Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

4 Cara Mudah Hilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Kantung Mata secara Alami
Photo by: Samer Daboul from Pexels

Masalah kantung mata dan area bawah mata yang menggelap dialami oleh banyak orang. Ini benar-benar jadi kondisi yang mengganggu penampilan, sekaligus jadi indikasi gaya hidup yang tidak sehat. Seperti konsumsi alkohol dan rokok yang berlebihan, sampai pola tidur yang tidak teratur, dan kelelahan. Kamu dapat mengkonsumsi Nicotine Gum dari Newman’s dengan kandungan nikotin sangat rendah untuk membantumu berhenti merokok, namun ada cara lain yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kantung mata.

Selain menjaga pola hidup sehat dan makan-makanan bergizi, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Karena cara-cara berikut ini termasuk mudah dilakukan dengan bahan-bahan yang hampir selalu dimiliki oleh orang-orang di rumah mereka.


1. Taruh Kantong Teh di Area Mata


Tidak hanya nikmat saat diminum selagi hangat, teh celup juga dapat kamu jadikan cara menghilangkan kantung mata secara alami. Teh celup yang sudah pernah kamu gunakan jangan langsung dibuang, sebaliknya dapat kamu taruh di area kantung mata. Karena kandungan kafein pada teh ini memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah pada kulit di area mata.

Kamu juga dapat menggunakan teh hijau. Karena tidak hanya dapat menghilangkan kantung mata, menurut riset yang dilakukan oleh Priyanka Chatterjee seorang peneliti dari Pharmacognosy Division, Bengal School of Technology India, kandungan pada teh hijau juga bermanfaat mengatasi peradangan pada kulit.

Cara menggunakan kantung teh  ini juga mudah. Letakkan teh celup yang sudah kamu gunakan di kulkas selama 20 menit. Lalu peras hingga tidak banyak kandungan airnya, lalu taruh kantong teh tersebut di area kantung matamu. Biarkan selama 15-30 menit.


2. Kompres Mata dengan Irisan Timun


Banyak ahli yang menyarankan untuk mengompres mata sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Salah satu kiat kompres yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan irisan timun pada mata, karena kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Caranya juga mudah untuk dilakukan. Iris tipis timun yang sudah kamu taruh di kulkas, lalu cuci muka. Setelah cuci muka, pori akan terbuka, kamu tinggal meletakkan irisan timun dingin tadi di atas matamu yang tertutup. Biarkan irisan timun dingin ini mengompres matamu selama 15-20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air. Kamu dapat melakukan ini secara rutin di malam hari sebelum beristirahat.


3. Oleskan Gel Lidah Buaya


Kandungan humektan pada gel lidah buaya ini dapat melembutkan kulit, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Terutama area kulit di bawah mata. Lidah buaya bermanfaat menyehatkan kondisi kulit di area bawah mata dan membuatnya jauh lebih halus. Ini sebabnya gel lidah buaya juga jadi cara menghilangkan kantung mata secara alami yang banyak disarankan untuk dilakukan.

Untuk mengaplikasikan gel lidah buaya ini, kamu dapat memotong lidah buaya lalu mengambil gel di dalamnya. Taruh gel di dalam wadah dan dinginkan di kulkas. Oleskan gel lidah buaya ini di area kantung mata setelah kamu mencuci muka. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air. Selain menggunakan tanaman lidah buaya, kamu juga dapat menggunakan produk gel lidah buaya dengan memilih produk dengan kandungan lidah buaya tinggi.


4. Gunakan Putih Telur


Putih telur terkenal sebagai salah satu zat alami yang memiliki fungsi mengencangkan, mencerahkan, serta menghilangkan kantung di bawah mata. Kate Somerville dalam bukunya yang bertajuk Complexion Perfection juga menjelaskan bagaimana putih telur membantu meningkatkan sirkulasi darah hingga dapat mengurangi ukuran kantung mata. Menggunakan putih telur juga patut kamu coba.

Kamu dapat menyisihkan putih telur untuk digunakan sebagai masker mata. Aduk pelan putih telur, lalu oleskan merata di area kantung mata. Kamu juga dapat menggunakan tisu yang agak tebal, lalu direndam ke putih telur. Setelah tisu tersebut meresap putih telur, kamu dapat meletakkan tisu tersebut seperti masker di area kantung mata. Diamkan selama beberapa saat, sekitar 10-15 menit sebelum mencuci wajahmu.


Lakukan salah satu cara-cara di atas dengan rutin dan berkala sambil terus menjaga pola hidup sehat. Pastikan juga kamu mendapat tidur yang cukup, beristirahat paling tidak 8 jam sehari. Tidak hanya baik untuk mengurangi kantung mata, tetapi juga membantumu menjaga tubuh tetap bugar.


Referensi
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/diagnosis-treatment/drc-20369931
https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/how-to-get-rid-of-bags-under-your-eyes
https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-banish-the-bags-under-your-eyes

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!