ketika kamu sering mengonsumsinya setiap hari. Tidak hanya 1-2 batang saja, tetapi ada yang bisa satu bungkus per hari. Tentu saja bahaya penyakit mematikan, seperti kanker paru-paru, sakit jantung, gagal ginjal, impotensi, hingga keguguran bagi ibu hamil, sangat mudah menyerang tubuh perokok. Untuk itu, banyak orang yang akhirnya takut dengan efek mematikan tersebut. Mereka akhirnya memutuskan untuk berhenti merokok dan mencoba kembali hidup sehat dengan menjauhi benda tersebut. Namun apakah kamu tahu bahwa ada efek berhenti merokok?

Ya, ketika kamu berhenti merokok, sebenarnya ada efek yang bisa dirasakan tubuh setiap jamnya. Efek berhenti merokok ini tentunya sangat positif. Namun sebelum membahas efek berhenti merokok lebih dalam, apakah kamu tahu ada apa saja kandungan rokok?

Sebagai sebuah benda yang menciptakan rasa candu yang sulit dilawan dan sebenarnya mampu memberikan efek samping berupa penyakit mematikan seperti yang telah dituliskan di atas, tetap saja banyak orang yang merokok. Ada beberapa kandungan rokok yang mematikan, seperti karbon monoksida, nikotin, tar, hidrogen sianida, benzena, formaldehida, arsenik, kadmium, dan amonia. Selain itu, masih banyak lagi kandungan dalam rokok. Total ada lebih dari 600 kandungan rokok dan tentu saja itu semua mematikan untuk tubuh kamu jika sering dikonsumsi.

Sayangnya, walaupun sudah banyak penelitian yang membahas tentang efek berbahaya merokok, tetap saja masih banyak orang yang memutuskan untuk menjadi pecandu rokok. Namun dari sekian banyak orang tersebut, untungnya ada banyak orang juga yang memutuskan untuk lepas dari rokok. Mereka akhirnya mencari cara bagaimana berhenti merokok. Memang tidak semua cara bisa dipakai oleh semua orang karena ada yang berhasil dan ada yang juga yang gagal. Setiap orang perlu mencari caranya sendiri untuk lepas dari kecanduan merokok.

Jika kamu memang tertarik untuk berhenti merokok, sebenarnya ada berbagai macam efek berhenti merokok yang bisa dirasakan. Efek positif ini pastinya membuat tubuh kamu lebih segar. Memang efek ini tidak ada didapatkan secara cepat. Perlu waktu secara perlahan-lahan agar kondisi tubuh kembali normal seperti orang yang sudah berhenti merokok. Apa saja kondisi tubuh setelah berhenti merokok? Berikut ulasan lebih dalam tentang topik ini.


Kondisi Tubuh 8 Jam Setelah Berhenti Merokok


Pembahasan pertama adalah bagaimana kondisi tubuh kamu setelah 8 jam berhenti merokok. Seperti yang sudah dituliskan di atas, di dalam kandungan rokok itu ada karbon monoksida yang tentu saja berbentuk asap rokok. Ketika kamu sering mengonsumsi rokok, karbon monoksida akan merusak darah serta paru-paru. Bahkan tubuh kamu bisa kekurangan oksigen. Nah, ketika kamu sudah tidak merokok selama 8 jam, tubuh kamu akan membersihkan karbon monoksida di dalam tubuh secara otomatis.

Kandungan karbon monoksida akan turun ke tingkat normal. Bagusnya lagi, tubuh kamu tidak akan kekurangan oksigen karena efek ini. Kamu akan merasa lebih segar dibandingkan sebelumnya. Itulah hebatnya efek berhenti merokok. Hanya dalam waktu 8 jam saja, tubuh kamu sudah bekerja dengan sendirinya tanpa perlu melakukan hal-hal yang menyulitkan lainnya agar bisa bersih dari karbon monoksida.


