Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Mudah dan Hemat, Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jadi barang mahal jika kamu sudah mengalami sakit yang parah dan harus berobat dengan mengeluarkan banyak biaya perawatan. Faktanya, kesehatan adalah anugerah yang bisa kamu pertahankan dengan cara yang mudah dan hemat pula. Langkah-langkah preventif bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh lebih bugar dan sehat. Terutama kesehatan jantungmu yang merupakan organ paling vital dalam tubuh. Menjaga kesehatan jantung berarti memastikan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh berjalan normal dan tidak begitu berat karena pola hidup yang tidak sehat.

Untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan hidup yang tidak sehat serta memberikan dampak buruk bagi jantungmu, berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kamu lakukan. Tidak hanya dilakukan sekali dua kali, tetapi harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari sehingga kamu terbiasa dengan serta gaya hidup yang sehat ini.


1. Tidak Merokok


Bagi kamu yang masih atau pernah merokok, kamu pasti sudah pernah membaca tulisan peringatan akan bahaya merokok yang berada di kemasannya. Salah satu dampak dari merokok adalah rusaknya kerja jantung. Maka cara pertama menjaga kesehatan jantung yang dapat dilakukan adalah tidak lagi merokok. Seorang profesor epidemiologi sekaligus direktur statistik medis dari Cancer Research UK & UCL Trials Centre, University College London, Allan Hacksaw membenarkan hal ini.

Dalam riset yang dilakukan Hacksaw dengan mempelajari kondisi kesehatan jantung dan korelasinya dengan konsumsi rokok para partisipan volunteer, Hacksaw berhasil membuktikan bahwa dengan mengurangi konsumsi rokok dari yang biasanya lebih dari satu batang per hari menjadi satu batang per hari justru memperbesar risiko terkena jantung koroner bahkan stroke. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa perokok yang ingin menjamin kesehatan kardiovaskular harus benar-benar berhenti merokok secara total. Ini cara yang paling efektif yang perlu dilakukan.

Satu cara efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah mengganti konsumsi rokok dengan Nicotine Gum dari Newmanโ€™s. Kandungan nikotin yang sangat rendah di dalam permen karet ini digunakan sebagai bagian dari terapi berhenti merokok. Kamu juga tidak perlu khawatir saat akan beralih mengonsumsi Nicotine Gum ini karena sudah terbukti oleh FDA sebagai alternatif untuk membantumu berhenti merokok secara total.


2. Perhatikan Makanan Olahan Berlemak Jenuh


Banyak yang menyangka bahwa mengonsumsi makanan berlemak jenuh itu tidak baik bagi kondisi kesehatan jantung dan ini benar jika makanan tersebut sudah melalui proses pengolahan yang berlebihan. Proses pengolahan menjadikan lemak jenuh tersebut tidak lagi memiliki manfaatnya bagi kesehatan. Ada penelitian baru yang mendukung hal ini, bahwa sebenarnya konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tidak berdampak langsung pada kesehatan jantung.

Konsumsi secara berlebihan bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi, jika makanan tersebut diolah dengan cara-cara memasak yang tidak sehat seperti digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali tanpa diganti atau dikukus lalu dibakar sehingga kandungannya berubah. Kurangnya asupan lemak jenuh justru bisa berdampak buruk bagi kondisi tubuh terutama jantung.

Alih-alih melakukan diet tanpa konsumsi lemak sama sekali, kamu bisa mengonsumsi menu makanan organik seperti kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, atau daging sapi. Makanan-makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh yang aman untuk dikonsumsi serta tidak berlebihan. Kebutuhan tubuh atas asupan lemak terpenuhi, kesehatanmu juga tetap terjaga dengan baik.


3. Waktu Tidur yang Cukup


Waktu tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung kamu. Orang-orang dengan waktu tidur lebih sedikit punya risiko lebih tinggi untuk memiliki penyakit kardiovaskular, termasuk jantung koroner. Tidak peduli berapa usia, berat badan, kebiasaanmu berolahraga, atau kebiasan merokok sehari-harinya, jika waktu tidurmu tidak cukup akan mendatangkan masalah bagi kesehatan jantungmu sendiri.

