Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Terapkan 5 Cara Menghilangkan Ketombe Ini!

Cara Menghilangkan Ketombe

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu poin yang harus dilakukan oleh semua orang  di dalam kehidupan masing-masing. Ketika tubuh kamu sehat, maka kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman, aman, dan optimal. Namun sebaliknya, ketika tubuh kamu kurang sehat, maka kamu akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Selain itu, ketika kamu tidak bisa menjaga kesehatan tubuh, maka penampilan kamu juga bisa berkurang. Apa maksudnya? Salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya adalah rambut. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli dengan perawatan rambut karena merasa baik-baik saja. Cukup banyak masalah rambut yang bisa menghampiri. Paling umum adalah ketombe. Ketika ketombe menyerang rambut kamu, maka secara penampilan akan sangat mengganggu. Sebenarnya bagaimana cara menghilangkan ketombe?

Jika kamu sering menonton TV, maka kamu sudah sangat sering melihat berbagai macam iklan sampo yang selalu mengatakan bahwa mereka mampu menghilangkan ketombe. Bisa dibilang, semua produsen sampo menjadi kalimat “mampu menghilangkan ketombe” sebagai andalan untuk berjualan. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya, ketombe memang menjadi masalah yang umum hingga malah membuat orang tidak peduli ketika ketombe menyerang rambut mereka.

Banyak sekali sisi negatif dari ketombe ketika kamu sudah terkena masalah ini. Persoalan utamanya adalah dari sisi penampilan. Ketika kamu bertemu dengan kerabat atau rekan kerja, tanpa kamu sadari, mereka bisa saja melihat ketombe di rambut kamu. Selain itu, bisa juga ada ketombe yang jatuh ke baju kamu dan tertinggal sana. Akhirnya, baju kamu akan terlihat ada titik-titik putih yang sebenarnya bukan debu, melainkan ketombe. Sudah pasti ini akan sangat mengganggu kamu juga.

Sebenarnya untuk cara menghilangkan ketombe tidak bisa hanya dilakukan dengan satu cara saja dan selesai dalam sekejap. Perlu beberapa tahap yang juga berhubungan dengan gaya hidup kamu juga. Jadi, apa saja cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan bisa kamu terapkan mulai hari ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!


1. Mengubah Pola Makan


Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah mengubah pola makan. Tidak dapat dipungkiri, di tengah kesibukan saat ini membuat pola makan menjadi teratur. Tidak hanya dari jam makan saja yang berantakan, tetapi juga asupan gizi yang masuk ke tubuh sangatlah tidak seimbang. Kurangnya nutrisi, tidak makan sayur dan buah, serta seringnya menyantap makanan yang digoreng sebenarnya bisa membuat tubuh menjadi mudah diserang masalah, termasuk ketombe.

Khususnya makanan dengan karbohidrat yang tinggi. Makan seperti ini sebenarnya bisa menumbuhkan glycogen di kulit yang nantinya akan dimakan oleh kulit kering dan akhirnya menjadi ketombe. Selain itu, makanan yang memang sudah dikenal bisa menimbulkan jerawat juga bisa membuat ketombe muncul di kulit kepala. Tidak berhenti sampai di sini saja. Kamu juga harus menghindari atau mengurangi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi dan hasil olahan susu. Makanan seperti itu bisa memproduksi minyak berlebih di kulit.

Dari penjelasan tentang mengubah pola makan ini, bisa dilihat bahwa sebenarnya kamu bisa menghilangkan ketombe secara perlahan-lahan asalkan mulai meninggalkan makanan-makanan yang telah disebutkan di atas.


2. Lebih Sering Mencuci Rambut


Tidak hanya harus mengubah pola makan saja, tetapi kamu juga harus lebih sering mencuci rambut. Ketika kamu sering berpergian dan sudah pasti rambut menjadi terkena debu serta partikel lainnya, lama kelamaan, maka rambut kamu akan memiliki masalah ini. Maka dari itu, sebaiknya lebih seringlah dalam mencuci rambut. Namun perlu digaris bawahi bahwa sering mencuci rambut bukan berarti setiap hari.