Kondisi Tubuh 1-2 Hari Setelah Berhenti Merokok


Setelah kamu sudah merasakan efek positifnya dalam waktu 8 jam saja, kamu bisa mendapatkan efek yang lebih besar setelah berhenti merokok dalam waktu 1-2 hari. Dalam waktu satu hari, risiko terkena penyakit serangan jantung akan turun dengan sendirinya. Mengapa bisa begitu? Tentu saja jantung kamu menjadi lebih sehat setelah sebelumnya harus bekerja lebih keras demi bisa membuat tubuh kamu bekerja normal walaupun terus merokok. Tekanan darah tinggi juga meninggi ketika merokok sehingga bisa terkena stroke.

Untungnya, setelah kamu berhenti merokok dalam satu hari, tidak hanya jantung yang mulai bekerja dengan normal, tetapi juga tekanan darah mulai menurun. Oksigen yang didapatkan tubuh juga menjadi lebih baik lagi sehingga kamu bisa kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Memasuki hari kedua, kamu sudah bisa mengurangi rasa candu yang selama ini selalu menghantui dan selalu dituruti juga. Kemampuan kamu dalam mencium bau dan merasakan sesuatu, khususnya makanan menjadi lebih baik. Indera perasa bisa kembali bekerja ke arah normal dibandingkan sebelumnya.


Kondisi Tubuh 3 Hari Setelah Berhenti Merokok


Memasuki hari ketiga berhenti merokok, kandungan nikotin yang ada di dalam tubuh kamu mulai terkuras habis. Itu menjadi pertanda yang sangat bagus untuk kamu. Namun kecanduan nikotin memang memiliki efek yang berbahaya bahkan setelah kamu berhenti merokok. Mengapa bisa begitu? Karena ketika kadar nikotin sudah habis dalam tubuh, kamu mulai merasakan efek samping yang sebenarnya mengganggu. Efek seperti menjadi lebih moody, mudah tersinggung, sering terkena sakit kepala seperti pusing, dan ingin kembali merokok mulai muncul. Sebaiknya kamu tetap dalam pendirian kamu untuk berhenti merokok. Ketika efek ini muncul, itu sebenarnya memiliki arti kalau kamu sebentar lagi sudah bisa lepas dari rasa candu untuk merokok. Kamu semakin dekat untuk menjadi lebih sehat dibandingkan sebelumnya.


Kondisi Tubuh 1 Bulan Setelah Berhenti Merokok


Kondisi tubuh kamu yang telah satu bulan berhenti merokok mulai menjadi jauh lebih baik, khususnya di bagian paru-paru yang sangat terpapar oleh asap rokok pada saat masih mengonsumsinya. Ya, fungsi paru-paru kamu mulai menjadi lebih baik. Apa saja rasanya? Kamu tidak lagi sering  terkena penyakit batuk dan seperti sesak napas. Itu semua akan hilang dengan sendirinya ketika sudah satu bulan lepas dari rokok. Kemudian dari segi kebugaran tubuh juga akan meningkat. Kamu sudah bisa lebih fit ketika berolahraga dan mampu melakukan olahraga seperti jogging lebih mudah dan lama. Tentu saja itu menjadi pertanda yang bagus setelah pada saat masih merokok, kamu sangat mudah lelah dan tidak bisa menjalani aktivitas olahraga lebih lama. Kamu sudah pasti lebih sehat lagi setelah berhenti merokok.



Itulah beberapa efek berhenti merokok hingga satu bulan yang perlu kamu ketahui. Siapa yang ingin berhenti merokok setelah membaca artikel di atas? Semoga banyak yang mau berhenti merokok. Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang memutuskan untuk menjadi perokok karena alasan aktivitas atau lingkungan. Tekanan hidup yang berat pun terkadang menjadi alasan untuk merokok. Namun seiring berjalannya waktu, tentu saja harus ada jalan keluar yang harus dimiliki. Bukan terus merokok sepanjang waktu, tetapi harus mulai meninggalkan rokok secara perlahan-lahan. Dengan informasi di atas tentang manfaat baik dari efek berhenti merokok, kamu sudah tahu apa saja efek positif yang bisa didapatkan. Tubuh akan menjadi lebih bugar. Hidup pun juga menjadi lebih lancar. Kamu bisa lebih fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu semua.


Referensi
https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956#timeline

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!