Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Tips Merawat Rambut Keriting Pria Agar Tidak Rontok

cara merawat rambut keriting pria
lifestyle Okezone

Pria yang memiliki rambut keriting harus lebih terampil untuk dapat melakukan perawatan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah menghindari kesalahan penggunaan produk rambut sesuai jenis rambut. Produk rambut pria kadang terbatas sehingga mungkin selama ini kamu hanya asal memilih sampo.

Tidak hanya masalah produk rambut, pria cenderung cuek dengan perawatan rambut selain mencuci rambut. Namun, sekedar mencuci rambut saja tidak cukup untuk menjaga bentuk dan kekuatan rambut. Oleh karena itu, berikut ini cara merawat rambut keriting untuk pria agar tidak rontok.

Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Jarak waktu mencuci rambut bagi pemilik rambut keriting sangat penting, loh. Hindari mencuci rambut terlalu sering karena akan berpengaruh pada bentuk dan kelembapan rambut.

Rambut memproduksi minyak alami yang bagus untuk kelembapan rambut. Oleh karena itulah, mencuci rambut terlalu sering akan mengakibatkan rambut kehilangan fungsi dari zat yang melembapkan. Rambutmu akan menjadi kering dan terlihat tidak terawat. Jadi, pastikan untuk memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambut.

Memilih Sampo dengan Nutrisi yang Tepat

Merawat rambut keriting pria mungkin sedikit tricky. Saat kandungan sampomu tidak cocok, rambutmu bisa rusak, kering, bercabang, bahkan rontok. Oleh karena itu, pilihlah sampo yang membersihkan, melembapkan dan menyuburkan rambut.

Niacin merupakan zat penting yang diperlukan saat memilih produk sampo. Zat ini merupakan vitamin B3 yang larut dalam air dan penting untuk kesehatan. Faktanya, niacin juga berperan untuk kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Niacin membantu meningkatkan tekstur rambut dan memperbaiki kulit kepala yang kering atau rusak.

Selain itu, pilih produk shampo pria yang baik ialah yang memiliki kandungan rosemary oil. Kandungan bahan ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan sehat. Kamu bisa melihat kandungan bahan baku pada kemasan sampo sebelum memutuskan untuk membeli produk terbaik.

Pria dengan masalah rambut rontok disarankan untuk menggunakan sampo yang memiliki kandungan niacin dan rosemary oil. Keduanya membantu mengembalikan akar rambut yang kuat. Dengan kandungan tersebut, rambut akan tumbuh lebih lebat dan sehat serta tidak mudah rontok seperti sebelumnya.

Gunakan Kondisioner

Sampo dan kondisioner merupakan produk yang berbeda. Menggunakan sampo saja tidaklah cukup untuk merawat rambut keriting pria. Sampo membantu membuka kutikula rambut dan membersihkannya, sedangkan kondisioner memelihara dan kemudian menutup struktur rambut lagi.

Kulit kepala memproduksi minyak alami yang mampu meningkatkan kelembapan rambut. Namun, bagian ujung rambut tidak dapat diraih oleh minyak yang diproduksi di kulit kepala. Untuk itu, diperlukan kondisioner yang melembabkan bagian ujung rambut agar lebih sehat.

Gunakan kondisioner setelah membilas rambut yang sudah dicuci dengan sampo. Saat keadaan rambut masih basah, diamkan sebentar, lalu bilas kembali hingga bersih.

Temukan Cara Menata Rambut yang Tepat

Gaya rambut sangat berperan penting dalam penampilan pria. Potongan rambut yang bagus akan meningkatkan kepercayaan diri. Berbeda dengan jenis rambut lain, rambut kering termasuk ke dalam jenis yang sulit untuk diatur. Tidak seperti jenis rambut lain, model rambut keriting sangatlah terbatas.

Pria yang memiliki rambut keriting cenderung memiliki model rambut yang berantakan. Namun, kamu tetap bisa mengikuti tips merawat rambut keriting dengan memilih model rambut yang rapi. Temukan jenis penataan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah.

Mungkin kamu bisa mencoba beberapa potongan rambut yang berbeda dan paling cocok dengan bentuk wajah. Jika memungkinkan, kamu juga bisa berkonsultasi dengan penata rambut sehingga potongan rambutmu rapi dan sesuai untuk kesehatan rambut.

Tidak Terlalu Sering Menyisir dan Blow Dry

Rambut keriting yang terlalu sering disisir akan menghilangkan bentuk rambut dan gelombang rambut. Namun, bukan berarti rambut keriting tidak boleh disisir. Cara terbaik untuk menyisir rambut keriting adalah dengan menggunakan jari-jari tangan dan biarkan terurai.

Jika kamu ingin mengeringkan rambut, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hair dryer. Hal ini akan mengakibatkan rambut kehilangan bentuk alaminya. Hair dryer memiliki tingkat panas yang sangat tinggi sehingga bisa membuat rambutmu semakin kering dan rusak.

Oleh karena itu, cukup keringkan rambut secara alami dengan menggunakan handuk. Jika air dari bilasan rambut setelah keramas sudah kering, cukup tunggu hingga rambut kering dengan sendirinya.

Rambut sehat, bagus, dan kuat dapat dimiliki oleh semua pria. Dengan melakukan perawatan rutin dan mengikuti tips merawat rambut keriting pria, kamu bisa menjaga rambutmu tetap sehat untuk penampilan yang prima.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!