Rambut rontok? Klik disini untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Cara Merawat Rambut Ikal Pria, Buat Penampilanmu Lebih Berkesan

cara merawat rambut pria
jjbraids. com

Perawatan rambut pria bukan hal yang sepele dan tentunya penting untuk diperhatikan. Jenis rambut kaum pria juga beragam, ada yang memiliki rambut lurus, ikal, dan bergelombang.

Jika dilihat jenis rambutnya, banyak pria yang seringkali kesulitan untuk mengatur dan merawat rambut ikal. Jenis rambut yang lurus, tapi bergelombang dan nyaris keriting merupakan salah satu karakter dari pemilik rambut ikal.

Seperti jenis rambut lain, rambut ikal juga memiliki perlu dirawat dengan baik. Jika melakukan perawatan yang tidak tepat, rambut akan rusak. Berikut ini lima cara merawat rambut ikal pria yang perlu diperhatikan.

Pilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Mencari produk shampo khusus pria mungkin lebih tricky karena pilihan dan mereknya tidak sebanyak shampo untuk wanita. Namun, pada dasarnya kandungan dalam produk shampo yang harus diperhatikan sebelum membeli.

Jika kamu masih menggunakan shampo 2 in 1, yaitu sabun yang ditujukan untuk menjadi sabun badan dan sampo, kini saatnya untuk berhenti. Kandungan bahan yang digunakan pada kulit badan tidak seharusnya digunakan untuk kulit kepala atau rambut, begitu pula sebaliknya.

Untuk model rambut ikal, pilihlah shampo yang mampu mempertahankan gelombang rambut secara alami. Oleh karena itu, pilih shampo yang mengandung niacin, yaitu zat yang mampu meningkatkan sirkulasi, ketebalan helai rambut dan meningkatkan kelembaban kulit kepala. Kandungan niacin juga mampu mencegah kebotakan loh!

Gunakan Kondisioner

Produk perawatan rambut tentu tidak terbatas hanya shampo. Kondisioner merupakan salah satu produk rambut yang tidak kalah penting dengan shampo. Sayangnya, produk ini masih sering dilupakan oleh para pria.

Kondisioner berfungsi untuk melembabkan rambut. Penggunaan kondisioner secara rutin akan melindungi rambut dari kekeringan, rusak, bercabang dan membuat rambut lebih mudah diatur.

Setelah keramas, gunakan kondisioner dari batang rambut hingga ujung rambut diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

Pilih Sisir Bergigi Jarang

Menyisir rambut adalah salah satu kegiatan yang sering diabaikan oleh para pria. Kebanyakan beranggapan bahwa pria khususnya yang berambut pendek dan ikal—tidak perlu menyisir karena menganggap bahwa rambut akan tetap tertata dan rapi dengan sendirinya.

Namun, rambut yang tidak disisir justru akan mudah kusut dan sulit diatur. Tak sekedar menyisir, perhatikanlah jenis sisir yang kamu gunakan. Untuk model rambut ikal, gunakan sisir rambut yang bergigi jarang agar rambut tidak mudah tersangkut.

Cara merawat rambut ikal pria yang tepat adalah dengan menyisir rambut dengan lembut dari pangkal ke ujung rambut. Sehabis keramas, sebisa mungkin hindari menyisir saat keadaan rambut masih basah.

Konsumsi Tambahan Vitamin

Nutrisi dan vitamin pada rambut bisa berasal dari mana saja, tidak hanya sampo. Tidak jarang ketika kamu sudah menggunakan sampo dan kondisioner yang tepat, kondisi rambut masih kurang maksimal.

Jika kandungan dalam shampo belum cukup untuk merawat rambut, kamu bisa mengkonsumsi vitamin jenis finasteride. Vitamin yang berbentuk tablet ini berfungsi untuk menahan konversi testosteron menjadi androgen dihydrotestosterone (DHT) yang dapat berdampak pada kesehatan folikel rambut.

Formula ini juga membantu mencegah kerontokan dan mengatasi kebotakan dini. Vitamin ini dapat diminum setelah atau sebelum makan, dan biasanya cukup dikonsumsi satu kali dalam sehari, atau sesuai dengan anjuran dokter.

Perhatikan instruksi yang ada dalam kemasan dan konsultasi kepada dokter untuk dosis yang tepat. Jauhkan vitamin dari suhu panas atau sinar matahari dan simpan vitamin di suhu ruangan agar tetap terjaga.

Potong Rambut dengan Teratur

Cara merawat rambut ikal pria yang terakhir adalah potong rambut. Kegiatan yang paling sering dilakukan pria di salon atau barber tentunya adalah potong rambut. Namun, tahukah kamu bahwa setiap jenis rambut memiliki waktu dan rutinitas potong rambut yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum potong rambut perlu diperhatikan jenis dan kondisi rambut yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki rambut panjang atau sering melakukan styling rambut maka perlu potong rambut secara teratur. Sebab, dua model rambut ini paling sering mengalami kerusakan dan jika dibiarkan kerusakan yang dialami oleh rambut akan semakin parah.

Namun, bukan berarti pria yang berambut pendek tidak perlu rutin untuk potong rambut. Untuk menjaga gelombang pada rambut, pria disarankan untuk rutin memotong rambut. Rambut yang semakin panjang biasanya akan rapuh dan bercabang. Untuk menghindari hal ini maka rambut harus dipotong sekitar 1 – 2 cm.

Beberapa pakar menyarankan agar dapat memotong rambut sekitar delapan minggu hingga tiga bulan sekali. Jangka waktu ini perlu disesuaikan dengan jenis dan kondisi rambut yang dimiliki.

Perawatan rambut akan sangat mudah jika kamu mengerti kandungan apa saja yang bagus untuk jenis rambutmu. Untuk tipe rambut ikal kandungan formula niacin dan vitamin minum yang mengandung finasteride akan sangat membantu untuk menjaga kondisi rambutmu.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!