Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

5 Cara Melancarkan Peredaran Darah pada Tubuh

Cara Melancarkan Peredaran Darah

Darah sangat dibutuhkan oleh tubuh karena fungsinya dalam memberi nutrisi serta oksigen ke seluruh organ tubuh. Darah yang dipompa dari jantung menuju organ-organ tubuh akan kembali lagi ke jantung. Lalu, apa yang akan terjadi apabila volume darah yang diterima setiap organ tubuh semakin berkurang? Munculah berbagai masalah kesehatan kronis yang mengkhawatirkan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Apabila pembuluh darah semakin menyempit, maka organ-organ tubuh pun tidak dapat bekerja dengan maksimal. Dengan demikian, memiliki pengetahuan akan gejala serta akibat dari kurang lancarnya peredaran darah juga tidak kalah penting. Simak dan pahami cara-cara melancarkan peredaran darah yang efektif menyehatkan tubuh.


Gejala dan Akibat dari Peredaran Darah yang Tidak Lancar


Kelancaran peredaran darah tidak sama dengan tekanan darah. Jika kamu sering merasa kesemutan, kram, dan sakit yang menusuk pada anggota gerak tubuh, bisa jadi itu tanda-tanda peredaran darah kurang lancar. Hal yang perlu diketahui dari isu kesehatan ini adalah bahwa kurang lancarnya peredaran darah disebabkan oleh gangguan organ atau penyakit yang diidap.

Salah satu penyebab kurang lancarnya peredaran darah adalah penyumbatan arteri atau biasa disebut peripheral artery disease (PAD). Jika tidak ditangani segera, penyumbatan ini akan menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Kemudian, trombus atau pembekuan darah juga bisa memengaruhi kelancaran peredaran darah. Selain kedua gangguan yang telah disebutkan, varises, diabetes, obesitas, dan Raynaud’s disease adalah penyebab lain peredaran darah menjadi tidak lancar.

Mengingat kelancaran peredaran darah menjadi gejala umum beberapa penyakit, ada baiknya kamu segera melakukan pengecekan dengan dokter. Cari tahu apakah keluarga kamu memiliki riwayat penyakit seperti diabetes atau PAD. Jika tidak segera ditangani, peredaran darah yang kurang lancar bisa menyebabkan hal-hal sebagai berikut:

  • Pembengkakan
  • Gangguan memori
  • Tubuh lesu
  • Kebotakan
  • Gangguan pencernaan


Jangan anggap remeh masalah peredaran darah dalam tubuh. Apabila kamu merasakan tanda-tanda peredaran kurang lancar, kamu bisa melakukan beberapa cara melancarkan peredaran darah yang mudah untuk dilakukan di rumah.


1. Olahraga teratur


Mulailah dengan olahraga ringan bila tubuh belum terbiasa dengan rutinitas olahraga. Olahraga kardio seperti jalan kaki, jogging, dan senam penting untuk dilakukan minimal 20 menit 5 hari dalam seminggu. Sebuah riset menyarankan aktivitas olahraga sebagai cara melancarkan peredaran darah karena kontraksi otot selama olahraga terbukti dapat melebarkan pembuluh darah dan mendistribusikan 20%-50% lebih banyak oksigen.

Selain olahraga kardio, gerakan yang bisa kamu lakukan setiap hari adalah squat, berdiri, dan mengangkat kaki. Gerakan-gerakan ini dapat menstimulasi peredaran darah di kaki, anggota gerak tubuh yang posisinya paling jauh dari jantung. Kesemutan di area kaki juga sering terjadi, sehingga kamu harus memastikan untuk melakukan gerakan olahraga ini. Untuk gerakan mengangkat kaki, rebahkan tubuh dan angkat kedua kaki agar sejajar dengan tembok.

Kunci dari keberhasilan olahraga sebagai cara melancarkan peredaran darah adalah harus dilakukan dengan rutin. Hal ini agar efek yang didapat bisa menjadi permanen, sehingga kamu pun terhindar dari risiko akibat peredaran darah yang kurang lancar. Luangkan sedikit waktumu setiap harinya untuk aktif menggerakan tubuhmu.


2. Minum Air Putih


Ini adalah aktivitas yang paling sering dilupakan, padahal minum air putih sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Sebetulnya, anjuran untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari tidak dibenarkan karena kebutuhan hidrasi setiap orang berbeda-beda. Courtney Kipps, seorang konsultan dokter olahraga dan direktur medis Blenheim and London Triathlon mengungkapkan bahwa tubuh akan memberi sinyal haus ketika tubuh memerlukan hidrasi.

Jangan abaikan rasa haus, segera minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Usahakan untuk menghindari minuman bersoda yang mengandung banyak gula karena ketidakmampuannya untuk memenuhi dahaga tubuh. Hubungan dari konsumsi air putih yang cukup dengan kelancaran peredaran darah terletak dalam manfaat baik hidrasi tubuh.

