Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Tips Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat WFH

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Photo by: David Travis on Unsplash

Dengan adanya anjuran untuk bekerja dari rumah atau working from home (WFH), rutinitas kamu pasti ikut berubah. Hal utama yang biasanya menjadi masalah merupakan perangkat kerja yang ergonomis.

Posisi duduk sering kali berpengaruh pada jarak pandang dari mata ke layar laptop. Nah, untuk menghindari kerusakan, berikut ini tips pentingnya menjaga kesehatan mata WFH yang bisa kamu perhatikan

1. Ikuti rumus mata sehat 20-20-20 

Mengingat hitungan angka kembar ini tentunya tidak sulit β€˜kan? Rumus 20-20-20 yang dimaksud adalah durasi yang perlu diperhatikan selama beraktivitas. Jauhi layar smartphone atau laptop setiap 20 menit dan pandangi objek sejauh 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik.

Pentingnya menjaga kesehatan mata WFH bisa didukung dengan menggunakan rumus ini agar dapat meminimalisasi risiko kerusakan mata. Terlalu lama memandangi layar gadget akan membuat mata terasa tegang. Jadi, kamu bisa mengurangi risiko pandangan mata menjadi kabur, mata kering, bahkan sampai pusing dan migrain, loh!

2. Atur ruang kerja yang kondusif

Mengetik dokumen atau sekedar nonton video di laptop sambil tiduran memang nyaman. Namun, posisi ini tidak baik bagi kondisi tubuh, terutama bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, coba luangkan waktu untuk mengatur ruang kerja yang baik untuk posisi tubuhmu.

Biasakan bekerja dengan posisi duduk di depan meja agar kesehatan punggung tetap terjaga. Posisikan laptop sejajar dengan posisi mata dan atur jarak sekitar 40 cm agar mata tidak cepat lelah. Jika terlalu dekat, mata harus bekerja secara ekstra untuk melihat layar.

Setelah itu, pastikan kondisi ruangan tempat bekerja memiliki cukup cahaya. Kamu bisa memilih ruangan kerja dekat jendela agar mendapat cahaya yang cukup. Pastikan tidak duduk membelakangi jendela agar layar laptop tidak memantulkan cahaya matahari.

3. Sering berkedip

Siapa sangka sering berkedip saja dapat menjaga kesehatan mata? Pentingnya menjaga kesehatan mata WFH bisa didukung dengan upaya sepele ini yang ternyata mampu membawa dampak besar untuk kesehatan mata. Banyak berkedip membuat mata tetap terhidrasi sehingga mata kembali terasa segar. 

Saat mata kita berkedip, secara otomatis bagian dalam kelopak mata kita membasahi bola mata kita agar tetap terhidrasi. Air mata juga berfungsi untuk membersihkan kotoran yang tidak sengaja masuk ke area mata. Jadi, pejamkan mata sejenak saat mata mulai terasa kering dan pedas.

4. Pijat mata secara perlahan

Seperti bagian tubuh lainnya, mata pun perlu mendapat pijatan lembut untuk meredakan rasa pegal. Setelah berjam-jam menatap layar gadget, kamu akan mulai merasakan rasa kaku dan pegal di sekitar area mata, bukan?

Kamu bisa memijat dengan melakukan gerakan memutar di area pelipis sekitar pelipis. Kamu juga bisa memberikan tekanan lembut di area alis dan kantung mata. Gunakan juga krim mata agar memudahkan gerakan selama memijat, ya!

5. Minum air putih yang cukup

Selain menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, minum 8-10 gelas air per hari juga dapat menjaga kesehatan mata. Kamu bisa meminimalisasi risiko mata kering karena tubuh terhidrasi dengan baik.

Hindari konsumsi minuman bersoda dan perbanyak air putih. Kandungan gula akan membuat kamu cepat haus dan mengakibatkan tubuh kurang prima dengan kondisi mata yang cepat kering. Nah, pastikan kamu selalu membawa segelas air saat sedang bekerja, ya!

6. Konsumsi makanan yang menyehatkan mata 

Wortel bukan satu-satunya makanan yang baik untuk kesehatan mata. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari jenis makanan lainnya, seperti ubi, brokoli, dan bayam, loh!

Selain itu, makanan yang mengandung Omega-3 seperti ikan kembung, salmon, dan tuna juga baik untuk kesehatan mata. Lengkapi juga dengan camilan sehat seperti dark chocolate atau blueberry yang kaya antioksidan serta kacang almond dan sereal gandum yang kaya vitamin E untuk pilihan camilan lainnya.

Konsumsi cemilan sehat seperti kacang-kacangan yang mengandung Zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan daya serap vitamin A oleh tubuh. Zinc juga baik untuk merawat kondisi kulit kepala agar mencegah ketombe dan kulit kepala kering, tentunya dengan dukungan sampo dengan bahan berkualitas seperti Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil.

7. Gunakan obat tetes mata 

Menonton seluruh episode serial di sela pekerjaan memang seru. Namun, terlalu lama menatap layar di laptop mengakibatkan mata kering sehingga terasa pedas. Jika hal ini terjadi, jangan tunggu lagi untuk meneteskan obat mata agar kesehatan mata tetap terjaga.

Pancaran sinar dari gadget terbukti dapat membuat mata menjadi cepat kering dan terasa lelah. Jika sudah memandangi layar smartphone yang ukurannya kecil, mata harus bekerja lebih ekstra. Oleh dari itu, penggunaan obat tetes mata menjadi salah satu cara pentingnya menjaga kesehatan mata WFH jika mata sudah terasa lelah dan perih.

Meskipun sedang melangsungkan aktivitas di rumah, kamu juga harus selalu ingat pentingnya menjaga kesehatan mata. Rawat juga tubuhmu agar kamu tampil percaya diri setiap saat. Jadi, tetap perhatikan pentingnya menjaga kesehatan mata WFH dan rawat dirimu agar tetap sehat dan bugar.


Referensi
https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!