Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Rambut Kaku? Simak, 7 Cara Melemaskan Rambut Ini

Rambut Kaku Simak, 7 Cara Melemaskan Rambut Ini
Photo by Newman's

Rambut yang kaku dan kusut pastinya terlihat sangat jelek dan tidak menarik. Sayangnya, masalah rambut tersebut sangat sering terjadi. Tidak hanya pada wanita saja, pria pun sering mengalaminya. Rambut yang kaku dan kusut tersebut biasanya disebabkan oleh tekstur rambut yang kering dan telah kehilangan kelembaban alaminya.

Namun, kamu tidak perlu khawatir saat mengalami masalah rambut yang satu ini. Rambut yang kaku dan kusut bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Selain itu, ada beberapa pula pantangan yang harus dijauhi jika kamu tidak ingin mendapatkan rambut yang kusut. Nah, sudah penasaran apa saja cara melemaskan rambut yang bisa kamu coba? Simak dahulu ulasannya berikut ini.


1. Gunakan Minyak Kelapa


Minyak kelapa saat ini sudah menjadi hal penting untuk kecantikan. Minyak yang satu ini memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Beberapa masalah rambut, seperti rambut yang kering dan kaku, ternyata bisa diperbaiki dengan menggunakan jenis minyak yang satu ini.

Sudah terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa minyak kelapa mampu mengatasi kulit yang kering. Namun, minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk membuat rambut menjadi lebih lembut.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa setelah keramas. Tuang sedikit minyak kelapa pada telapak tangan. Kemudian, oleskan pada bagian rambut secara merata. Jika terlalu berminyak, kamu bisa hanya mengoleskannya pada ujung rambut. Minyak kelapa akan meresap ke dalam rambut dengan sangat baik sehingga akan cepat membantu membuat rambut menjadi lembut dan lemas.


2. Masker Rambut dari Pisang


Salah satu buah yang paling mudah didapatkan di Indonesia tentunya adalah buah pisang. Buah khas tropis yang satu ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat saja, tetapi juga memiliki banyak sekali kandungan baik yang berguna untuk kesehatan tubuh dan rambut.

Beberapa zat yang dikandung oleh pisang antara lain vitamin C, karbohidrat, hingga potassium yang merupakan bahan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Jadi, pisang pun akan sangat bermanfaat untuk menjaga kelembutan rambut.

Kamu bisa membuat pisang untuk digunakan sebagai masker rambut. Selain pisang, kamu juga membutuhkan bahan lain seperti yogurt sebanyak dua sendok makan. Campurkan yogurt tersebut dengan pisang dan aduk hingga pisang hancur.

Saat sudah memiliki tekstur seperti pasta, kamu bisa langsung segera mengaplikasikannya pada rambut secara merata. Setelah itu, tunggu selama kurang lebih 45 menit dan barulah bilas rambut dengan shampoo dan air bersih. Lakukan perawatan ini dengan rajin, rambut akan menjadi lebih cepat lembut.


3. Keramas dengan Air Dingin


Cara melemaskan rambut selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan keramas menggunakan air dingin. Mandi dan keramas menggunakan air hangat memang bisa membuat tubuh merasa lebih rileks dan menenangkan pikiran. Namun, keramas menggunakan air hangat tidak baik untuk rambut. Jika terlalu sering keramas menggunakan air hangat, rambut bisa menjadi lebih kusut, kaku, dan kering.

Mulai saat ini, cobalah untuk keramas menggunakan air dingin karena bisa membuat rambut lebih kuat dan lembut. Rambut pun tidak akan mudah bercabang jika kamu keramas menggunakan air dingin. Jangan lupa setelah keramas sebaiknya mengeringkannya dengan handuk saja. Kamu juga tidak perlu meremas handuk dengan sangat kuat karena akan menyebabkan kerontokan. Cukup tepuk-tepuk pelan handuk saat mengeringkan rambut ya.


4. Jangan Terlalu Sering Keramas


Masih banyak orang beranggapan bahwa keramas setiap hari akan membuat rambut menjadi lebih indah dan sehat. Meskipun saat kecil kita disuruh untuk keramas setiap hari, hal itu tidak berlaku lagi saat sudah dewasa. Pasalnya, rambut akan mengalami perubahan sehingga tidak perlu lagi untuk dicuci setiap hari.

Terlalu sering keramas akan membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Selain itu, rambut juga akan lebih kusut dan tidak bisa terlihat halus dan berkilau. Hal itu disebabkan minyak alami pada rambut akan berkurang jika kamu keramas hampir setiap hari.

Sebaiknya kamu keramas dua hari sekali apabila kamu adalah tipe orang yang rambutnya berminyak. Jika rambutmu bertipe kering, kamu bisa mencoba keramas sebanyak dua kali dalam seminggu saja.


5. Rajin Trimming Rambut


Trimming atau memangkas rambut secara rajin juga diperlukan jika kamu ingin memiliki rambut yang senantiasa sehat dan lembut. Cara melemaskan rambut yang satu ini sangatlah mudah dilakukan karena kamu hanya perlu memantapkan hati untuk pergi ke tukang cukur rambut setiap bulannya. Jika rajin mencukur rambut, pastinya rambut bisa menjadi lebih halus, lembut, dan tumbuh lebih sehat.

Saat melakukan trimming, ujung rambut yang biasanya rusak dan bercabang akan segera digunting. Hal itu pun akan membuat rambut bisa tumbuh lebih sehat dan membuatnya menjadi lebih halus. Jika rambut dibiarkan saja dan tidak dipangkas setiap bulan, maka rambut bisa menjadi lebih mudah rusak dan kusut.

Meskipun cara yang satu ini sangat mudah, tetapi masih banyak orang yang mengaku malas untuk pergi ke tukang cukur setiap bulannya. Jika kamu ingin rambut terlihat semakin halus dan sehat, buanglah rasa malas itu, ya.


6. Masker Rambut dari Lidah Buaya


Cara melemaskan rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya sudah menjadi salah satu tanaman yang sangat baik untuk kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh dan rambut. Selain dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat luka bakar, lidah buaya juga mengandung enzim yang bisa mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

Tanaman berwarna hijau dengan bentuk yang khas ini juga mengandung kandungan mirip keratin yang bisa merasuk sempurna dalam rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat.

Memanfaatkan lidah buaya sebagai masker rambut juga sangat mudah. Apalagi tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kamu hanya perlu memotong satu tangkai lidah buaya dan mengambil dagingnya. Kemudian oleskan bagian daging lidah buaya itu ke rambut secara merata mulai dari pangkal hingga ujung dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan shampoo hingga bersih.


7. Gunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun masih sering dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk memasak. Padahal, minyak yang satu ini memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Kamu bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan sehat dengan memanfaatkan minyak zaitun.

Cobalah untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut secara tipis dan tunggu selama beberapa menit. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan air dingin dan shampoo. Rajin melakukan perawatan rambut dengan minyak zaitun dijamin akan membuat rambutmu semakin sehat dan berkilau.


Selain menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang tepat agar rambut selalu sehat dan halus. Salah satu produk yang bisa kamu coba gunakan yaitu yang dibuat dari bahan-bahan alami yang berkualitas. Ada banyak macam produk yang ditawarkan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Masalah rambut seperti kerontokan hingga ketombe bisa diatasi dengan mudah menggunakan produk dari Newmanโ€™s.


Referensi
https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/15-easy-ways-get-silky-smooth-hair.html
https://www.stylecraze.com/articles/18-super-effective-ways-to-how-to-get-smooth-hair/
https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair#2

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!