Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

4 Cara Menipiskan Rambut Pria

cara menipiskan rambut pria
Unsplash

Saat orang lain ingin punya rambut tebal, kamu mungkin malah mengalami masalah dengan hal tersebut. Sebab, rambut yang tebal pun bukan berarti tanpa masalah. Umumnya, rambut tebal memiliki kondisi yang cenderung kering dan mengembang. Sehingga, akan terasa berat dan sulit diatur bagaimanapun kamu menatanya. Untungnya, sudah ada cara menipiskan rambut yang bisa membuat rambutmu lebih rapi dan tertata. Simak caranya di bawah ini!

Pilih Model Potongan Rambut Tipis

Cara menipiskan rambut termudah dan tersimpel adalah dengan memilih potongan rambut cepak. Model rambut cepak ini biasanya disebut dengan potongan buzzcut yang sering dipakai oleh tentara militer. Kamu bisa langsung mendapatkan hasil rambut yang tipis dan bebas dari masalah rambut tebal yang mengembang atau kering.

Potongan rambut model buzzcut sendiri memiliki berbagai macam pilihan. Salah satunya adalah buzzcut model klasik yang akan membuat rambut rapi dan simetris. Ada pula potongan rambut buzzcut modern yang bisa membuat garis rambut terlihat samar dengan memberikan aksen fade pada kedua sisi rambut. Yang terpenting, mengingat gaya buzzcut ini akan banyak mengekspos kulit kepala, pastikan kamu tidak punya masalah dengan ketombe dan gatal. Coba produk shampo ketoconzaole untuk mengatasi ketombe dan gatal di kulit kepala.ย ย 

Gunakan Sampo dan Kondisioner

Kalau masalah rambut yang kamu alami bukan hanya tebal, tapi juga kasar dan mengembang, maka pilihan terbaiknya adalah dengan rutin menggunakan sampo dan kondisioner. Kamu bisa pilih produk sampo yang mampu membuat rambut lebih lembut dan sehat. Setelah keramas, berikan conditioner pada rambut yang masih dalam kondisi setengah kering. Kemudian, kamu bisa merapikannya dengan sisir bergigi rata. Kombinasi sampo dan conditioner yang tepat ini akan membuat rambutmu lebih mudah diatur dan tidak mengembang.

Hindari Gunting Penipis Rambut

Kalau kamu pergi ke barbershop untuk mendapatkan potongan rambut yang tipis, kebanyakan tukang cukur dan penata rambut akan menyarankan penggunaan gunting penipis. Gunting penipis adalah salah satu alat yang digunakan untuk menipiskan rambut di bagian yang kamu inginkan. Akan tetapi, menggunakan gunting penipis rambut ini sebenarnya bukan solusi yang tepat, lho.

Sebab, ketika menggunakan gunting penipis rambut untuk mengurangi bagian rambut yang tebal atau kasar, justru akan menciptakan rambut dengan tekstur yang lebih kasar setelahnya. Hasil potongan yang pendek-pendek pun akan menyebabkan rambut tumbuh lebih lebat dan tebal. Jadi, alih-alih menggunakan gunting penipis, kamu bisa potong pendek buzzcut seperti yang tadi disarankan atau potong bersih sekaligus.

Jangan Pilih Model Potongan Ber-layers

Mungkin saja kamu tidak cocok dengan model potongan rambut buzzcut. Pada akhirnya, kamu pun memilih potongan model lain sebagai cara menipiskan rambut. Tidak masalah, selama kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan. Namun, sebagai saran, hindari model potongan rambut ber-layer yang justru akan menambah volume rambut.

Kalau memang ingin menghilangkan beberapa bagian pada rambut, mintalah penata gaya untuk menggunakan pisau cukur. Sebab, pisau cukur cenderung lebih efektif menipiskan dan mengurangi beberapa bagian rambut daripada gunting biasa.

Rambut yang tebal dan mengembang memang bakal mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Selain jadi lebih susah diatur, rambut yang tebal juga membuatmu lebih mudah kepanasan dan berkeringat. Oleh sebab itu, kamu bisa coba cara menipiskan rambut di atas sambil tetap menggunakan produk perawatan yang tepat untuk menjaga kesehatannya.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!