Cara menjaga kesehatan jantung yang juga penting adalah memastikan kalau kamu memiliki waktu tidur yang cukup, termasuk pola tidur yang teratur dan tidak kacau. Saat tubuh kurang istirahat dan kurang mendapat asupan tidur yang berkualitas, aktivitas biologi dalam tubuh akan jadi kacau. Contoh dampaknya seperti mengganggu proses metabolisme tubuh, menjadikan tekanan darahmu tidak stabil, dan juga menjadi penyebab terjadi peradangan. Namun, tidak berarti kamu harus lebih sering atau lebih lama tidur. Waktu tidur yang terlalu panjang juga dapat mengganggu keseimbangan tubuhmu.

Perhatikan waktu serta pola tidurmu sehari-hari. Jika kamu memiliki kendala sulit tertidur di malam hari, jangan diperkeruh dengan menatap layar smartphone berjam-jam saat seharusnya kamu beristirahat. Matikan smartphone-mu, kamu bisa lakukan sedikit meditasi untuk menenangkan pikiran, minum banyak air putih hangat atau susu hangat sebelum tidur untuk membantumu mudah tertidur.


4. Rutin Berolahraga


Cara menjaga kesehatan jantung yang murah dan hemat tentu saja dengan rutin berolahraga. Beri kesempatan bagi tubuhmu untuk aktif bergerak dan berkeringat. Dengan berolahraga, kamu membantu pembuluh darah arteri jadi lebih bersih serta mempermudah kerja jantung. Bagaimana bisa? Byung-il William Choi, MD, seorang profesor medikasi kardiovaskuler dari Medical College of Wisconsin, Amerika Serikat, memberikan pernyataan ini yang didukung dengan salah satu studi yang dilakukan oleh peneliti-peneliti di Harvard University.

Di dalam studi tersebut disebutkan bahwa risiko penyakit jantung dapat ditekan hingga 20% dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang termasuk di dalam studi tersebut adalah lari atau jogging, berenang, bermain tenis, dan melakukan olahraga aerobik. Sementara olahraga yang lebih ringan seperti berjalan kaki sejauh kurang lebih 5 km atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 10%. Olahraga yang lebih ringan ini termasuk golf atau melakukan aktivitas lapangan, seperti pekerjaan membangun, bertani, atau pekerjaan lainnya yang mengharuskan kamu bergerak lebih banyak.

Kamu harus memastikan tubuhmu bergerak sehari-harinya, apalagi jika aktivitas atau pekerjaanmu banyak membuatmu duduk selama berjam-jam. Howard D. Sesso yang menggagas studi dari Harvard tersebut juga menekankan hal yang sama. Lamanya waktu berolahraga yang disarankan juga beragam tergantung jenis olahraga yang dilakukan. Idealnya, kamu perlu meluangkan waktu 30 โ€“ 60 menit setiap harinya untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga berat di waktu yang lebih singkat, sementara olahraga ringan dengan mengambil durasi yang lebih panjang. Pilih saja salah satu aktivitas olahraga yang menurutmu paling sesuai dengan kondisi serta kebutuhanmu.


Itu dia cara menjaga kesehatan jantung yang memiliki banyak manfaat bagi kamu. Empat cara sederhana yang dapat kamu jadikan kebiasaan sehari-hari di sela beraktivitas. Apalagi, jika kamu masih muda dan memiliki banyak waktu yang dapat dilakukan untuk melakukan cara-cara di atas sebagai bentuk perawatan dini yang memberikanmu investasi kesehatan jangka panjang. Atur jadwalmu sehari-hari dan pastikan kamu tidak melewatkan kebiasaan-kebiasaan baik ini, sampai benar-benar sudah tertanam dan menjadikanmu orang dengan gaya hidup yang lebih sehat.


Referensi
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29367388
https://www.health.com/condition/heart-disease/how-much-exercise-do-you-need-to-prevent-heart-disease
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/saturated-vs-unsaturated-fat
https://www.ahajournals.org/doi/abs/10.1161/01.cir.102.9.975

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!