Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

4 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami

Cara Mengempeskan Jerawat
Photo by: Scott Webb on Unsplash

Selain masalah hormon yang tidak stabil yang menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, faktor lain seperti sensitivitas kulit serta pubertas juga dapat menyebabkan masalah jerawat yang mengganggu. Kamu tidak bisa dengan sembarangan mengatasi atau mengempeskan jerawat. Namun kamu dapat menggunakan cara mengempeskan jerawat yang memanfaatkan bahan-bahan alami yang dengan mudah bisa kamu dapatkan. Caranya pun tidak sulit, selama kamu melakukannya dengan tepat serta rutin.

Berikut 4 cara mengempeskan jerawat dengan bahan alami yang dapat kamu coba!


1. Dikompres dengan Es Batu


Salah satu institut dermatologi terpercaya di dunia, American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk menghindari bahan-bahan dengan basis kandungan alkohol tinggi untuk mengatasi jerawat. Karena dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat. Itu sebabnya cara alami lebih baik untuk mengatasi jerawat.

Siapa sangka salah satu cara mengempeskan jerawat yang paling ampuh justru menggunakan bahan paling sederhana yang dengan mudah ditemukan hampir di mana saja. Ya, es batu. Menggunakan es batu untuk mengompres jerawatmu dapat membantu mendinginkan jerawat dan mengurangi ukurannya. Bahkan beberapa kondisi jerawat yang tidak begitu ganas, dapat dihilangkan sama sekali dengan dikompres menggunakan es batu.

Kamu cukup melapisi es batu dengan kain tipis yang bersih, lalu tempelkan es batu ke jerawat selama beberapa saat tergantung kondisi jerawat. Sebelum melakukan cara ini, pastikan juga, kamu sudah membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Lakukan 2-3 kali, lalu bilas wajah dengan air dingin.


2. Mengoleskan Perasan Lemon ke Jerawat


Kandungan alami asam sitrat dan vitamin C pada lemon ini cocok untuk dipakai mengatasi jerawat pada kulit. Karena memiliki kandungan asam, kamu dengan kulit sensitif dan mudah iritasi dapat mencampurkan air pada perasan lemon sebelum digunakan, untuk mengurangi tingkat keasamannya.

Saat akan menggunakan air perasan lemon pada jerawatmu, pastikan kamu sudah membersihkan wajah, dan jangan gunakan tanganmu. Pakai cotton buds yang sudah dibasahi dengan air perasan lemon pada jerawat. Diamkan 1-2 menit sebelum kamu membilas wajahmu dengan air hangat. Cara mengempeskan jerawat ini perlu kamu lakukan beberapa kali sampai jerawat kempes sepenuhnya.


3. Gunakan Campuran Bubuk Kayu Manis dan Madu


Kedua bahan alami ini memiliki kandungan antioksidan yang sama-sama tinggi. Ini sebabnya menggunakan kedua bahan ini cocok jadi cara mengempeskan jerawat yang dapat kamu coba. Karena riset dari Department of Dermatology State University of New York mendukung bahwa antioksidan pada kayu manis dan madu lebih efektif mengempeskan jerawat daripada bahan dengan kandungan benzoil peroksida dan retinoid.

Cara membuatnya, kamu cukup mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan bubuk kayu manis sampai membentuk pasta. Campuran yang serupa pasta ini kamu oleskan pada jerawat, lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan wajahmu dengan pembersih dan keringkan wajahmu dengan menepuk-nepukkan handuk pada wajah.


4. Manfaatkan Toner Cuka Apel


Cuka apel ini dibuat dengan proses fermentasi, dan sebagaimana cuka yang pada umumnya. Cuka apel juga dapat dipakai untuk mengatasi bakteri dan virus. Dalam kandungan cuka apel juga terdapat beberapa jenis asam organik yang dapat mengatasi jerawat. Terutama asam suksinat yang sudah terbukti dapat penekanan peradangan pada kulit yang berujung pada timbulnya jerawat.

Cara mengempeskan jerawat dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan cuka apel dengan memanfaatkannya sebagai toner. Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan perbandingan 1:3. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu dapat menambahkan lebih banyak air. Setelah kamu membersihkan wajahmu, teteskan campuran cuka apel dan air ini pada kapas dan pakaikan ke wajahmu seperti menggunakan toner. Diamkan selama 5-10 menit sebelum membilas wajah. Setelah itu keringkan wajah dengan menepuk-nepukan handuk pada wajah.

Kamu perlu tahu bahwa menggunakan cuka pada wajah dapat mengakibatkan iritasi, itu sebabnya penting untuk mencampurkan cuka apel dengan air sebelum digunakan. Jerawat bukan satu-satunya masalah penampilan yang kerap dihadapi pria, kulit wajah kusam, bahkan sampai pada rambut rontok dan masalah kebotakan.


Jika cara-cara di atas dapat kamu pakai untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit, untuk mengatasi rambut rontok kamu dapat mengandalkan produk hair loss dari Newman’s. Salah satunya dengan menggunakan minoxidil 5% yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke kulit kepala dan membantu pertumbuhan rambutmu.


Referensi
https://www.healthline.com/nutrition/get-rid-of-pimples-fast#section2
https://www.thehealthy.com/skin-health/acne/home-remedies-for-acne/

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!