Kamu bisa mencuci rambut sebanyak 2 hari sekali atau dibuat jadwal 3 kali dalam satu minggu. Jangan lupa bahwa mencuci rambut yang sudah dijadwalkan itu tidak langsung membuat rambut kamu menjadi bersih dari ketombe. Semuanya itu akan hilang secara perlahan-lahan asalkan kamu bisa disiplin dengan jadwal cuci rambut yang telah dibuat.


3. Gunakan Sampo Berkualitas


Sering mencuci rambut memang menjadi salah satu faktor kunci dalam cara menghilangkan ketombe. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, sebenarnya kamu juga harus menemukan sampo yang jauh lebih berkualitas dan mampu memberikan khasiat yang terbaik di dalam menjaga kesehatan rambut.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini banyak sekali merek sampo di luar sana yang menjual jargon mampu menghilangkan ketombe. Kamu pasti akan merasa kebingungan untuk mencari mana yang terbaik untuk kondisi rambut kamu. Namun sebaiknya kamu jangan sampai salah memilih shampo anti ketombe karena alih-alih mendapatkan kesehatan rambut, malah proses yang sudah dijalankan malah tidak ampuh menghilangkan ketombe.

Kamu sebaiknya menggunakan sampo yang memiliki kandungan dan khasiat yang ampuh. Kamu bisa menggunakan shampo ketoconazole. Ketoconazole merupakan medicated shampoo yang biasa digunakan untuk mengatasi ketombe, gatal, hingga kerak yang bisa muncul pada kulit kepala. Jadi, ketoconazole berfungsi untuk menjaga kondisi kulit kepala kamu agar tetap optimal untuk pertumbuhan rambut.

Untuk melakukannya, kamu perlu mengaplikasikan cairan sampo Ketoconazole secukupnya, lalu usapkan dan pijat secara lembut ke kulit kepala secara perlahan-lahan. Lakukan kurang lebih selamat tiga sampai lima menit setiap kali melakukan cuci rambut, agar mendapatkan hasil maksimal dalam mengurangi jamur penyebab ketombe.


4. Usap Sampo Langsung ke Kulit Kepala


Sebenarnya ada cara penggunaan sampo yang bisa kamu lakukan di dalam usaha menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan mengusap sampo langsung ke kulit kepala. Mengapa hal ini harus kamu lakukan? Sejak awal, munculnya ketombe itu diawali dari kulit kepala. Agar bisa langsung menuju ke sumbernya, maka dari itu kamu harus melakukan hal ini.

Untuk melakukannya, kamu perlu menaruh cairan sampo secukupnya lalu usapkan ke kulit kepala secara perlahan-lahan. Lakukan selama lima menit setiap kali melakukan cuci rambut. Jangan sampai kamu melakukannya dalam waktu kurang dari lima menit karena nanti hasilnya tidak akan maksimal.


5. Jangan Sering Menggaruk Kulit Kepala


Siapa yang masih suka menggaruk kulit kepala ketika kepala terasa gatal? Mungkin kamu adalah salah satunya. Ketika rambut kamu terserang ketombe, memang sudah pasti masalah gatal-gatal akan melanda kulit kepala. Rasanya pasti enak ketika gatal itu bisa hilang setelah digaruk. Namun ada masalah lain ketika kamu sering menggaruk kulit kepala.

Ketika sering menggaruk kulit kepala, maka akan menyebabkan iritasi. Apalagi saat kamu menggaruknya dengan kuku yang panjang dan tajam. Dengan kondisi kuku seperti itu, maka kamu bisa saja menimbulkan luka di kulit kepala dan itu bisa berlanjut menjadi infeksi. Daripada terkena masalah baru, tidak hanya ketombe namun juga infeksi, cobalah untuk tidak sering menggaruk kulit kepala. Kalaupun memang gatal, cobalah untuk tidak digaruk, tetapi dipijat secara perlahan-lahan. Cara seperti itu jauh lebih baik dibandingkan menggaruk.

Sekarang kamu sudah tahu cara menghilangkan ketombe yang memang harus dilakukan dengan berbagai cara dan harus sabar menunggu hasilnya. Semoga rambut kamu menjadi lebih sehat dan terbebas dari masalah ketombe yang mengganggu.


Referensi
https://www.thecut.com/article/how-to-get-rid-of-dandruff.html

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!