Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

Cara Berhenti Merokok yang Belum Tentu Efektif

Cara Berhenti Merokok

Perokok pasti memiliki kesulitan saat ingin berhenti dari rutinitasnya, terlebih jika sudah berada dalam tahap kecanduan. Ada berbagai hal yang bisa dicoba sebagai solusi untuk mengatasi kecanduan terhadap rokok โ€“ dan nikotin. Namun, perlu dipastikan bahwa hal tersebut merupakan cara berhenti merokok yang tepat untuk mengurangi konsumsi rokok.

Jika beberapa hal yang dilakukan ini pada akhirnya membuat kamu kembali merokok, mungkin cara berhenti merokok yang kamu pilih kurang efektif. Hal ini biasanya disebabkan oleh anggapan umum yang banyak dilakukan oleh orang yang berusaha berhenti merokok. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan saat ingin berhenti merokok.


Mengganti Rokok dengan Vape

Beberapa anggapan menyebutkan bahwa berpindah menggukan rokok elektrik bisa mengurangi bahaya merokok yang didapatkan dari rokok biasa. Setelah 3 โ€“ 9 bulan, perokok akan merasakan napas yang lebih lega dan tidak sering batuk-batuk.

Namun, apakah penggunaan vape bisa menghentikan kebiasaan merokok? Belum tentu. Hal ini disebabkan karena sensasi mengonsumsi vape berbeda dengan merokok. Selain adanya kemungkinan untuk kembali merokok, vaping malah bisa menyebabkan efek samping lain seperti iritasi mulut atau tenggorokan, mual, batuk, dan efek jangka panjang lainnya.

Melansir dari artikel Jon Hopkins Medicine, penggunaan rokok elektronik bahkan belum tentu disetujui oleh Food and Drug Administration sebagai alat yang bisa menggantikan rokok. Pada akhirnya, perokok malah akan kembali mengonsumsi rokok dan rokok elektronik.


Mengonsumsi Camilan Sehat


Camilan sehat sering kali menjadi solusi dari berbagai ketergantungan. Namun, hal ini juga menjadi hal yang belum tentu tepat digunakan sebagai solusi saat kamu ingin berhenti merokok. Mengonsumsi camilan tidak bisa memenuhi asupan nikotin yang diinginkan oleh perokok.

Alih-alih berhenti merokok, konsumsi camilan yang berlebihan malah menimbulkan efek samping lain. Belum lagi, jika memilih konsumsi camilan yang dibanderol dengan harga cukup tinggi. Hal ini akan sia-sia jika pada akhirnya malah kembali tertarik untuk merokok.


Konsumsi Kopi Decaf atau Teh Herbal


Kecanduan nikotin kabarnya juga bisa diatasi saat perokok mengonsumsi kopi decaf atau teh herbal. Harapannya, kedua substansi tersebut dianggap memiliki substansi pelepas stress yang sama dengan nikotin. Sayangnya, penilaian tersebut juga subjektif karena konsumsi kafein justru bisa meningkatkan hasrat untuk merokok.

Dilansir dari Journal of Caffeine Research edisi September 2014, konsumsi kafein justru berpengaruh pada beberapa aspek yang justru memotivasi keinginan untuk merokok. Jika saat ini kamu masih kesulitan mengurangi konsumsi rokok dan menggantinya dengan teh atau kopi, sudah saatnya mencari solusi lain.


Pengobatan Akupuntur


Akupuntur merupakan salah satu cara berhenti merokok yang juga dipilih perokok untuk menghentikan kecanduan. Penggunaan jarum logam pada beberapa titik tekanan di tubuh dianggap mampu mengurangi rangsangan untuk merokok.

Namun, belum ada studi yang benar-benar membuktikan bahwa akupuntur merupakan cara berhenti merokok yang efektif untuk tujuan tersebut. Belum lagi, pembiayaan untuk pengobatan akupuntur biasanya tidak termasuk dalam biaya yang ditanggung asuransi. Mengingat efeknya yang belum tentu efektif, cara ini masih perlu dipertimbangkan.


Ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok sebaiknya menjadi perhatian yang tidak dianggap remeh. Kamu bisa menggunakan nicotine gum atau nicotine patch untuk mengurangi ketergantungan terhadap rokok.

Hal yang lebih penting, konsumsi nicotine gum atau nicotine patch juga sudah terbukti aman dari US Food & Drugs Administration. Agar lebih efektif, kamu juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil penanganan yang optimal.


Referensi
-https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-truths-you-need-to-know-about-vaping
-https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4158991/
-https://www.thehealthy.com/addiction/smoking/quit-smoking/
-https://www.health.harvard.edu/blog/can-vaping-help-you-quit-smoking-2019022716086
-https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4158991/
-https://www.webmd.com/smoking-cessation/qa/how-can-acupuncture-help-me-quit-smoking


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!