Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Cara Mencegah Rambut Rontok pada Pria

mencegah rambut rontok
Photo by: Newman's

Perawatan rambut bukan hal yang sulit untuk dilakukan oleh pria. Namun, pria tentunya ingin selalu menjaga penampilan, salah satunya dengan melakukan perawatan rambut. Jika pria mengalami kerontokan rambut parah, hal ini bisa menyebabkan kebotakan.

Kerontokan rambut pria (androgenetic alopecia) merupakan masalah serius yang perlu diatasi. Oleh karena itu, lebih baik jika pria bisa mencegahnya terlebih dahulu sebelum masalah rambut rontok semakin parah. Berikut ini cara mencegah rambut rontok yang terjadi pada pria.

Meminimalisasi Stres

Saat mengalami kerontokan rambut, banyak pria yang merasa semakin tertekan karena tidak percaya diri dengan penampilannya. Saat mengalami rambut rontok parah, cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengelola stress.

Dari tinjauan medis, tingkat stress yang tinggi bisa mengakibatkan rambut rontok. Beberapa kondisi yang menyebabkan rambut rontok karena rambut terdorong keluar (telogen effluvium), keinginan untuk menarik rambut dari kulit kepala (trichotillomania), dan menurunnya sistem kekebalan tubuh yang menyerang folikel rambut (alopecia areata).

Mengatur Pola Makan dan Banyak Minum

Asupan nutrisi juga perlu dijaga agar dapat menjaga pertumbuhan rambut lebih cepat dan kuat. Kandungan biotin adalah nutrisi yang terbaik yang bisa mendukung pertumbuhan rambut. Namun, pengaturan nutrisi dengan penyesuaian pola makan secara umum juga tetap perlu dilakukan.

Selain kandungan nutrisi, penting untuk minum banyak air agar tetap terhidrasi. Folikel rambut terbuat dari kandungan air. Oleh karena itu, kandungan air di dalam tubuh perlu dipenuhi untuk tetap menjaga folikel rambut tetap kuat.

Berolahraga secara Teratur

Pertumbuhan rambut juga perlu didukung dengan sirkulasi pernapasan yang baik. Olahraga adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk bisa melepas stress. Secara keseluruhan, kamu juga bisa menjaga sirkulasi pernapasan di kulit kepala. Jika hal ini bisa diatur dengan baik, pertumbuhan rambut dapat dijaga dengan baik juga.

Konsumsi Suplemen Bernutrisi Tinggi

Selain mengatur gaya hidup dan pola makan, pria juga bisa mencegah kerontokan rambut dengan mengkonsumsi suplemen. Beberapa suplemen berupa vitamin rambut rontok pria berikut ini dibutuhkan untuk dapat menstimulasi pertumbukan folikel kulit kepala.

  • Finasteride

    Obat berbentuk tablet yang dikenal dengan sebutan Propecia. Berfungsi untuk mengatur kandungan dihydrotestosterone dalam tubuh.

  • Minoxidil

    Obat luar berupa lotion untuk dioleskan ke kulit sebagai perawatan kebotakan berlisensi yang biasanya digunakan di Inggris.

Melakukan Konsultasi saat Terjadi Gejala Awal

Saat sudah mengalami tanda-tanda rambut rontok, sebaiknya pria mulai melakukan identifikasi. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan rambut. Konsultasi dengan dermatologis dibutuhkan agar bisa mengidentifikasi gejala dan menemukan penanganan yang tepat untuk mencegah rambut rontok parah. Jika langkah perawatan bisa dilakukan dengan lebih cepat, kebotakan dapat dicegah.

Semakin cepat pria melakukan langkah-langkah pencegahan, tingkat kerontokan rambut setidaknya berkurang. Selain itu, penanganan juga bisa dilakukan dengan hasil yang lebih efektif berkat konsultasi dengan dermatologis.


Referensi
https://www.gq.com/story/how-to-actually-prevent-hair-loss


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!