Air memuat banyak komponen darah, sehingga konsumsi air dapat menjadi cara melancarkan peredaran darah yang aktif mencegah timbulnya akibat dari penyumbatan aliran darah. Konsumsi air dapat memperbanyak volume darah, mencegah tubuh menjadi letih, meningkatkan fungsi otak, dan menyembuhkan sakit kepala. Maka dari itu, penting sekali bagi tubuhmu agar tetap terhidrasi.


3. Tenangkan Pikiran


Stres adalah akar dari banyak gangguan kesehatan, salah satunya peredaran darah yang kurang lancar. Dilansir dari University of Rochester Medical Center, stres menghasilkan hormon kortisol yang dapat menyumbat peredaran darah menuju jantung. Sekecil apapun beban pikiranmu, tetap berpengaruh besar terhadap kelancaran peredaran darah.

Itulah sebabnya saat kamu stres, kepala terasa berat dan tubuh menjadi lebih letih. Dua gejala ini berasal dari tubuhmu yang tidak mendapat cukup darah dan oksigen akibat peredaran darah yang kurang lancar. Mulai sekarang, jaga kondisi mental agar tidak membawa efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa stres, tetapi ada langkah-langkah mudah yang dapat membantu kamu mengontrol emosi saat menghadapi permasalahan hidup. Tenangkan pikiran dengan meditasi selama 10 menit. Duduk dengan posisi bersila, pejamkan mata, dan kosongkan pikiran. Kamu juga bisa menyalakan speaker untuk alunan lagu. Saat meditasi, lupakan segala permasalahan hidup dan fokus pada dirimu sendiri.


4. Berhenti Merokok & Kurangi Alkohol


Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol adalah dua hal yang sebaiknya kamu hindari. Keduanya membawa pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Nikmatnya hanya sesaat, tapi akibatnya seumur hidup. Korelasi antara bahaya rokok dan alkohol terhadap peredaran darah dijelaskan oleh Kenneth J. Mukamal, M.D. yang mengungkapkan bahwa kedua hal ini menyebabkan produksi darah menurun, membuat pembuluh darah menyempit, dan membentuk gumpalan darah.

Berhenti merokok dan minum alkohol memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Kurangi konsumsi rokok dan alkohol perlahan-lahan sampai akhirnya kamu berhasil menghentikan konsumsi dua produk ini secara total. Misalnya, kamu bisa mengurangi kebiasaan merokok menjadi 1 bungkus per minggu. Kemudian, konsumsi alkohol dikurangi menjadi hanya segelas per kunjungan.

Lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan gaya hidup yang sehat bebas dari rokok dan alkohol. Apabila kamu masih kesulitan dalam berhenti merokok, jangan putus asa karena kamu bisa menggunakan Nicotine Gum dari Newman’s dengan kandungan nikotin yang sangat rendah. Mulai hidup sehatmu sekarang juga demi kelancaran peredaran darah.


5. Lakukan Pijat


Cara melancarkan peredaran darah yang satu ini biasanya dilakukan untuk menenangkan jiwa dan raga. Nyatanya, pijat dapat secara aktif melancarkan peredaran darah melalui sistem limfatik dan kardiovaskular. Saat tubuh dipijat, tubuh akan mengeluarkan endorphin yang menstimulasi perasaan bahagia dan rileks. Tekanan yang dirasakan tubuh juga mendorong produksi darah dan peredaran darah yang meningkat ke area yang dipijat.

Kamu bisa berkunjung ke tempat relaksasi yang menyediakan paket pijat seperti kaki dan punggung. Pastikan massage therapist di tempat itu adalah orang profesional agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Selain pijat tubuh, kamu juga bisa memijat kulit kepala saat keramas di rumah. Memijat kulit kepala terbukti dapat melancarkan peredaran darah ke otak dan folikel rambut.

Lakukan pijat selagi keramas, gunakan gerakan melingkar dengan kedua tangan kamu. Pijat ke seluruh bagian kulit kepala selama kurang lebih 5 menit untuk hasil yang optimal. Rutin memijat kulit kepala dapat menstimulasi pertumbuhan rambut serta menjadikan rambut semakin tebal.


Gunakan juga produk rambut dari Newman’s seperti Shampoo Kit dan pil rambut Finasteride yang dapat mengatasi kerontokan rambut pada pria. Kamu jadi lebih percaya diri dengan rambut tebal yang keren. Setelah tahu tentang gejala, akibat, dan cara mengatasi peredaran darah yang kurang lancar, kini kamu bisa mempraktekkan cara-cara melancarkan peredaran darah di atas untuk kualitas hidup yang lebih sehat. 5 cara mudah yang kamu baca tentu aman untuk dilakukan setiap hari. Konsultasikan pada dokter apabila masalah kesehatanmu tidak kunjung membaik.


Referensi
https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=1&ContentID=2171
https://www.healthline.com/health/scalp-massage-for-hair-growth
https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-48197155
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4551211/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6527044/
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322371

17 Ways To Improve Poor Blood Circulation [Right Now]

9 Ways to Improve Your Blood Circulation


https://www.healthline.com/health/poor-circulation-symptoms-causes
https://www.healthline.com/health/increase-blood-flow-vitamins
https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!